Tips Sahabat

Mengenal Komponen Sistem Bahan Bakar Konvensional & Fungsinya

09 April 2025
Mengenal Komponen Sistem Bahan Bakar Konvensional & Fungsinya

Meski sempat tersohor di awal tahun 1980-an, sistem bahan bakar konvensional kini masih digunakan di beberapa moda transportasi baik pada roda empat maupun roda dua. Salah satu komponen utama yang dimilikinya yaitu karburator. Lantas apakah hanya karburator saja? Tentu saja tidak. Berikut akan diulas beberapa komponen beserta fungsinya.

Komponen pada Sistem Bahan Bakar Karburator

1. Tangki Bahan Bakar

Sudah semestinya pada setiap kendaraan memiliki komponen bernama tangki bahan bakar. Fungsinya sendiri tidak lain untuk menampung bahan bakar berupa bensin. Biasanya di tiap moda transportasi memiliki ukuran tangki yang berbeda beda. Dalam tangki inilah bahan bakar disimpan dengan kuantitas besar yang akan digunakan secara berangsur selama berkendara.

Pada umumnya, tangki bahan bakar terbuat dari plat baja tipis dengan beberapa tipe yang sering dijumpai. Misalnya pada mobil mercedes yang menggunakan tipe tangki bahan bakar dari material semacam plastik. Sementara untuk tangki baja, biasanya bagian dalamnya dilapisi dengan anti karat serta dilengkapi dengan beberapa sekat berbentuk kotak.

2. Saluran Bahan Bakar

Komponen penyusun sistem bahan bakar konvensional selanjutnya yaitu saluran bahan bakar. Di beberapa moda transportasi, saluran bahan bakar ini dibagi menjadi tiga diantaranya saluran utama, saluran pengembali, dan saluran uap bahan bakar. Saluran utama memiliki fungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke pompa bahan bakar.

Kemudian untuk saluran pengembali berfungsi untuk menyalurkan bensin kembali dari karburator ke tangki. Sementara di saluran uap bahan bakar memiliki fungsi untuk menyalurkan gas HC atau uap bensin dari dalam tangki. Saluran ini bisanya berupa pipa ataupun selang yang dibuat khusus menggunakan serat, guna tidak mudah sobek ataupun menggelembung.

3. Fuel Filter

Sesuai dengan namanya, fuel filter atau saringan bahan bakar memang berfungsi untuk menyaring semua kotoran pada aliran bensin. Sebagai salah satu komponen penting dalam sistem bahan bakar konvensional, filter biasanya memiliki water sedimenter yang berguna untuk memisahkan air yang terdapat pada aliran bensin.

Perlu anda ketahui, bahwa saringan bahan bakar harus diganti secara berkala. Sebab nantinya kotoran yang disaring tersebut akan menumpuk dan menyumbat fuel filter. Sebenarnya cara membersihkannya yang paling aman adalah datang ke bengkel. Namun jika terpaksa, anda bisa mengocok fuel filter lalu semprot menggunakan udara bertekanan dengan arah kebalikan.

4. Fuel Pump

Mengingat letak tangki berada lebih rendah dari karburator, sehingga dibutuhkan alat untuk memompa bensin mengalir ke atas. Salah satu komponen yang dapat membantu yaitu fuel pump atau pompa bahan bakar. Cara kerja fuel pump sendiri yaitu dengan memberikan dorongan kepada bahan bakar agar bisa naik ke karburator.

Pada kendaraan dengan sistem bahan bakar konvensional, biasanya terdapat dua tipe fuel pump yaitu mekanis dan elektrik. Fuel pump tipe mekanik memiliki prinsip kerja dimana pompa digerakkan oleh poros nok atau camshaft dengan tipe diapragma. Sementara untuk tipe elektrik biasanya menggunakan turbin atau rotor.

Beberapa komponen pada fuel system gasoline tersebut bekerjasama demi memberikan performa terbaik pada kendaraan. Selain komponen yang disebutkan diatas, terdapat pula komponen pendukung lainnya seperti charcoal canister serta karburator. Agar komponen bisa berjalan dengan baik, maka anda bisa merawatnya secara rutin.

Tips Sahabat Lainnya
Jadwal SIM Keliling Solo dan Lokasi Terbaru 2024
Jadwal SIM Keliling Solo dan Lokasi Terbaru 2025
SIM Keliling Solo 2025 kembali dibuka di beberapa titik dari hari Senin sampai Minggu. Layanan ini beroperasi di tempat strategis yang berbeda-beda setiap harinya. Bagi yang ingin memperpanjang SIM A
Cara merawat mobil hybrid
Cara Merawat Mobil Hybrid, Biar Baterai dan Mesin Tetap Optimal!
Kini semakin banyak orang Indonesia yang mulai menggunakan mobil hybrid untuk kendaraan keluarga maupun mobilitas pribadi. Kombinasi antara tenaga listrik dan mesin bensin membuat mobil h
Cara Merawat Mobil Saat Cuaca Panas Ekstrem
Cara Merawat Mobil Saat Cuaca Panas Ekstrem agar Tetap Prima
Cuaca panas ekstrem bisa memengaruhi hampir seluruh komponen mobil, mulai dari mesin, ban, hingga sistem pendingin. Suhu tinggi bisa mempercepat penguapan cairan penting seperti oli dan coolant, bahka
perbandingan biaya servis mobil manual dan matic
Mobil Manual atau Matic? Ini Perbandingan Biaya Servisnya!
Banyak orang menganggap biaya servis mobil manual lebih terjangkau atau hemat dibandingkan mobil matic. Tapi kalau kita bandingkan secara lebih dalam, ternyata biaya servis bukan cuma soal je
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami