Logo Daihatsu
Menu

4 Cara Mengemudi Mobil Dengan Tenang Yang Bisa Anda Terapkan

Otomotif

2020-11-13

cara mengemudi mobil dengan tenang

Saat pertama kali belajar berkendara mobil, kemungkinan ada perasaan grogi dan takut ketika mencoba mengoperasikan mesinnya. Namun, Anda bisa mencoba beberapa cara mengemudi mobil dengan tenang yang bisa dilakukan. 

1. Mengatur Posisi Duduk      

Daripada berfokus pada rasa grogi, mulailah dengan mencoba mengatur posisi duduk terlebih dahulu. 

Penyesuaian ketinggian pandangan pengemudi sangat penting, karena Anda akan kesulitan ketika pandangan terhalang oleh dashboard kendaraan. 

Setelah jarak pandang menjadi lebih leluasa, jangan lupa untuk menyesuaikan jarak pedal gas, kopling, serta rem agar tidak gugup.

Meski terbilang sepele, ternyata tips satu ini sangat membantu pengemudi pemula. Sebab Anda akan merasa semakin gugup ketika tidak berhasil meraih pedal kendaraan di saat yang tepat. 

Dengan posisi duduk yang nyaman dan tepat, Anda dapat berkendara secara optimal sekaligus menaklukan rasa grogi ketika pertama kali mengendarainya. 

Baca juga: Cara Mudah Menyetir Mobil Manual

2. Memahami Fungsi Setiap Tombol Pada Kendaraaan 

Cara mengemudi mobil dengan tenang selanjutnya yaitu memahami setiap fungsi tombol kendaraan. Sejak pertama kali memasuki kabin kendaraan, pengendara akan disambut dengan berbagai tombol dengan fungsi berbeda. 

Oleh karenanya, penting untuk memahami berbagai tombol sebelum memantapkan diri untuk mengemudikan kendaraan tersebut. 

Selain memahami berbagai fungsi setiap tombolnya, pengemudi diwajibkan memahami bagaimana cara menggunakan setiap fitur yang ada. Agar semakin paham dan fasih mengoperasikannya, tidak ada salahnya melakukan percobaan di setiap fiturnya. 

Dengan melakukan praktek langsung di lapangan, diharapkan dapat membantu memahami fungsi setiap fitur tersebut. 

3. Belajar Dari Sang Profesional

Belajar dari sang profesional termasuk salah satu cara mengemudi mobil dengan tenang yang bisa Anda terapkan. 

Yang dimaksudkan profesional disini bukanlah ayah ataupun kerabat yang sudah terbiasa mengendarai mobil, namun pergi ke tempat kursus mobil yang siap memberikan arahan bagaimana cara mengemudikannya dengan benar.

Mengapa harus ke tempat kursus dibandingkan dengan belajar dari orang terdekat? Sebab ada kalanya keluarga maupun orang terdekat merasa tidak sabaran karena Anda tak kunjung mahir mengendarai mobil kesayangan. 

Selain itu, belajar langsung dari sang ahli membuat Anda lebih tenang dan mahir berkendara karena didampingi sang profesional.

Baca juga: Ini Cara Mengendarai Mobil Matic Yang Bisa Kamu Pelajari

4. Mencoba Mengoperasikannya Sendiri 

Ketika pengemudi telah memiliki informasi dasar mengenai kendaraannya, maka kini saat yang tepat untuk mencoba mengendarainya. Mulailah dengan menyalakan mesinnya terlebih dahulu, dan rasakan bagaimana rasanya menjadi pengemudi sesungguhnya. 

Apabila dirasa cukup, cobalah untuk menginjak pedalnya perlahan untuk merasakan pergerakan kendaraan. Setidaknya biarkan mobil berjalan perlahan demi perlahan yang diatur menggunakan gigi 3, agar laju kendaraan tidak terlalu kencang. 

Baca juga: 4 Cara Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan Macet

Cara ini dilakukan demi menekan resiko berbahaya, sekaligus membantu pengendara memperhatikan keadaan di sekitarnya lewat kaca spion. Cara mengemudi mobil dengan tenang ini membuat Anda lebih mahir mengendarainya. 

Munculnya perasaan grogi ketika pertama kali mengendarai sebuah mobil adalah hal wajar, namun bukan berarti Anda harus menyerah sebelum mencobanya. 

Agar pacu jantung tetap tenang, setidaknya ada beberapa hal dasar yang bisa diterapkan sebelum menginjak pedal gas kendaraan. Dengan menerapkan tips di atas, dijamin berkendara menjadi lebih nyaman. 

 

Rekomendasi bacaan tips mengendarai mobil lainnya:

Lima Hal Yang Harus Dihindari Saat Mengemudi Dalam Kondisi Hujan

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara Agar Aman Dan Nyaman

Sering Diacuhkan, Ini Posisi Mengemudi Yang Tepat Saat Berkendara

 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Berapa Denda Tilang Elektronik? Ketahui Sesuai Jenis Pelanggarannya!

2023-10-30

Berapa denda tilang elektronik? Pertanyaan yang satu ini kerap kali ditanyakan oleh para pengguna kendaraan bermotor, khususnya yang masih bingung dengan penerapan s

thumbnail

Plat ED Daerah Mana? Yuk, Temukan Jawabannya di Sini!

2024-01-31

Apakah Anda sudah mengetahui daerah asal kendaraan dengan plat ED? Jika belum, Anda perlu mengetahui asal daerah tersebut dengan memperhatikan ulasan di bawah ini.

thumbnail

5 Cara Membersihkan Karburator Mobil dengan Mudah

2020-12-30

Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah karburator. Karburator merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil, yang san

thumbnail

Begini Arti Kode Angka Pada Tutup Radiator Mobil

2022-04-07

Apakah Anda pernah mengganti tutup radiator? Ternyata tutup radiator ini perlu diganti secara berkala. Terlebih lagi saat kondisi pada klep karet atau bagiannya mengalam