Logo Daihatsu
Menu

Lima Hal Yang Harus Dihindari Saat Mengemudi Dalam Kondisi Hujan

Tips & Trick

2020-11-24

hujan

Berkendara di saat hujan membutuhkan konsentrasi ekstra. Selain jarak pandang yang lebih terbatas dibandingkan saat cuaca cerah, genangan air pun membuat kendaraan lebih sulit dikendalikan dan tentunya jarak pengereman pun dapat bertambah. 

Apalagi ditambah dengan pengendara lain seperti motor juga terkadang melakukan manuver tiba-tiba untuk menghindari genangan air sehingga akan membahayakan pengemudi lain.

Kelalaian dalam mengemudi saat hujan tentunya dapat berakibat fatal. Namun, hal tersebut dapat dihindari jika pengemudi memahami teknik mengemudi yang dibutuhkan dan mobil berada dalam kondisi terawat dengan baik. Berikut lima hal yang tidak boleh dilakukan saat menyetir dalam kondisi hujan.

Jangan ngebut

Hujan pastinya membuat jalan sangat licin. Bila hujan baru saja turun, biasanya jalan menjadi sangat sulit dikuasai, karena lumpur dan minyak di jalan yang kering kini bercampur dengan air dan membentuk lapisan yang sangat licin. 

Kontrol untuk mobil pastinya akan berkurang, oleh sebab itu pengemudi harus berhati-hati selama setengah jam pertama setelah hujan mulai turun. Sebaiknya Anda mengemudikan mobil secara perlahan. Cara seperti ini akan mempermudah ban untuk menyesuaikan diri dengan perubahan cuaca sehingga mendapatkan daya cengkeram ban yang lebih baik.

Jangan mengemudi dengan kondisi ban botak

Sekalipun kendaraan roda empat lebih nyaman dipakai berkendara saat hujan, bukan berarti harus melupakan sisi keamanan. Ban mobil tetap harus diusahakan memiliki kondisi sangat baik. Jangan biarkan kondisi ban botak alias gundul sama berisikonya menyebabkan kecelakaan di jalanan. 

Terlebih kondisi ban yang botak menurunkan gaya gesek sehingga lebih gampang tergelincir di jalanan basah atau licin. Kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi dengan ban gundul sangat mungkin tidak terkendali.

Jangan mengemudi bila bilah wiper rusak

Wiper berfungsi sebagai sarana yang mendukung penglihatan saat hujan. Maka dari itu pastikan kondisi wiper berfungsi sangat baik. Tentunya akan berbahaya bila Anda mengendarai mobil saat hujan dalam kondisi karet wiper rapuh atau rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru sebelum turun hujan. 

Karena jika kemampuannya untuk membilas air hujan sudah menurun, dapat diapstikan pandangan pengemudi terhalang total saat hujan deras berlangsung. 

Jangan Lupa Nyalakan Lampu Saat Hujan

Sahabat disarankan menyalakan lampu kabut pada saat kondisi hujan. Apalagi pada saat hujan, seringkali timbul kabut. Di saat itulah lampu ini wajib untuk dinyalakan. Selain itu Anda jangan menyalakan lampu hazard karena hal ini akan membuat pengendara lain bingung, baik yang ada didepan ataupun dibelakang anda. Gunakan lampu hazard hanya ketika dalam keadaan darurat saja.

Jangan Menggunakan Bahu Jalan Saat Hujan

Bila tidak hujan pun menggunakan bahu jalan sudah dipastikan dilarang terutama saat berada di jalan tol. Apalagi dalam kondisi hujan tentunya sangat berbahaya bagi pengendara lain terlebih jarak pandang terbatas.

Selain itu biasanya bahu jalan saat hujan juga banyak sekali kondisi jalan yang tergenang terlebih ditambah jalan tersebut drainasenya sangat buruk sehingga mengakibatkan banjir. Maka hindarilah mengendarai di bahu jalan bila Anda tidak ingin mobil mogok.


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Agar Selamat Sampai Tujuan, Berikut Doa Perjalanan Jauh Naik Mobil

2020-10-30

Memasuki hari libur panjang, mudik sudah menjadi sebuah tradisi yang wajib dilakukan setiap tahunnya. Sebelum menempuh perjalanan hingga memakan waktu hingga berjam jam

thumbnail

5 Cara Orang Pintar Bersikap Saat Bekerjasama Dengan Orang Tidak Disukainya

2020-12-10

Dalam hidup ini ada kalanya kita menjumpai orang yang menyebalkan, orang yang tak cocok dengan kita dalam segi pertemanan maupun pekerjaan, dan tak jarang akan menimbulk

thumbnail

Sejarah Kerajaan Blambangan, Kerajaan di Tanah Banyuwangi

2021-03-31

Kerajaan Blambangan dikenal sebagai salah satu kerajaan Hindu terakhir di pulau jawa. Pusat kekuasaannya berada di Banyuwangi. Saat itu nama banyuwangi lebih dikenal den

thumbnail

Setelah Menerjang Banjir Pastikan 7 Komponen Mobil ini Tetap Aman

2020-08-22

Belakangan ini, curah hujan yang tinggi tak jarang menimbulkan banjir di sebagian kota di Indonesia, terutama ibu kota Jakarta. Kondisi ini membuat para pengendara terpa