Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Air Buangan AC Masuk ke Dalam Kabin

Otomotif

2021-12-10

air buangan ac masuk dalam kabin

Pernah mengalami air buangan AC masuk dalam kabin mobil, bila jawabannya iya maka Anda harus menyimak ulasan ini. Ulasan kali ini akan membahas detail mengenai penyebab air buangan ac rembes dan masuk ke dalam kabin.

Air yang berasal dari pembuangan AC jika mengalami rembes hingga masuk ke dalam kabin tentu akan sangat mengganggu. Selain terasa lembab, hal ini juga bisa mengganggu kesehatan orang yang ada di dalam mobil.

Penyebab Air Buangan AC Masuk Dalam Kabin

Air AC yang merembes hingga masuk ke dalam kabin merupakan pertanda ada masalah yang muncul pada AC. Sebagai pemilik mobil Anda tidak boleh mengabaikan hal ini. 

Mengapa, karena hal ini bisa mengakibatkan masalah yang serius. Anda perlu tahu bahwa AC yang air buangannya masuk dalam kabin artinya saluran pembuangan AC tersebut tersumbat.

Bila Anda terus membiarkannya maka evaporator AC akan berkarat dan menyebabkan kebocoran. AC yang mengalami kebocoran akan menimbulkan masalah lain. Masalah tersebut adalah kebocoran gas freon.

Nah, untuk menghindari munculnya masalah ini, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab dari air buangan dari AC bisa masuk ke dalam kabin. Lebih jelasnya simak paparannya berikut ini.

  • Adanya Sumbatan Dan Kebocoran pada Drain Hose AC Mobil

Penyebab pertama dari air buangan dari AC bisa masuk ke dalam kabin adalah bocornya drain hose AC. Adapun drain hose merupakan selang saluran pembuangan air AC dari evaporator ke luar kabin.

Nah, bila air pembuang masuk ke dalam kabin artinya ada yang tersumbat atau bocor pada drain hose ini. Agar masalah ini tidak muncul pada mobil Anda, lakukanlah maintenance AC mobil dengan rutin.

Salah satunya adalah dengan melakukan pembersihan pada drain hose AC mobil agar aliran air kembali lancar. Selain itu Anda juga bisa mengganti filter AC dengan rutin. Hal ini bisa membantu mengurangi tumpukan debu pada evaporator.

  • Sistem AC Sedang Mengalami Masalah 

Sebenarnya banyak sekali masalah yang bisa terjadi pada sistem AC. Salah satu akibat yang muncul karena masalah sistem ini adalah adanya pembekuan sehingga muncul bunga es pada pipa AC. 

Bunga es ini akan meningkatkan jumlah air AC yang harus keluar dari kabin. Saat jumlah air dari bunga es lebih banyak dari air yang harus keluar melalui drain hose maka AC akan bocor. Karena air keluar melalui box evaporator dan rembes di kabin.

Penyebab pembekuan pada AC biasanya adalah kurangnya volume freon atau banyak kotoran serta debu pada evaporator. 

Namun sebaiknya Anda mencari seorang teknisi AC mobil yang berpengalaman untuk mengetahui lebih jelas apa masalah pada AC mobil Anda.

  • Menggunakan AC Mobil Terus Menerus

Bila sedang menempuh perjalanan jauh biasanya AC mobil akan hidup terus menerus. Hal ini juga menyebabkan air buangan dari AC bisa masuk ke dalam kabin. Penyebabnya tak lain adalah adanya pengembunan secara terus menerus.

Karena proses pengembunan ini menyebabkan meningkatnya air pada evaporator sehingga air ac rembes masuk ke dalam kabin. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya Anda mematikan AC setiap 3-4 jam selama minimal setengah jam.

Dengan melakukan hal ini maka kandungan air dalam evaporator akan keluar dan mengering. Sehingga air tidak akan merembes lagi ke dalam kabin.

Untuk Anda yang memiliki tunggangan dengan brand Daihatsu, silakan menghubungi CS Daihatsu jika Anda membutuhkan bantuan layanan memperbaiki AC mobil. 

Baca Juga: Ac Mobil dan Cara Kerjanya

Demikianlah ulasan mengenai air buangan AC masuk dalam kabin. Bila Anda membutuhkan informasi lengkap atau layanan perbaikan AC mobil silakan mengunjungi website Daihatsu. Dapatkan detail perawatan lengkap untuk Daihatsu tercinta milik Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penggunaan Jalur di Jalan Tol, Mulai dari Lajur Kiri hingga Bahu Dalam

2021-12-10

Walau disebut sebagai jalan bebas hambatan, bukan berarti Sahabat bisa berkendara di sana secara serampangan. Selain ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi, jalan to

thumbnail

5 Penyebab Alternator Tidak Mengisi yang Perlu Pengendara Ketahui!

2021-12-10

Tidak sedikit pemilik kendaraan roda empat, mengabaikan perawatan berbagai komponennya. Padahal hal ini bisa menyebabkan kerusakan, terutama pada bagian alternator. Untu

thumbnail

Tips Untuk Pengemudi Saat Menjumpai Truk Kontainer Sedang Belok

2021-12-10

Ukuran truk kontainer yang besar dengan bobot sangat berat tentunya, pasti bisa membuat Anda merasa was-was. Terutama saat kendaraan ini bermanuver. Oleh karena itu, ketahui tips saat menjumpai tru

thumbnail

Tips Agar Karet Pintu Mobil Tahan Lama

2021-12-10

Berbagai komponen terutama pada mobil memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Salah satu komponen penting pada mobil yang ikut andil dan sering digunakan adalah kare