Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Hydroplaning Serta Cara Mengatasinya

Otomotif

2020-12-14

aquaplaning

Saat musim penghujan mulai melanda, seluruh pengguna kendaraan roda empat diharapkan agar lebih berhati hati. Hal ini dikarenakan kondisi permukaan jalan akan sering basah dan licin. 

Biasanya kondisi seperti itu disebut dengan aquaplaning. Berikut akan diulas bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Hydroplaning

Aquaplaning atau bisa disebut juga hydroplaning  adalah istilah yang menggambarkan keadaan di mana ban dari kendaraan roda empat akan mengambang diatas permukaan jalan karena tak mampu menepis genangan air. 

Apabila diibaratkan seakan akan kendaraan kesayangan Anda berjalan diatas permukaan air. Sehingga menyebabkan ban mobil kehilangan traksi penuh pada aspal.

Hal ini tentunya sangat rawan, mengingat banyak kecelakaan yang disebabkan mobil tergelincir karena tidak mampu mengendalikan lajunya di atas permukaan jalan yang licin. 

Namun, kondisi ini tidak hanya dikarenakan musim penghujan saja. Akan tetapi bisa terjadi sewaktu waktu ketika terdapat lapisan pemisah antara permukaan jalan dengan ban mobil.

Bagaimanapun itu kondisinya, ban mobil idealnya selalu menapak atau menyentuh permukaan jalan ketika dikendarai. Karena dengan begitu pengendara bisa memastikan mobil bisa dikendalikan dengan baik. 

Namun, ketika ban kendaraan kesayangan Anda mengalami aquaplaning, maka akselerasi, pengereman, serta manuver berbelok menjadi tidak efektif.

Lantas apa sajakah penyebabnya? Sebetulnya kondisi seperti ini dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya karena laju kecepatan kendaraan diatas rata rata padahal diatas permukaan jalan yang basah. 

Bila Anda memacu kendaraan terlalu kencang, maka secara otomatis daya angkat mobil akan semakin besar sehingga tekanan permukaan ban dengan air yang tergenang akan semakin sedikit.

Baca juga: Musim Hujan Tiba, Pastikan Kaca Mobil Tetap Jernih dengan Tips Ini

Penyebab lainnya yaitu bobot kendaraan yang lebih ringan. Lazimnya hal ini terjadi disebabkan Anda melajukan kendaraan dengan cepat. Semakin tinggi Anda memacu kendaraan, maka kendaraan yang tidak dibekali dengan desain aerodinamis yang bagus akan semakin mudah untuk mengangkat. 

Hal ini dapat membuat suatu kendaraan roda empat memiliki bobot yang lebih ringan daripada biasanya.

Tak hanya itu saja, apabila roda kendaraan Anda sudah tidak layak atau aus maka kondisi semacam ini tidak bisa dihindari lagi. Sebagaimana yang Anda ketahui, bahwa hydroplaning terjadi akibat ban mobil tidak mampu memecah genangan air di permukaan jalan secara sempurna. 

Oleh karena itu, dalam menghadapi kondisi seperti ini dibutuhkan ban mobil yang masih layak pakai. Bila Anda ingin menghindari kondisi seperti ini, maka ada baiknya untuk selalu memeriksa keadaan ban apakah masih bisa digunakan atau sudah aus. 

Desain yang melekat pada telapak ban mobil juga bisa mempengaruhi kendaraan mengalami kondisi satu ini di jalanan licin. Misalnya saja penggunaan telapak ban yang semi slick, tidak akan mampu menghadapi jalanan yang licin.

Jika semua komponen mobil Anda terutama ban dalam keadaan yang baik baik saja, namun masih mengalami kondisi satu ini, bisa saja penyebabnya yaitu genangan airnya yang cukup dalam. 

Hal ini menyebabkan terhalangnya ban kendaraan bersentuhan langsung dengan permukaan jalan sehingga menyebabkannya mudah tergelincir.

Baca juga: Lima Hal Yang Harus Dihindari Saat Mengemudi Dalam Kondisi Hujan

Cara Mengatasi Aquaplaning

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa aquaplaning atau hydroplaning adalah kondisi di mana ban mobil tidak bisa melakukan akselerasi dengan baik ketika di jalanan yang basah atau licin. 

Penyebab pertama kondisi ini bisa terjadi saat Anda memacu kendaraan pada kecepatan yang tinggi. Satu satunya cara mengatasinya yaitu dengan mengurangi sedikit kecepatan kala melintasi jalanan yang basah.

Biasanya kecepatan yang bisa Anda kendalikan ketika berada di permukaan jalanan basah, yaitu antara 40 hingga 60 km/jam. 

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya juga Anda untuk selalu memeriksa tekanan ban mobil. Pastikan bahwa tekanan udara di dalam ban mobil tidak kurang maupun lebih, demi memberikan kenyamanan ketika berkendara.

Jika saat memeriksa kendaraan Anda merasa ban mobil sudah aus atau sudah tidak layak untuk dipakai, maka bisa menggantinya menggunakan ban mobil yang baru. 

Usahakan pula ban kendaraan Anda tersebut memiliki kemampuan untuk memecah genangan air secara maksimal guna menghindari kejadian tergelincir atau yang lainnya.

Selama berkendara di jalanan basah atau licin, Anda pula bisa mengikuti jalur kendaraan yang berada di depan. Kendaraan yang meninggalkan bekas jalur tersebut mampu mereduksi jumlah air yang Anda lalui.

Meski begitu, Anda pun harus tetap menjaga jarak aman tiap kendaraan untuk mengantisipasi jika kendaraan di depan berhenti secara tiba tiba.

Tapi bagaimana caranya mengatasi jika berada terjebak dalam kondisi hydroplaning? Saat Anda berada dalam kondisi seperti ini, usahakan untuk tidak menginjak rem secara mendadak. 

Hal tersebut dapat mengakibatkan kendaraan Anda akan terkunci dan bisa dengan mudah tergelincir. Selain itu, usahakan pula untuk mengurangi tekanan pedal gas agar kendaraan melambat.

Mengendarai kendaraan roda empat, tidak hanya sekedar menaikinya semata Anda pula diharapkan harus siap siaga ketika berada di dalam kondisi yang tidak diinginkan. 

Salah satunya saat jalanan basah dan licin, sehingga mengharuskan Anda untuk menjadi lebih waspada. Namun sebenarnya kondisi ban tergelincir tidak hanya karena jalan licin saja, tetapi terdapat faktor lainnya yang harus Anda pahami.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ciri-Ciri Kabel Busi Bocor dan Cara Mengatasinya

2023-11-22

Kabel busi mobil bocor merupakan permasalahan yang kerap kali tidak disadari oleh pemilik mobil. Bahkan terkadang dianggap remeh, padahal kebocoran tersebut dapat me

thumbnail

Mengulas Cara Kerja Rem ABS pada Mobil Secara Detail

2021-01-14

Rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mengendalikan laju kendaraan roda empat. Maka dari itu, banyak perusa

thumbnail

Efek Buruk Mengurangi Tekanan Angin Ban Mobil

2021-10-28

Kenyamanan dan keamanan saat berkendara merupakan hal yang sangat penting. Seperti misalnya keadaan tekanan angin ban mobil yang sesuai dan tidak dalam kondisi yang diku

thumbnail

Inilah 5 Fungsi Piston Mobil dan Cara Merawatnya

2024-01-31

Fungsi piston mobil sangat berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Sebab piston merupakan salah satu komponen pada blok silinder mesin yang mempeng