Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
4 Cara Mengemudi Mobil Dengan Tenang Yang Bisa Anda Terapkan
13 November 2020
cara mengemudi mobil dengan tenang

Saat pertama kali belajar berkendara mobil, kemungkinan ada perasaan grogi dan takut ketika mencoba mengoperasikan mesinnya. Namun, Anda bisa mencoba beberapa cara mengemudi mobil dengan tenang yang bisa dilakukan. 

1. Mengatur Posisi Duduk      

Daripada berfokus pada rasa grogi, mulailah dengan mencoba mengatur posisi duduk terlebih dahulu. 

Penyesuaian ketinggian pandangan pengemudi sangat penting, karena Anda akan kesulitan ketika pandangan terhalang oleh dashboard kendaraan. 

Setelah jarak pandang menjadi lebih leluasa, jangan lupa untuk menyesuaikan jarak pedal gas, kopling, serta rem agar tidak gugup.

Meski terbilang sepele, ternyata tips satu ini sangat membantu pengemudi pemula. Sebab Anda akan merasa semakin gugup ketika tidak berhasil meraih pedal kendaraan di saat yang tepat. 

Dengan posisi duduk yang nyaman dan tepat, Anda dapat berkendara secara optimal sekaligus menaklukan rasa grogi ketika pertama kali mengendarainya. 

Baca juga: Cara Mudah Menyetir Mobil Manual

2. Memahami Fungsi Setiap Tombol Pada Kendaraaan 

Cara mengemudi mobil dengan tenang selanjutnya yaitu memahami setiap fungsi tombol kendaraan. Sejak pertama kali memasuki kabin kendaraan, pengendara akan disambut dengan berbagai tombol dengan fungsi berbeda. 

Oleh karenanya, penting untuk memahami berbagai tombol sebelum memantapkan diri untuk mengemudikan kendaraan tersebut. 

Selain memahami berbagai fungsi setiap tombolnya, pengemudi diwajibkan memahami bagaimana cara menggunakan setiap fitur yang ada. Agar semakin paham dan fasih mengoperasikannya, tidak ada salahnya melakukan percobaan di setiap fiturnya. 

Dengan melakukan praktek langsung di lapangan, diharapkan dapat membantu memahami fungsi setiap fitur tersebut. 

3. Belajar Dari Sang Profesional

Belajar dari sang profesional termasuk salah satu cara mengemudi mobil dengan tenang yang bisa Anda terapkan. 

Yang dimaksudkan profesional disini bukanlah ayah ataupun kerabat yang sudah terbiasa mengendarai mobil, namun pergi ke tempat kursus mobil yang siap memberikan arahan bagaimana cara mengemudikannya dengan benar.

Mengapa harus ke tempat kursus dibandingkan dengan belajar dari orang terdekat? Sebab ada kalanya keluarga maupun orang terdekat merasa tidak sabaran karena Anda tak kunjung mahir mengendarai mobil kesayangan. 

Selain itu, belajar langsung dari sang ahli membuat Anda lebih tenang dan mahir berkendara karena didampingi sang profesional.

Baca juga: Ini Cara Mengendarai Mobil Matic Yang Bisa Kamu Pelajari

4. Mencoba Mengoperasikannya Sendiri 

Ketika pengemudi telah memiliki informasi dasar mengenai kendaraannya, maka kini saat yang tepat untuk mencoba mengendarainya. Mulailah dengan menyalakan mesinnya terlebih dahulu, dan rasakan bagaimana rasanya menjadi pengemudi sesungguhnya. 

Apabila dirasa cukup, cobalah untuk menginjak pedalnya perlahan untuk merasakan pergerakan kendaraan. Setidaknya biarkan mobil berjalan perlahan demi perlahan yang diatur menggunakan gigi 3, agar laju kendaraan tidak terlalu kencang. 

Baca juga: 4 Cara Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan Macet

Cara ini dilakukan demi menekan resiko berbahaya, sekaligus membantu pengendara memperhatikan keadaan di sekitarnya lewat kaca spion. Cara mengemudi mobil dengan tenang ini membuat Anda lebih mahir mengendarainya. 

Munculnya perasaan grogi ketika pertama kali mengendarai sebuah mobil adalah hal wajar, namun bukan berarti Anda harus menyerah sebelum mencobanya. 

Agar pacu jantung tetap tenang, setidaknya ada beberapa hal dasar yang bisa diterapkan sebelum menginjak pedal gas kendaraan. Dengan menerapkan tips di atas, dijamin berkendara menjadi lebih nyaman. 

 

Rekomendasi bacaan tips mengendarai mobil lainnya:

Lima Hal Yang Harus Dihindari Saat Mengemudi Dalam Kondisi Hujan

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara Agar Aman Dan Nyaman

Sering Diacuhkan, Ini Posisi Mengemudi Yang Tepat Saat Berkendara

 

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor