Logo Daihatsu
Menu

Modifikasi Interior Mobil Pick Up Untuk Pemula

Modifikasi

2020-11-01

interior pickup

Memodifikasi mobil kesayangan kadang tidak cukup hanya pada bagian eksteriornya saja tapi juga bagian interior. Bahkan terkadang bagian interior mobil dimodifikasi total untuk menambah kenyaman pengguna serta menghadirkan kesan mewah, elegan, unik dan sebagainya. Hal ini rupanya tidak hanya berlaku bagi penggemar otomotif saja namun banyak juga masyarakat umum yang melakukan modifikasi interior mobil agar terkesan lebih keren. 

Memodifikasi interior mobil sah-sah saja dilakukan selama hal tersebut tidak mengganggu kenyaman serta keamanan penggunanya. Selain itu, modifikasi mobil juga sebaiknya tidak mengganggu pengguna jalan lain karena hal tersebut sangat tidak sopan. Memodifikasi juga sebaiknya dilakukan oleh orang-orang yang berpengalaman agar memberikan hasil yang memuaskan sehingga Sahabat tidak akan dirugikan dikemudian hari.

Tips Modifikasi Interior Mobil Pick Up

Modifikasi interior tidak hanya dilakukan pemilik mobil sedan saja namun pemilik mobil pick up juga banyak yang melakukannya. Salah satu jenis mobil yang digemari untuk dimodifikasi adalah mobil Carry pick up. Harganya yang cukup terjangkau membuat modifikasi interior mobil Carry Pick Up tidak hanya dilakukan oleh penggemar otomotif saja namun para penggunanya yang menginginkan kenyamanan saat menggunakan mobil ini untuk bekerja.

Karena hal tersebut, maka modifikasi mobil pick up sebenarnya hanya kerap ditemui di kota-kota besar saja yang memiliki banyak pecinta mobil pick up. Selain karena biayanya mahal, tidak semua bengkel bersedia melakukan modifikasi untuk pick up. Jika Sahabat termasuk pemula dalam hal modifikasi pick up, tidak ada salahnya Sahabat bergabung dengan berbagai komunitas pecinta pick up atau truk. Melalui komunitas tersebut Sahabat bisa mendapatkan info-info penting soal dunia otomotif, tren modifikasi yang sedang disukai bahkan mungkin peluang bisnis.

Modifikasi mobil pick up sebenarnya tidak begitu berbeda dengan memodifikasi interior mobil lain. Namun, tetap saja ada beberapa hal yang perlu Sahabat perhatikan karena mobil pick up seperti Suzuki Carry ini sejatinya diperuntukan untuk kegiatan perdagangan sehingga memiliki spesifikasi yang berbeda. Berikut beberapa tips mudah saat memodifikasi interior mobil jenis ini.

1. Pahami resiko memodifikasi interior

Walaupun terlihat sepele, ternyata modifikasi interior bisa merugikan Sahabat sebagai konsumen. Modifikasi yang berlebihan beresiko menyalahi hak cipta dengan pemegang merk sehingga hasil modifikasi justru akan merugikan Sahabat. Jika terdapat modifikasi interior yang berujung pada terganggunya fungsi kendaraan, maka pihak perusahaan bisa saja menolak garansi yang ada. Hal ini tentu akan sangat merugikan terutama mengingat jika biaya perbaikan kendaraan tidaklah murah.

Selain masalah garansi, modifikasi interior juga sebaiknya tetap memperhatikan faktor keselamatan pengemudi serta penumpangnya. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan modifikasi di tempat-tempat terpercaya yang telah berpengalaman dalam menangani hal tersebut. Modifikasi interior sendiri beragam namun pada umumnya dibandrol dengan tarif mulai ratusan hingga jutaan rupiah tergantung tingkat kesulitan. Alangkah baiknya Sahabat tidak tergoda dengan harga murah yang ditawarkan.

