Tips Sahabat

Mengenal Komponen Sistem Bahan Bakar Konvensional & Fungsinya

17 November 2020
Mengenal Komponen Sistem Bahan Bakar Konvensional & Fungsinya

Meski sempat tersohor di awal tahun 1980-an, sistem bahan bakar konvensional kini masih digunakan di beberapa moda transportasi baik pada roda empat maupun roda dua. Salah satu komponen utama yang dimilikinya yaitu karburator. Lantas apakah hanya karburator saja? Tentu saja tidak. Berikut akan diulas beberapa komponen beserta fungsinya.

Komponen pada Sistem Bahan Bakar Karburator

1. Tangki Bahan Bakar

Sudah semestinya pada setiap kendaraan memiliki komponen bernama tangki bahan bakar. Fungsinya sendiri tidak lain untuk menampung bahan bakar berupa bensin. Biasanya di tiap moda transportasi memiliki ukuran tangki yang berbeda beda. Dalam tangki inilah bahan bakar disimpan dengan kuantitas besar yang akan digunakan secara berangsur selama berkendara.

Pada umumnya, tangki bahan bakar terbuat dari plat baja tipis dengan beberapa tipe yang sering dijumpai. Misalnya pada mobil mercedes yang menggunakan tipe tangki bahan bakar dari material semacam plastik. Sementara untuk tangki baja, biasanya bagian dalamnya dilapisi dengan anti karat serta dilengkapi dengan beberapa sekat berbentuk kotak.

2. Saluran Bahan Bakar

Komponen penyusun sistem bahan bakar konvensional selanjutnya yaitu saluran bahan bakar. Di beberapa moda transportasi, saluran bahan bakar ini dibagi menjadi tiga diantaranya saluran utama, saluran pengembali, dan saluran uap bahan bakar. Saluran utama memiliki fungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke pompa bahan bakar.

Kemudian untuk saluran pengembali berfungsi untuk menyalurkan bensin kembali dari karburator ke tangki. Sementara di saluran uap bahan bakar memiliki fungsi untuk menyalurkan gas HC atau uap bensin dari dalam tangki. Saluran ini bisanya berupa pipa ataupun selang yang dibuat khusus menggunakan serat, guna tidak mudah sobek ataupun menggelembung.

3. Fuel Filter

Sesuai dengan namanya, fuel filter atau saringan bahan bakar memang berfungsi untuk menyaring semua kotoran pada aliran bensin. Sebagai salah satu komponen penting dalam sistem bahan bakar konvensional, filter biasanya memiliki water sedimenter yang berguna untuk memisahkan air yang terdapat pada aliran bensin.

Perlu anda ketahui, bahwa saringan bahan bakar harus diganti secara berkala. Sebab nantinya kotoran yang disaring tersebut akan menumpuk dan menyumbat fuel filter. Sebenarnya cara membersihkannya yang paling aman adalah datang ke bengkel. Namun jika terpaksa, anda bisa mengocok fuel filter lalu semprot menggunakan udara bertekanan dengan arah kebalikan.

4. Fuel Pump

Mengingat letak tangki berada lebih rendah dari karburator, sehingga dibutuhkan alat untuk memompa bensin mengalir ke atas. Salah satu komponen yang dapat membantu yaitu fuel pump atau pompa bahan bakar. Cara kerja fuel pump sendiri yaitu dengan memberikan dorongan kepada bahan bakar agar bisa naik ke karburator.

Pada kendaraan dengan sistem bahan bakar konvensional, biasanya terdapat dua tipe fuel pump yaitu mekanis dan elektrik. Fuel pump tipe mekanik memiliki prinsip kerja dimana pompa digerakkan oleh poros nok atau camshaft dengan tipe diapragma. Sementara untuk tipe elektrik biasanya menggunakan turbin atau rotor.

Beberapa komponen pada fuel system gasoline tersebut bekerjasama demi memberikan performa terbaik pada kendaraan. Selain komponen yang disebutkan diatas, terdapat pula komponen pendukung lainnya seperti charcoal canister serta karburator. Agar komponen bisa berjalan dengan baik, maka anda bisa merawatnya secara rutin.

Tips Sahabat Lainnya
Apa Fungsi Transmisi Manual pada Kendaraan? Ini Keunggulan & Perawatannya
Apa Fungsi Transmisi Manual pada Kendaraan? Ini Keunggulan & Perawatannya
Bicara soal sistem transmisi pada kendaraan saat ini sudah banyak jenisnya, mulai dari transmisi manual, otomatis, CVT, (Continuously Valve Transmission), Triptonic, hingga AMT (Automated Manual Trans
Perbedaan Transmisi Manual dan Otomatis: Mana yang Lebih OK?
Perbedaan Transmisi Manual dan Otomatis: Mana yang Lebih OK?
Sejak dua puluh tahun terakhir, mobil dengan transmisi otomatis mendominasi pasar otomotif dunia. Meski begitu, mobil dengan transmisi manual masih memiliki peminat yang cukup banyak khususnya kaum la
8 Tips Melindungi Mobil dari Panas dan Hujan, Wajib Tahu!
8 Tips Melindungi Mobil dari Panas dan Hujan, Wajib Tahu
Panas dan hujan kerap kali menyebabkan warna cat mobil pudar sehingga dapat menurunkan nilai estetika mobil. Sebagai pemilik mobil sudah seharusnya mengetahui pelindung mobil dari panas dan hujan yang
Lampu Mobil Apa yang Harus Digunakan Saat Hujan? Ini Rekomendasinya!
Lampu Mobil Apa yang Harus Digunakan Saat Hujan? Ini Rekomendasinya!
Saat musim hujan tiba, pengemudi perlu mawas diri dalam berkendara. Pasalnya hujan dapat menurunkan visibilitas para pengemudi terutama pada kondisi hujan deras di malam hari. Agar visibilitas pengemu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami