Logo Daihatsu
Menu

Mudah Diterapkan, Berikut Cara Jumper Bendik Stater Untuk Hidupkan Mesin

Otomotif

2021-01-14

cara jumper bendik stater

Mesin yang tidak dapat menyala membuat banyak orang panik, sehingga sering kali mengambil jalan praktis dengan meminta bantuan untuk mendorong. 

Akan tetapi, ada cara yang lebih mudah dilakukan, yaitu melakukan jumping stater. Cara jumper bendik stater ini cukup dengan baterai lain agar dapat menyuplai listrik. Yuk cek ulasannya di sini!

Hal Hal yang Harus Diperhatikan

Poin penting yang tak boleh Anda lewatkan, yaitu harus memperhatikan tegangan baterai yang digunakan. 

Pastikan tegangan baterai lain memiliki kapasitas yang sama dengan baterai yang terpasang dengan motor starter. Dengan begitu, dapat menjaga daya tahan pakai dari dinamo motor yang Anda miliki.

Pemilik mesin ini harus memasang baterai secara paralel, sehingga rangkaian baterai yang terhubung yaitu kutub positif dengan kutub positif. 

Begitu pula sebaliknya, sehingga tidak disusun secara seri agar tegangannya tidak terakumulasi. Jika tegangan bertambah, maka dapat merusak sistem dari motor starter dan lainnya.

Baca juga: Penyebab Starter Dinamo Mobil Rusak!

Cara Mudah Lakukan Jumping Stater

Cara pertama ini memakai baterai lain sebagai penyuplai energi listrik lainnya, sehingga perlu baterai tambahan. 

Cara jumper Bendik stater ini harus dimulai dengan membuka kap mesin mobil. Setelah itu bersihkan terminal baterai, bila ditemukan kotoran yang dapat mengganggu proses jumping stater yang akan dilakukan.

Kemudian, siapkan baterai di luar sistem mesin dan hubungkan antar kutub yang sama dengan terminal baterai di kendaraan Anda. pemasangan paralel ini menghubungkan kutub negatif dengan negatif dan positif dengan positif. 

Lalu, pastikan transmisi mobil berada di posisi netral dan rem parkir diaktifkan agar mesin tidak berjalan.

Tahap selanjutnya yang harus dilakukan, yaitu menstarter mesin hingga menyala. Secara perlahan, Anda bisa melepas kabel yang menghubungkan baterai negative dengan baterai kendaraan. 

Begitu pula dengan kabel penjepit dan klep di terminal positif, lalu rapikan kabel dan baterai yang telah dipakai serta tutup kap mesin mobil.

Cara Mudah Melakukan Jumping Starter dengan Mesin

Cara jumper bendik stater sebelumnya memang memakai baterai, tetapi kali ini sedikit berbeda karena membutuhkan mesin lain. 

Anda bisa memakai kendaraan lain sebagai penyuplai listrik, sehingga posisinya harus berada berdekatan. Setelah itu, kap mesin kedua mobil ini harus dibuka lebih dulu agar dapat terhubung.

Pemasangan tetap dengan posisi yang sama, yaitu secara paralel agar tegangan tidak dapat bertambah. Anda dapat menghubungkan antar terminal positif kendaraan yang mati dengan kendaraan bantuan, begitu pula dengan terminal negatifnya. 

Tak lupa untuk memposisikan transmisi di posisi netral dan rem parkir menyala. Setelah itu, starter mesin mobil hingga menyala agar dapat digunakan dan dikendarai. 

Bila sudah menyala, Anda bisa melepas kabel yang dipakai dalam cara jumper Bendik stater mobil ini, mulai dari terminal negatif lalu positif. Tahap akhir rapikan kabel yang digunakan dan baterai kendaraan, lalu tutup kap mesin kendaraan roda empat Anda.

Baca juga: Trik Mudah Merawat Dinamo Starter Mobil dan Motor


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Munculnya Karat di Pompa Radiator Mobil

2022-04-23

Salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi penting adalah pompa radiator. Fungsi utamanya adalah untuk mensirkulasi air radiator agar berjalan dengan baik. Namun sem

thumbnail

Aki Kering vs Basah Bagus Mana? Berikut Penjelasannya

2021-01-05

Aki kering vs basah bagus mana adalah pertanyaan yang lazim ada di benak pemilik mobil. Terutama, saat hendak mempertimbangkan jenis aki mana yang bakal dipakai.

thumbnail

Daftar Leasing Syariah di Indonesia yang Terpercaya

2020-12-01

Daftar leasing syariah adalah hal yang kini tengah dicari masyarakat. Pasalnya, masyarakat sekarang mulai mempercayai sistem yang diterapkan leasing syariah.

thumbnail

Apa itu Lower Arm Mobil? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

2023-12-12

Di dalam sistem suspensi mobil terdapat beragam komponen yang membantu kinerja sistem tersebut, termasuk lower arm mobil. Lantas apakah yang dimaksud dengan lower ar