Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
4 Cara Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan Macet
09 November 2020
cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet

Mengendarai mobil automatic dianggap susah susah gampang. Meski lebih simpel dari mobil manual, namun saat berkendara di mountain atau hill driving (jalan menanjak atau turun) pasti akan membutuhkan keterampilan. Hal ini akan semakin krusial jika dalam kondisi macet. Agar perjalanan aman, cek cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet berikut. 

Tips Mengendarai Mobil Matic Saat Macet Di Tanjakan

Sahabat sering mengendarai dengan mobil matic dan sering terjebak macet saat di tanjakan? Tenang, ikuti 4 tips dan cara mudah mengendarai mobil matic saat macet di tanjakan, berikut ini :

1. Lihat Permukaan Jalan

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah mengenali medan jalan. Setidaknya Anda harus tahu akan kecenderungan jalan miring dan menanjak. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mempersiapkan diri dan mengganti persneling sebelum mencapai tanjakan. Hal ini sangat penting karena persneling harus sudah ke arah D2 atau diturunkan ke Low terlebih dulu. 

Dengan begitu, posisi transmisi tersebut akan memberikan daya luncur yang stabil. Pada umumnya, persneling tersebut ibaratnya seperti gigi 1 untuk kendaraan roda 4 manual. Tentu saja jenis persneling tersebut berbeda pada setiap mobilnya, jadi pastikan Anda paham dengan semua jenis tuas transmisi yang tersedia dalam mobil. 

Baca juga: Cara Menyetir Mobil Matic Saat Macet yang Benar dan Tetap Aman

2. Menyesuaikan Tuas Transmisi dengan Kondisi Tanjakan 

Cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet berikut masih berkaitan dengan pemilihan transmisi yang tepat. Sudah jelas sekali kalau mobil harus dalam kondisi transmisi terendah. 

Namun, saat Anda mulai berjalan, pastikan persneling yang dipilih mampu memberi daya dorong ke mobil. Pada umumnya, medan yang curam perlu menggunakan mode D ke atas. 

Yang dimaksud dengan mode D ke atas tersebut adalah opsi D2. Jika mobil Anda sudah memiliki mode tersebut, maka transmisi tersebut akan membuat mobil lebih bertenaga. 

Namun, apabila kondisi jalan memiliki tanjakan atau turunan yang sangat curam, maka mode D harus Anda pilih. Hal ini karena D1 atau D memang dirancang untuk melibas medan ekstrem. 

3. Membiasakan Diri 

Bisa dikatakan bahwa cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet yang paling penting adalah keterampilan berkendara. Ada baiknya Anda sudah terbiasa melawan medan yang cukup berisiko tersebut. 

Apalagi jika tanjakan memiliki kondisi lalu lintas yang macet. Sudah pasti Anda akan dituntut untuk lebih refleks dalam mengganti transmisi dan menggunakan rem. 

Baca juga: Jangan Sampai Salah, ini Dia 7 Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula

4. Hindari Penggunaan Rem dan Memindahkan Persneling  Secara Bersamaan 

Dalam medan tanjakan saja sudah membutuhkan keterampilan, apalagi jika kondisi lalu lintas sedang macet. Sudah jelas sekali Anda harus lebih ahli dan pintar dalam menggunakan transmisi dan rem. Dalam kondisi yang mana Anda harus berhenti di tanjakan, maka pastikan untuk menginjak rem atau menggunakan rem tangan. 

Baca juga:  Penyebab Rem Tangan Mobil Macet dan Cara Mengatasinya

Hal ini sangat penting terutama jika Anda harus berhenti dalam waktu yang lama. Namun, cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet yang aman juga menekankan untuk tidak menekan rem dan pindah transmisi bersamaan. Lakukan secara perlahan, tekan secukupnya sambil mengoper gigi ke Low, D1 atau ke D2. 

Itulah beberapa hal yang wajib Anda ketahui dan lakukan. Berkendara dengan mobil matic memang dianggap lebih mudah daripada manual. 

Namun, keterampilan dalam sikap dan pemindahan persneling akan sangat penting di sebuah tanjakan macet. Karena itulah, pastikan Anda sudah mahir, tahu medan jalan, dan juga siap melawan tantangan. 

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor