Logo Daihatsu
Menu

Trik Mudah Merawat Dinamo Starter Mobil dan Motor

Otomotif

2020-12-04

dinamo starter

Apabila Sahabat menggunakan mobil atau motor, untuk menghidupkannya agar mesin menyala, maka Sahabat harus menggunakan dinamo starter. Dimana bagian tersebut adalah komponen utama dalam menggunakan berbagai alat transportasi baik motor, mobil dan lain sebagainya. Untuk cara kerjanya sendiri, tentu Dinamo ini menggunakan listrik yang sumbernya berasal dari aki kendaraan tersebut, walaupun antara mobil dan motor untuk starternya dilengkapi dengan berbagai komponen yang berbeda.

Komponen ini tidak akan selamanya baik-baik saja di kendaraan yang Sahabat gunakan. Terlebih lagi jika Sahabat tidak merawatnya dengan baik. Jika hal seperti itu terjadi maka tidak menutup kemungkinan starter tersebut tiba-tiba mati dan mengalami kerusakan. Karena hal itulah, maka Kamu harus merawatnya dengan sangat baik tentunya dengan trik atau cara yang akan dijelaskan nantinya.

Perawatan Dinamo Starter Mobil

Untuk trik-trik yang akan dijelaskan ini adalah trik bagaimana merawat dinamo starter mobil dengan lebih mudah. Tetapi ada baiknya Sahabat mengetahui apa saja penyebab dinamo tersebut mengalami kerusakan, sehingga Sahabat bisa mengantisipasi dan tahu harus melakukan apa untuk mencegah hal itu terjadi.

1. Tidak memaksa dinamo bekerja

Memaksa kerja starter dinamo tentu akan membuat dinamo menjadi panas dan mengalami kerusakan. Dimana hal ini banyak dilakukan orang-orang ketika mesin mobilnya tidak mau menyala. Sehingga mereka memaksakan untuk men-starter dinamo tersebut terus menerus sampai mesin menyala. Hal ini tentu akan membuat dinamo menjadi rusak dan tidak awet pemakaiannya. 

Apabila Sahabat tidak ingin hal tersebut terjadi, maka untuk cara mencegahnya agar dinamo tahan lama dan tidak mudah rusak dengan trik memberikan waktu beberapa saat sebelum mencoba menstarter ulang dinamo tersebut. Jika Sahabat sudah mencoba sekali, maka tunggulah sampai dinamo dingin, lalu coba ulang menstarter dinamo mobil tersebut. 

2. Cek Carbon Brush Dinamo Starter

Penyebab berikutnya jika starter pada dinamo tidak awet dan cepat rusak adalah bagian Carbon Brush Dinamonya habis. Tentu hal itu akan membuat starter menjadi cepat rusak karena putaran pada dinamo menjadi melemah dan mengeluarkan suara-suara yang tidak enak didengar ketika starter dicoba.

Dalam hal ini Sahabat diharuskan untuk rajin mengecek apakah carbon brush masih ada atau sudah mulai habis. Jika dinamo mengeluarkan suara yang aneh, maka segeralah mengecek Carbon Brush tersebut.

3. Cek aki mobil

Penyebab lainnya yang membuat starter dinamo mobil bermasalah adalah ketika aki mobil yang rusak. Biasanya aki tersebut menjadi lemah karena suplai listrik dari aki ke dinamo mobilnya. Sehingga pada saat Sahabat memulai menstarter mobil, maka starter tersebut tidak menyala.

Trik yang bisa Sahabat gunakan pada permasalahan ini adalah dengan rajin mengecek aki mobil secara berkala. Sehingga pada saat Sahabat menstarter mobil yang Sahabat miliki lancar dan tanpa adanya gangguan.

Perawatan Dinamo Starter Motor 

Untuk menjaga agar dinamo starter motor Sahabat terawat dan tahan lama pemakaiannya, maka Sahabat membutuhkan trik dalam menggunakan dinamo starter tersebut. Jika Sahabat ingin merawat dinamo starter pada motor Sahabat, maka ketahuilah beberapa komponen yang berhubungan khusus dengan dinamo tersebut. Berikut ini beberapa komponennya:

1. Baterai atau Aki

Baterai atau aki adalah komponen yang merupakan sumber dari arus listrik motor pada sistem starter. Apabila starter motor tidak menyala, maka Sahabat harus mengecek baterai motor tersebut. Ada dua hal yang akan terjadi pada baterai yang menyebabkan starter tidak menyala yaitu sistem pengisiannya yang memiliki masalah atau pun baterainya yang memang rusak. Dalam hal ini Sahabat harus mengecek dan memastikan baterai motor dalam keadaan baik, jika ingin starter dinamonya menyala.

2. Rangkaian pada Starter Dinamo

Starter dinamo pada motor Sahabat tidak menyala atau rusak, mungkin tidak disebabkan oleh baterai atau akinya. Karena setelah dilakukan pengecekan baterainya baik-baik saja. Dalam hal ini Kamu harus mengecek rangkaian pada starter dinamo. Bisa saja ada sejumlah kabel yang putus atau tombol starter yang kotor. 

Untuk solusi kabel yang putus, maka Sahabat bisa mengganti kabel dengan yang baru. Dan jika terkendala biaya, maka Sahabat bisa menyambung kembali kabel tersebut.  Walaupun tidak bertahan lama, tetapi bisa menjadi solusi untuk saat ini. Pada tombol starter yang kotor, Sahabat bisa bersihkan dengan menggunakan amplas halus.

3. Bendik

Bendik adalah komponen yang memiliki fungsi seperti saklar yang bisa memutus dan menghubungkan arus listrik yang berasal dari baterai atau aki ke starter motor. Bendik bisa menyebabkan starter tidak menyala dikarenakan ketika disambung tidak terdengar suara seperti sebutan “cetak”. Apabila hal itu terjadi maka solusinya adalah dengan mengganti bendik yang baru.

4. Dinamo

Dinamo pada motor sangat jarang terjadi kerusakan. Tetapi jika hal tersebut terjadi maka kemungkinan terjadi kerusakan pada brush yang habis atau kumparannya putus. Untuk membuat dinamo ini kembali normal dan bisa digunakan, maka Sahabat bisa mengganti brush tersebut dengan yang baru. Sedangkan kumparannya lebih baik diperbaiki pada tukang servis yang bisa memperbaiki kumparan yang sudah putus. Tetapi kerusakan pada dinamo motor ini memang sangatlah jarang terjadi, maka dari itu apabila ada kerusakan starter dinamo maka periksalah komponen lainnya yang sudah dijelaskan di atas.

Seperti itulah trik-trik dalam merawat dinamo starter baik itu pada mobil ataupun motor Sahabat. Pastikan bahwa Sahabat rajin mengecek komponen yang sudah dijelaskan tadi, agar dinamo starter Kamu dalam keadaan baik dan tahan lama.

Baca juga : Ini Dia 5 Antena Mobil Terbaik


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Pusing Saat Baca di Mobil? Ini Penyebabnya!

2020-12-11

Sahabat, pernah nggak sih kamu merasa pusing saat membaca buku di dalam mobil yang sedang dalam perjalanan? Bahkan, rasa-rasanya kamu ingin muntah saat pusing terus mela

thumbnail

Mengenal Apa Saja Spare Part Mobil yang Wajib Diganti Secara Rutin

2020-11-14

Setiap pemilik mobil memiliki kewajiban untuk merawat kendaraannya agar tetap prima, terutama jika Anda mengandalkannya untuk menunjang aktivitas harian.  

thumbnail

Cara Mengatasi Selang Radiator Mobil Bocor, Ini Penyebabnya!

2023-09-29

Mengetahui penyebab dan cara mengatasi selang radiator mobil bocor merupakan hal yang diperlukan. Selang radiator yang bocor tersebut dapat memicu risiko overheat se

thumbnail

Baterai Kendaraan Soak? Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

2021-01-14

Sebagai pemilik kendaraan roda empat, pastinya tidak ingin memiliki masalah terhadap kendaraan kesayangannya. Apalagi ketika kendaraan tak bisa distarter sebagaimana bia