Logo Daihatsu
Menu

Sejauh Mana Trend Mobil LCGC 2020-2021 di Indonesia?

Otomotif

2020-12-14

contoh mobil lcgc

Istilah LCGC sempat meramaikan pangsa otomotif Indonesia. LCGC sendiri adalah singkatan dari Low Cost Green Car, yang kerap digunakan untuk mengklasifikasi tipe mobil tertentu. 

Kata ini banyak menempel pada kendaraan pribadi yang disinyalir lebih ramah lingkungan. Namun apa sebenarnya pengertian, contoh, & trend mobil LCGC? berikut ulasannya untuk Anda. 

Pengertian LCGC 

Meski dinamakan dengan istilah bahasa Inggris, ternyata istilah LCGC ini adalah kategori mobil yang dibuat oleh pemerintah Indonesia. 

LCGC sendiri memiliki arti kendaraan ramah lingkungan dan berharga terjangkau. Tentu saja hal ini ditekankan pada daya emisi gas kendaraan yang sangat rendah, sehingga bisa mengurangi pencemaran udara dan konsumsi BBM. 

Istilah LCGC sebenarnya sudah meluncur di bawah payung hukum peraturan pemerintah. Tertulis dalam peraturan pemerintah No. 33/2013 dan No. 41/2013, bahwa secara spesifik kendaraan LCGC mencakup Low carbon emission, mobil listrik, dan hybrid biodiesel. 

Dengan begitu sudah jelas sekali bahwa LCGC memang mengacu pada kendaraan dengan mesin tertentu. 

Namun penggunaan LCGC lebih mengerucut jika diikuti dengan beberapa persyaratan tertentu. Persyaratan itu secara tidak langsung menjelaskan pengertian, contoh, & trend mobil LCGC. 

Dalam hal tersebut, syarat mobil yang termasuk dalam kategori ini adalah harga beli yang lebih terjangkau, model dan logo mencerminkan Indonesia, dan menggunakan merek lokal. 

Baca juga: 3 Jenis Mesin Mobil Berdasarkan Konfigurasinya

Spesifikasi 

Jika membaca informasi sebelumnya, mungkin Anda bertanya seperti apa spesifikasi dan performa kendaraan tersebut? Karena mengutamakan low cost, maka bisa dipastikan daya pacu kendaraan juga lebih rendah. 

Pada umumnya, mobil ini masuk dalam segmen mesin 1000–1200 cc, yang mana cukup bertenaga dan lebih meminimalisir penggunaan bahan bakar.  

Pada umumnya spesifikasi daya pacu yang digunakan adalah mesin bensin 1200cc atau mesin solar 1500cc. CC yang rendah akan menjadi salah satu cara untuk mengurangi pajak mobil, yang mana disinyalir mencapai 0%. 

Jika pajaknya cukup rendah, maka bisa dipastikan bahwa harga yang dibanderol pun cenderung lebih murah. 

Dengan demikian pengertian, contoh, & trend mobil LCGC pastinya akan lebih mengerucut. Bahkan mobil LCGC memiliki ciri yang sangat khas. 

Yakni diproduksi secara lokal, memiliki daya tarik mesin rendah, namun berharga lebih terjangkau dan ramah lingkungan. Hal ini tentunya menjadi nilai plus dan cocok untuk Anda yang memiliki budget terbatas.

Contoh Tren Mobil LCGC

Setelah kategori ini meramaikan pasar Indonesia, ternyata tidak sedikit produsen kawakan yang turut terjun untuk mencoba segmen otomotif tersebut. 

Contohnya adalah Daihatsu yang meluncurkan Ayla dengan harga yang sangat terjangkau. Mobil dengan desain city car ini mengutamakan sistem hemat energi tanpa mengurangi tampilan dan kenyamanan pengendara. 

Baca juga: Mudik Asik dengan City Car

Konsep City car sendiri menjadi salah satu tren besar untuk kategori mobil LCGC. Contoh, & trend mobil LCGC sendiri semakin meluas dengan kehadiran mobil konsep MPV, seperti Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Lampu Sorot – LED, Mobil, Motor, dan Merek Terbaik

2020-11-03

Ada banyak kegunaan lampu sorot untuk kendaraan yang umum digunakan di malam hari. Selain dapat menambah tampilan kendaraan agar lebih apik, keberadaan lampu tembak atau

thumbnail

Tips Modifikasi Xenia Agar Terlihat Sporty

2021-11-30

Terkenal sebagai mobil sejuta umat karena bisa ditemukan di mana-mana, beberapa pemilik melakukan modifikasi Xenia sport agar tampak berbeda. Anda juga

thumbnail

Amankah Mesin Turbo Pakai Oli Biasa?

2022-02-21

Saat ini banyak pabrik mobil yang menawarkan kendaraannya dengan mesin turbo. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga yang lebih optimal meskipun kapasitas mesinnya

thumbnail

Tips Menjaga Transmisi CVT Agar Awet

2022-04-23

Menjaga transmisi CVT awet tak mem