Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Mengemudi Layaknya Pembalap F1, Berikut Fungsi Paddle Shift Di Mobil Anda
08 Januari 2021
fungsi paddle shift

Mobil masa kini banyak yang didesain dengan transmisi otomatis, sehingga lebih mudah saat dioperasikan. Akan tetapi, para pengendara sering kali rindu dan ingin menjajal sensasi mengemudi layaknya pembalap Formula 1. 

Oleh sebab itu, hadirnya fungsi paddle shift di mobil bertransmisi satu ini membuat pengemudi memiliki pengalaman yang menyenangkan. Yuk cek di sini!

1. Mengubah menjadi Transmisi Manual

Fungsi utama yang diusung oleh tuas satu ini membuat mobil dengan transmisi otomatis jadi semi manual atau justru manual. Hal itu memberikan para pengemudi pengalaman yang lebih menyenangkan saat berkendara. 

Perpindahan gigi ini bisa anda dapatkan dari gigi satu hingga enam dengan sangat mudah, sehingga laju mobil pun lebih stabil.

Yang membuat para pengemudi menyukai pemasangan tuas ini, karena mudah dipakai. Tuas perpindahan persneling ini dipasang di balik kemudi, tepatnya di bagian kanan dan kiri. 

Di bagian kiri terdapat tuas yang berfungsi untuk menurunkan gigi, sedangkan di bagian kanan terpasang tuas untuk menaikkan gigi.

Cara kerja yang diterapkan tuas ini, yaitu anda cukup menekan salah satu tuas sesuai dengan kebutuhan. Saat di posisi D, fungsi paddle shift dapat mengubah transmisi otomatis menjadi transmisi semi otomatis. 

Sedangkan saat posisi transmisi dipindah ke posisi S, maka transmisi mobil berubah jadi manual secara keseluruhan.

2. Memiliki Fitur Engine Brake

Fitur satu ini sangat dibutuhkan oleh pengemudi saat mengendarai mobil dengan kecepatan yang relatif tinggi. Di beberapa situasi, anda harus mengurangi kecepatan mobil secara bertahap agar lajunya lebih dapat dikendalikan saat melintasi jalan bebas hambatan. 

Fitur tuas ini memberikan kemampuan akselerasi yang lebih baik.Implikasinya, putaran mesin menjadi lebih responsif dan pengereman mendadak pun dapat dilakukan secara aman. 

Akan tetapi, anda harus menurunkan gigi persneling secara bertahap agar gearbox dari transmisi mobil tetap aman. Selain itu, transmisi kendaraan roda empat anda bisa jebol bila dipaksa turun ke gigi terendah.

Baca juga: 4 Cara Mengemudi Mobil Dengan Tenang Yang Bisa Anda Terapkan

3. Fun to Drive

Fungsi paddle shift ini salah satunya memberi kenyamanan saat berkendara, karena anda dapat menjaga kecepatan tetap stabil. 

Dengan begitu, para pemilik tuas ini bisa berkendara layaknya pembalap yang beraksi di lintasannya. Oleh sebab itu, banyak orang yang melirik tuas ini untuk diaplikasikan di kendaraannya.

Akan tetapi, para pengemudi harus tetap menjaga kecepatan dalam batas aman saat melintasi jalan bebas hambatan. 

Jalanan yang lengang dan menuntut kecepatan tinggi ini seringkali membuat anda kurang waspada. Tak lupa untuk selalu menjaga jarak aman antar kendaraan agar tidak terjadi hal hal yang tak diinginkan.

4. Tersedia 2 Model

Model yang tersedia untuk tuas perpindahan persneling mobil ini ada dua pilihan, yaitu yang dapat mengikuti gerak kemudi dan tidak dapat mengikuti gerak kemudi. 

Keduanya dipakai oleh mobil keluaran merek ternama dan beroperasi di Indonesia. Anda bisa memanfaatkan fungsi paddle shift dengan model sesuai jenis mobil.

Bila anda ingin merasakan sensasi transmisi manual di mobil otomatis, maka dapat memakai tuas satu ini. 

Selain itu, sensasi berkendara seperti pembalap di lintasan jalur bebas hambatan juga bisa anda peroleh dengan aman. Bahkan tuas ini mudah dioperasikan tanpa harus melepas kemudi.

Baca juga:  Sering Diacuhkan, Ini Posisi Mengemudi Yang Tepat Saat Berkendara

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor