Logo Daihatsu
Menu

Musim Hujan Tiba, Pastikan Kaca Mobil Tetap Jernih dengan Tips Ini

Tips & Trick

2020-09-15

musim hujan

Indonesia sudah memasuki musim pancaroba dimana curah hujan sedang tinggi-tingginya. Hampir seluruh wilayah Indonesia terguyur hujar. Bila hujan turun dengan intensitas tinggi pastinya salah satu persoalan yang akan ditemui saat berkendara menembus hujan adalah berkurangnya jarak pandang dikarenakan oleh rapatnya curah hujan yang menyiram kaca depan.

Kondisi ini memang tidak bisa dielakkan, namun setidaknya terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk menyiasati berkurangnya pandangan kita saat mengemudi. Bagaimana cara menyiasatinya? berikut tips yang bisa Anda aplikasikan untuk memastikan padangan mobil terlihat jelas meskipun sedang menembus hujan yang intensitasnya sangat tinggi.

1. Pastikan Kaca Jendela Mobil Terbebas Jamur

Jamur seringkali membuat kaca jendela tak lagi jelas, bahkan ketika mobilnya sudah terguyur hujan deras. Tidak ada cara lain selain membersihkan atau mencegah agar jamur tak menempel didepan kaca jendela. Cara yang dilakukan bisa dengan menggunakan obat pembersih jamur khusus atau dengan cara alternatif murah meriah semisal obat pembersih kaca akuarium. Bersihkan jendela mobil setidaknya sepekan sekali, bisa lebih sering jika setiap hari mobil terguyur hujan. 

2. Menjaga Kekenyalan Karet Wiper

Jangan sampai karet wiper berbunyi nyaring karena terlalu melekat di kaca, atau sebaliknya tak mampu menghalau aliran air hujan dari atap ke jendela karena terlalu longggar. Jaga selalu kekenyalannya agar berfungsi maksimal.Tentunya ini bersifat pencegahan, caranya sangat mudah  dengan mengoleskan cuka dengan campuran air 1 : 1. Bisa juga dengan cara mengoleskan silikon cair khusus karet wiper. Tindakan ini sifatnya preventif dan dapat memperpanjang usia karet wiper.

3. Pastikan Resvoir Wiper Tetap Terisi

Isi dengan air bersih menjadi cara paling dasar. Cara yang lebih baik lagi adalah menuangkan cairan yang khusus dirancang untuk peranti ini. Cairan tambahan untuk wiper ini cukup banyak tersedia di pasaran dan harganya pun relatif terjangkau. Namun apabila kepepet , bisa menggunakan alternatif murah meriah yakni dengan mencampurkan sedikit air dengan sabun.

4. Mengoleskan Cairan Rain Repellent

Sering merasa pandangan terganggu padahal kaca jendela sering dibersihkan? mungkin ada yang salah dengan bagian kacamu yang membutuhkan sedikit pelumas, bukankah kaca yang berish  tentunya membuat pandangan lebih terang? So, untuk membuat kaca depanmu kembali kinclong gunakan rain repellen, biasanya  ditawarkan di pasar dengan harga kisaran Rp 40-150 ribuan. Murah bukan?


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kenali 10 Gejala Transmisi yang Bermasalah agar Terhindar dari Kerusakan Parah

2021-04-09

Transmisi menjadi bagian yang begitu penting untuk kendaraan bermotor, terutama mobil. Hal ini dikarenakan transmisi menjadi penyalur tenaga dari mesin menuju roda sehin

thumbnail

10 Cara Menjadi Orang Sukses dari Nol

2020-12-08

Orang sukses adalah orang yang berhasil mewujudkan mimpi dan rencana hidupnya, sehingga menjadi manfaat bagi orang banyak. Menjadi orang sukses memang d

thumbnail

3 Arti Warna pada Lampu Lalu Lintas, Ini Penjelasannya!

2022-10-17

Ketika berada di persimpangan jalan, pasti Anda pernah bertanya-tanya mengapa lampu lalu lintas berwarna merah, kuning, dan hijau? Mengapa tidak menggunakan warna la

thumbnail

Hilangkan Bintik dan Noda pada Spion dengan 4 Cara Ini

2020-08-22

Seperti halnya body mobil yang selalu kamu usahakan nampak kinclong, spion mobil juga sudah seharusnya terawat. Jika tampilan kaca spion kotor akan mengganggu pandangan,