Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Mobil LCGC yang Irit dan Ramah Lingkungan di Masa Kini

Otomotif

2021-02-16

pengertian lcgc dan keunggulannya

Semakin berkembangnya teknologi yang ada membuat berbagai macam inovasi diciptakan, termasuk dalam kendaraan roda empat. 

Untuk itu, mobil dikembangkan dengan teknologi yang ramah lingkungan, irit dan harganya terjangkau. Di Indonesia sendiri, kendaraan roda empat ini disebut dengan LCGC. 

Lantas seperti apa pengertian LCGC dan keunggulannya? Simak di sini!

Pengertian Mobil LCGC (Low Cost Green Car)

Sebagian orang mungkin masih belum familiar dengan sebutan mobil LCGC. Istilah ini dikenalkan di Indonesia pada beberapa tahun terakhir untuk pengguna kendaraan roda empat yang ramah lingkungan. 

LCGC merupakan singkatan dari Low Cost Green Car, di mana program ini mengatur adanya kendaraan ramah lingkungan yang irit dan harganya terjangkau.

Meskipun begitu, mobil ini memiliki teknologi terbaru yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Tentu dengan konsep yang baru, akan berbeda bila dibandingkan dengan berbagai jenis mobil lainnya.

Baca juga: Mobil LCGC untuk Jarak Jauh, Ada Nggak Sih?

Keunggulan Mobil LCGC

Setelah mengetahui pengertian LCGC dan keunggulannya, tentunya Anda penasaran seperti apa performa mobil jenis ini. Kendaraan tipe ini memiliki berbagai kelebihan yang tidak bisa diragukan lagi. 

Sebab, teknologi yang disematkan dalam mesin mobil sudah yang terbaru dan juga mendukung untuk digunakan oleh pengemudi pemula maupun mereka yang sudah berpengalaman. 

Selanjutnya, kendaraan yang satu ini memiliki dimensi bodi lebih compact. Dengan desain tersebut, mobil LCGC sangat cocok digunakan untuk sehari hari dan lincah menghadapi segala macam kondisi jalanan perkotaan yang umumnya lebih  padat. 

Mobil jenis ini juga memiliki variasi transmisi manual maupun otomatis dengan fitur menarik. Beberapa contoh mobil LCGC yang bisa didapatkan adalah Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sigra.

Kedua mobil ini sudah dilengkapi dengan kabin yang luas, mesin super irit, daya tampung bagasi yang lebar, spare part yang mudah didapatkan, serta dilengkapi dengan fitur keamanan yang baik, seperti fitur rem ABS, Airbag, Brake Assist, pelindung benturan hingga sensor sabuk pengaman.   

Untuk Daihatsu Ayla, tersedia empat tipe seperti D, M, X dan Elegan yang bisa dibeli mulai dari Rp 114 juta dan Daihatsu Sigra sendiri juga bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 114 juta hingga Rp 165 juta.

Baca juga: Ayla dan Sigra, Mobil LCGC Terbaik dari Daihatsu

Bodinya yang ramping, membuat Anda lebih aman dan nyaman untuk mengendarainya. Tidak berhenti sampai di situ saja, dari segi performanya mobil ini dirancang sedemikian rupa agar lebih awet dan mudah dilakukan perawatannya.

Keunggulan lainnya dari mobil yang satu ini tentu bisa dilihat dari segi bahan bakarnya. Tentunya, kendaraan yang dibuat dengan program tersebut masuk dalam kategori ramah lingkungan. 

Maksud dari ramah lingkungan atau green car ini yaitu penggunaan bahan bakar yang dirancang harus seefisien mungkin. Sehingga tidak banyak menimbulkan polusi dan pencemaran lingkungan karena sisa pembakaran. 

Baca juga: Sejauh Mana Trend Mobil LCGC 2020-2021 di Indonesia?


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Alasan Kenapa Harus Pilih Jok Mobil yang Nyaman

2020-11-03

Sahabat pasti tahu dong Jok yang ada didalam mobil nggak mungkin sebuah mobil tanpa dilengkapi dengan Jok. Jok mobil ini sangat penting ada didalam mobil tentunya. Selain hanya untuk duduk si penge

thumbnail

Mari Ketahui Fungsi Karpet Dasar Mobil serta Tips Membelinya

2021-02-02

Selain karpet mie, karpet dasar menjadi jenis karpet lainnya yang lazim dipakai. Karpet bernama lain karpet tambahan ini lazim dipakai untuk melapisi karpet bawaan yang

thumbnail

Apakah Oli Mobil Bisa untuk Motor? Ini Penjelasannya!

2023-05-09

Apakah oli mobil bisa untuk motor, merupakan pertanyaan yang kerap kali menghiasi sosial media khususnya penggemar

thumbnail

Cara Mengetahui Oli Mesin Mobil Naik Tanpa Harus Turun Mesin

2022-01-10

Cara mengetahui oli mesin naik perlu Anda ketahui sebagai pemilik mobil. Mengapa demikian? Karena Anda tidak perlu melakukan turun mesin atau overhaul yang memakan biaya yang cukup mahal.Sep