Logo Daihatsu
Menu

Ayla dan Sigra, Mobil LCGC Terbaik dari Daihatsu

Otomotif

2021-01-05

mobil ayla

Mobil LCGC adalah singkatan dari Low Cost Green Car atau varian mobil yang muncul setelah ada regulasi otomotif di Indonesia dan mengutamakan harga ekonomis serta spesifikasi ramah lingkungan. 

Sejak awal kemunculannya, mobil jenis ini memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi jika melihat penjualan mobil LCGC terbaik dari Daihatsu seperti Ayla dan Sigra yang laris di pasaran.

Raport penjualan mobil di segmen LCGC dari Januari hingga Agustus 2020 merangkak naik. Kontribusi mobil LCGC bahkan mencapai 40,5 persen dari keseluruhan penjualan retail Daihatsu pada periode tersebut. 

Melihat lebih jauh, sebenarnya apa saja sih keunggulan mobil LCGC milik Daihatsu ini sampai peminatnya cukup banyak? Yuk simak ulasan berikut. 

Kelebihan Daihatsu Ayla 

Pada 2013, Daihatsu resmi meluncurkan Ayla. Mobil mungil dengan spesifikasi mumpuni tersebut dianggap mampu bersaing dengan mobil murah lain di kelasnya seperti seperti Brio dan Agya. Sejak awal kehadirannya, Daihatsu memperoleh penjualan yang fantastis di Indonesia yaitu sekira 180 ribu unit di tahun yang sama. 

Masyarakat menyambut positif kehadiran Daihatsu Ayla yang bisa disesuaikan dengan budget dan spesifikasi yang dibutuhkan konsumen. Mobil ini menawarkan empat tipe seperti D, M, X dan Elegant yang dibanderol tidak lebih dari Rp114 juta. 

Tak cuma harga yang terjangkau, Daihatsu Ayla memiliki berbagai kelebihan yang banyak dicari masyarakat ketika hendak membeli mobil baru. Beberapa kelebihan Daihatsu Ayla antara lain: 

1. Kabin yang lega 

Meski termasuk kategori mobil mungil, namun Ayla memiliki ruang kabin yang cukup lega. Dengan dimensi 3.600 x 1.600 x 1.520 mm, Ayla mampu mengangkut maksimal 5 penumpang tanpa merasa berdesakan di dalam kabin. Daihatsu tentu sudah memikirkan matang tentunya ukuran dari mobil ini. 

2. Mesin super irit 

Mobil LCGC dari Daihatsu ini juga irit bahan bakar. Dengan pengisian bensin satu liter, Ayla mampu menempuh jarak hingga 20 kilometer. Kelebihan ini sudah disesuaikan dengan regulasi LCGC di Tanah Air. 

3. Bagasi yang luas 

Jika dibandingkan dengan mobil sejenisnya seperti Toyota Agya, kapasitas bagasi Daihatsu Ayla terbilang lebih luas. Hal ini memungkinkan penggunanya bisa membawa barang bawaan lebih banyak. 

4. Sparepart yang melimpah 

Nama besar Daihatsu turut menunjang ketersediaan sparepart yang melimpah untuk mobil Ayla hingga ke pelosok Tanah Air. Pemilik mobil Ayla tak perlu khawatir soal ketersediaan suku cadang. Baik di bengkel kecil sampai besar, biasanya sudah disediakan sparepart untuk Ayla. 

Itulah beberapa kelebihan Daihatsu Ayla yang mungkin bisa jadi pertimbangan kalau Sahabat lagi mencari mobil LCGC terbaik. Selain Ayla, masuk ke deretan mobil LCGC laris selanjutnya adalah Sigra. Yuk simak ulasan di bawah ini. 

Kelebihan Daihatsu Sigra 

Kehadiran Daihatsu Sigra pada 2016 seolah menjawab kehausan masyarakat yang semakin kritis akan spesifikasi yang dibawa mobil LCGC. Sigra hadir dengan tipe mobil keluarga yang memiliki beberapa keunggulan yang cukup memikat. Antara lain kapasitas mobil yang mampu mengangkut hingga 7 penumpang dan harganya terjangkau yang berkisar Rp114 sampai Rp164 jutaan. 

Selain itu beberapa keunggulan mobil LCGC terbaik dari Daihatsu ini adalah sebagai berikut: 

1. Irit bensin 

Sebagai mobil LCGC, tentu irit bahan bakar merupakan satu spesifikasi unggulan yang dimiliki Daihatsu Sigra. Sigra sudah menggendong mesin yang lebih baik ketimbang Xenia, yaitu teknologi VVT-i dengan rasio kompresi besar. 

Teknologi tersebut menjadikan Sigra irit konsumsi bahan bakar. Rata-rata konsumsi bahan bakar Sigra di jalan perkotaan adalah 13 kilometer per satu liter. 

2. Kabin yang luas 

Kelebihan Sigra yang memiliki kabin luas sebagai mobil keluarga dengan harga murah membuatnya kerap jadi pilihan. Kapasitas Sigra mampu menampung hingga 7 orang dan ruang geraknya cukup leluasa. 

3. Ada banyak tipe 

Daihatsu Sigra hadir dengan 10 tipe yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Kapasitas mesinnya pun tersedia dua pilihan, yaitu mesin berkapasitas 1.000 cc dan 1.200 cc. Beragam varian yang tersedia pada Daihatsu Sigra membuatnya jadi pilihan yang kompleks.

4. Fitur keamanan dan kenyamanan mumpuni 

Sebagai MPV LCGC, tentunya fitur keselamatan dan kenyamanan saat berkendara menjadi satu kebutuhan pokok. Daihatsu Sigra sudah dilengkapi fitur rem ABS, Airbag, Brake Assist, pelindung benturan hingga sensor sabuk pengaman. 

Sementara itu pada fitur kenyamanan, Sigra sudah disematkan sistem Audio/Visual, Power Steering, Audio 2 DIN dan beberapa fitur konektivitas seperti soket USB dan Bluetooth. 

Itulah beberapa keunggulan dari mobil LCGC terbaik dari Daihatsu. Melihat beberapa keunggulannya itu, tak heran jika mobil LCGC Daihatsu mampu menarik perhatian konsumen di Indonesia. 

Penulis : Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Kiat Cerdas untuk Hindari Montir Nakal

2021-05-06

Memiliki mobil pribadi sebagai kendaraan yang setiap hari menemani ke mana pun merupakan sebuah komitmen yang begitu penting. Hal ini dikarenakan memiliki mobil tidak ha

thumbnail

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

2020-12-03

Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan

thumbnail

Hal yang Harus Dipahami Mengenai Penentuan Tekanan Ban Mobil

2020-12-04

Saat Sahabat mengisi atau menambah tekanan ban mobil sebenarnya tidak boleh dilakukan sembarangan atau sekedar sampai ban terasa lebih keras saja. Pabrikan mobil biasany

thumbnail

Mengetahui Ukuran Garasi Mobil dan Faktor yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuatnya

2021-02-05

Garasi merupakan elemen penting dari sebuah rumah, khususnya hunian untuk mereka yang memiliki kendaraan pribadi. Ruangan luas yang ada di salah satu sisi rumah ini kera