2. Siapkan budget yang sesuai

Karena biayanya yang mahal, maka sebaiknya Sahabat merancang anggaran lebih dulu. Pilihlah konsep yang benar-benar diinginkan dan sesuai dengan jenis Carry pick up yang dimiliki sehingga Sahabat tidak akan kecewa dengan hasilnya. Pilihlah perlengkapan yang diperlukan dengan hati-hati agar tidak melebihi budget yang direncanakan. Sahabat bisa berkonsultasi lebih dulu dengan seorang ahli supaya Sahabat bisa memilih produk terbaik yang sesuai dengan kendaraan namun dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Pilih jok kustom

Sarung jok kursi merupakan bagian penting dalam mengubah tampilan interior mobil. Pemilihan warna serta desain yang tepat bisa mengubah tampilan mobil secara instan sehingga sebaiknya Sahabat memilih sarung jok kustom. Dengan kustom Sahabat bisa memilih desain yang sesuai dengan tema yang diinginkan. Selain itu, Sahabat bisa memilih sendiri kualitas bahannya sehingga Sahabat bisa benar-benar yakin akan kualitasnya. Saat ini, jasa pembuatan sarung jok kustom sudah banyak tersedia di pasaran dengan harga bervariasi namun biasanya dibandrol dengan harga ratusan ribu rupiah.

4. Aksesori yang tidak terlalu berlebihan

Sebenarnya untuk masalah ini tergantung selera masing-masing pemilik kendaraan. Ada pihak yang menyukai aksesoris yang mencolok ada pula yang lebih memilih hal yang lebih sederhana. Semua itu wajar saja dilakukan selama tidak mengganggu kenyaman Sahabat dan orang lain. Beberapa aksesoris yang umum ditambahkan adalah lampu LED dan speaker yang sengaja dipasang pada bagian-bagian tertentu serta membeli aksesoris tambahan untuk pedal, setir kemudi dan tongkat persneling.

Tambahan aksesoris tersebut memang akan mengubah interior kendaraan secara signifikan namun perlu juga diperhatikan soal kenyamanan dan keamanannya. Selain itu, harga aksesoris tambahan juga cukup mahal sehingga sangat disarankan untuk tidak berlebihan untuk memasangnya. Selalu gunakan aksesoris yang berkualitas karena akan lebih aman serta lebih tahan lama.

5. Perhatikan saluran udara

Mobil pick up merupakan mobil yang menghasilkan polusi yang cukup tinggi sehingga Sahabat harus berhati-hati. interior mobil yang luas dan memiliki saluran udara baik akan sangat membantu penumpang agar tidak kepanasan dan terus-menerus menghirup gas berbahaya. Keadaan di dalam kendaraan bisa sangat panas sehingga pemakaian bahan yang tidak mudah melepaskan panas akan sangat berpengaruh pada kenyamanan pengemudi.

Itulah lima tips modifikasi interior mobil pick up yang bisa Sahabat praktekkan. Walaupun tidak serumit modifikasi bagian luar mobil atau mesin mobil, namun tetap saja interior tersebut bisa menunjukan identitas serta karakter Sahabat. Memodifikasi interior juga bagian dari seni yang bisa digunakan untuk mengekspresikan diri Sahabat di hadapan orang lain. Oleh karena itu, melakukan modifikasi tidak boleh setengah-setengah apalagi hanya dilakukan secara asal-asalan agar terlihat keren.

Baca juga : Jangan Sembarangan, Begini Tips Modifikasi Velg Mobil


Tag

Modifikasi

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Modifikasi Stiker Mobil untuk Tampil Stylish

2020-11-01

Modifikasi stiker mobil merupakan hal menyenangkan bagi sebagian orang, ada juga yang menjadikan hal tersebut sebagai hobi, sehingga tidak peduli seberapa mahal atau seb

thumbnail

Dapatkan Trend Kekinian Modifikasi Mobil Daihatsu Sigra Kekinian Dengan Merubah Bagian Ini

2020-11-01

Kabar baik bagi pecinta otomotif yang sangat menggandrungi trend modifikasi kendaraan. Kali ini, pembahasan akan dikhususkan untuk melakukan modifikasi mobil yang pastin

thumbnail

Cara Tepat Untuk Modifikasi Mobil Ceper

2020-11-01

Tidak sedikit orang yang ingin memodifikasi mobilnya dengan ground clearance rendah atau dikenal sebagai mobil ceper. Mobil ceper memang tampak lebih enak dilihat secara

thumbnail

Tawarkan Tampilan Realistis, Berikut 4 Aplikasi Modifikasi Mobil Anda Wajib Coba

2020-11-09

Smartphone memberikan fasilitas aplikasi yang sangat beragam. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan banyak hal mulai dari chatting hingga mendesain modifikasi