Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Jenis Mobil LCGC? Simak Rekomendasi Terbaik dari Daihatsu

Otomotif

2023-10-06

Apa itu Jenis Mobil LCGC? Simak Rekomendasi Terbaik dari Daihatsu

Jenis mobil LCGC memang digandrungi oleh masyarakat Indonesia beberapa tahun terakhir. Bahkan, mobil jenis ini sudah menjadi program dari pemerintah RI. Meski begitu, tidak semua orang mengetahui apa arti dari istilah LCGC tersebut. Agar Anda lebih memahami arti dari istilah tersebut, yuk perhatikan ulasan berikut.

Apa Itu Jenis Mobil LCGC?

LCGC merupakan akronim dari Low Cost Green Car. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, artinya mobil ramah lingkungan dengan harga ekonomis. Mobil LCGC sendiri di Indonesia sudah hampir memasuki tahun ke-9 sejak program pemerintahan mengenai LCGC diluncurkan. Mobil jenis ini bisa dikatakan jenis mobil terlaris di Indonesia, dan selalu mengalami peningkatan di setiap tahunnya. 

Spesifikasi Mobil LCGC

Untuk masalah spesifikasi, mobil LCGC memiliki spesifikasi yang berbeda dengan mobil biasa lainnya. Adapun spesifikasi selengkapnya sebagai berikut.

  • Mesin mobil berkapasitas 980 cc hingga 1200 cc.
  • Bahan bakar mobil harus menggunakan bensin dengan kadar RON (Research Octane Number) 92.
  • Konsumsi bensin kurang lebih 20 km per liter.
  • Untuk mobil dengan mesin diesel kapasitas maksimal mesin tidak boleh melebihi 1500 cc. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarnya kurang lebih 20 km per liter.
  • Untuk mobil dengan bahan bakar solar, wajib menggunakan bahan bakar CN 51.
  • Radius putar mobil kurang lebih 4,6 meter.
  • Terdapat logo atau merek Indonesia.
  • Harganya kurang lebih mulai dari 100 jutaan. 

Keunggulan Mobil LCGC

Mobil LCGC juga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mobil biasanya. Adapun keunggulan mobil LCGC sebagai berikut. 

1. Ramah di kantong

Keunggulan pertama mobi LCGC dibandingkan mobil lainnya, bisa dilihat dari harganya yang murah yakni Rp100 jutaan. Dengan harga tersebut, Anda bisa mendapatkan mobil LCGC dengan varian transmisi dan warna yang beragam.

2. Bahan bakar efisien

Selain harganya murah, mobil LCGC juga memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Rata-rata konsumsi bahan bakar mobil LCGC kurang lebih 20 km per liter. 

3. Dimensi kompak

Dimensi bodi mobil LCGC terbilang kompak sehingga pas digunakan untuk melewati jalanan yang macet. Contohnya, Daihatsu Ayla memiliki ukuran yang ramping yakni 1.520 mm x 1.600 mm x 3.660 mm.

4. Durabilitas tinggi

Meski harganya murah, durabilitas mobil LCGC tidak murahan. Mobil LCGC sudah diuji coba ketangkasannya dan keawetannya oleh pihak pemerintah. Apalagi mobil LCGC dari Daihatsu, sudah tidak diragukan lagi durabilitasnya karena sudah mengusung konsep DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Konsep ini membuat mobil Daihatsu memiliki desain yang kekinian, fitur mumpuni, performa tinggi, namun irit.

Rekomendasi Mobil Jenis LCGC Terbaik dari Daihatsu

Ada beberapa rekomendasi mobil LCGC terbaik di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Berikut rekomendasi selengkapnya. 

1. Daihatsu Ayla

Mobil Ayla Ada Berapa Kursi Ini Spesifikasi Selengkapnya!

Rekomendasi pertama ada Daihatsu Ayla. Mobil LCGC ini memiliki dapur pacu yang cukup besar yakni 998 cc hingga 1.198 cc. Meski memiliki mesin yang kencang, konsumsi bahan bakar Daihatsu Ayla sangat irit. Untuk perjalanan dalam kota, Daihatsu Ayla dapat menempuh jarak sekitar 15 km per 1 liter bensin. Sedangkan untuk perjalanan lewat jalan tol, 1 liter bensin bisa digunakan untuk menempuh jarak hingga 20 km. 

Selain irit, Daihatsu Ayla bisa dibilang merupakan mobil LCGC termurah di Indonesia. Sebab untuk tipe X M/T 2013 dijual di pasaran dengan harga mulai Rp60 jutaan. Sedangkan untuk tipe New Ayla dijual mulai Rp100 jutaan hingga Rp140 jutaan.

Baca Juga : Mobil LCGC untuk Jarak Jauh, Ada Nggak Sih?

2. Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra Berapa CC Ketahui Spesifikasi Lengkapnya Di Sini!

Rekomendasi kedua, ada Daihatsu Sigra. Mobil ini memiliki harga yang sangat murah di pasaran, yakni dibanderol dengan harga mulai Rp100 jutaan hingga Rp140 jutaan. Untuk harga bekasnya dijual dengan harga mulai Rp80 jutaan. Meski begitu mobil ini memiliki dapur pacu yang gahar yakni mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.197 cc. 

Jika Anda berniat untuk membeli mobil LCGC terbaik tersebut. Jangan lupa kunjungi dealer Daihatsu terdekat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Efek Buruk Cuci Mobil Menggunakan Sabun Colek

2022-04-12

Mencuci mobil terkadang menjadi suatu hal yang bisa dilakukan sendiri di rumah sambil menghabiskan waktu luang. Akan tetapi Anda tidak bisa mencuci mobil sendiri secara

thumbnail

5 Kiat Merawat Kendaraan ala Daihatsu di Kala PPKM

2022-06-23

JAKARTA (16/2): Masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di beberapa daerah di Indonesia kembali d

thumbnail

Hand Grip (Pegangan Tangan di Mobil). Inilah Fungsinya!

2023-01-10

Bagi Anda pemilik mobil dengan jenis Spo

thumbnail

Inilah Penyebab Radiator Mobil Cepat Panas & Cara Mengatasinya

2023-01-06

Memahami penyebab radiator mobil panas sejak dini dapat menghindarkan