Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Piringan Cakram Mobil Tidak Rata dan Cara Mendeteksinya Secara Dini

Otomotif

2022-03-03

pringan cakram

Jika Anda mulai merasakan pedal rem Anda terasa bergetar secara tidak wajar tiap diinjak atau kekuatan pengeremannya menjadi tidak langsung membuat mobil berhenti seperti biasa, berhati-hatilah. Mungkin saja ini adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan cakram rem Anda.

Penyebab Piringan Cakram Mobil Tidak Rata

Salah satu, penyebab yang bisa menimbulkan getaran tidak wajar dan kemampuan pengereman yang berkurang pada pedal rem adalah karena permukaan piringan cakram mobil yang tidak rata alias bergelombang. Inilah yang menimbulkan getaran yang tidak wajar pada pedal rem jika diinjak.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan piringan cakram mobil ini menjadi tidak rata, seperti:

  • Kotoran yang menumpuk dan melekat di bagian permukaan cakram dan merusak permukaan cakram tiap kali pengereman dilakukan
  • Cakram mobil yang sudah aus karena usia yang sudah tua
  • Kualitas kanvas rem yang buruk dan terbuat dari bahan yang terlalu keras. Ini bisa membuat kanvas jadi menjepit cakram dan merusak permukaannya tiap kali pengemudi mengerem mobil

Dampak Berbahaya Piringan Cakram Mobil yang Tidak Rata

Jika dibiarkan, piringan cakram mobil yang tidak rata bisa menimbulkan banyak masalah yang bisa membahayakan keselamatan berkendara, seperti:

  1. Meningkatkan risiko rem terkunci secara tiba-tiba
  2. Membuat kanvas rem lebih cepat aus
  3. Membuat caliper piston bocor dan menyebabkan rem jadi tidak pakem
  4. Membuat minyak rem jadi lebih cepat habis

Cara Mengatasi Piringan Cakram Mobil yang Tidak Rata

Pengereman adalah salah satu faktor yang paling penting dalam keselamatan berkendara. Cakram rem mobil yang bergelombang atau tidak rata bisa membuat daya pengereman mobil jadi berkurang, dan ini bisa membahayakan keselamatan pengemudi dan semua penumpang.

Seiring berjalannya waktu dan penggunaan, cakram rem memang akan perlu diganti, salah satu cirinya adalah ketika cakram sudah mulai tipis. Tapi bagaimana kalau cakram rem masih tebal dan belum terlalu lama digunakan, tapi permukaannya sudah tidak rata?

Baca Juga:  3 Cara Menyetel Rem Cakram Mobil yang Harus Diketahui

Untuk mengatasi masalah ini, ada satu solusi hemat biaya yang bisa Anda coba, yaitu membubut permukaan cakram mobil sampai kembali rata dan tidak menimbulkan getaran yang tidak wajar pada pedal rem setiap kali diinjak.

Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya setiap model cakram mobil bisa dibubut asalkan masih dalam batas toleransi ketebalan tertentu. Menggunakan mesin bubut ini adalah salah satu solusi yang paling efisien yang bisa Anda coba. Biayanya murah, dan pengerjaannya juga mudah karena tidak perlu sampai melepas cakram mobil.

Selain membubut cakram, Anda juga bisa menggunakan solusi lain yang harganya akan sedikit lebih mahal, yaitu dengan mengganti cakram yang tidak rata itu dengan cakram yang baru. Harga untuk tiap tipe cakram rem bisa beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Mencegah Kerusakan Piringan Cakram Mobil Dengan Melakukan Servis Rutin

Cara yang paling ampuh supaya Anda tidak perlu repot-repot membubut atau mengganti cakram mobil, adalah dengan mencegah kerusakan piringan cakram mobil sejak awal. Servis rutin yang sesuai jadwal akan bisa membantu memaksimalkan usia penggunaan cakram mobil Anda.

Untuk Anda pengguna setia Daihatsu, ada program layanan Daihatsu We Care yang semakin memudahkan Anda untuk melakukan servis mobil secara rutin. Sekarang Anda bisa melakukan servis lebih mudah dengan sistem booking service, mobile service, ditambah garansi servis yang super cepat. Informasi lebih lengkapnya bisa Anda dapatkan disini. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah yang Menjadi Penyebab Mobil Terbakar

2022-03-03

Mobil terbakar tidaklah terjadi begitu saja. Pasti ada berbagai penyebab yang melatarbelakanginya. Oleh karena itulah, mengetahui penyebab mobil terbakar adalah penting adanya.Untungnya, dis

thumbnail

Efek Negatif Modifikasi Ganti Setir Mobil

2022-03-03

Sebagai pemilik kendaraan, Anda pasti memiliki keinginan untuk memperindah tampilan kendaraan sesuai dengan keinginan hati. Tidak sedikit orang yang suka mempercantik ke

thumbnail

Transmisi CVT Mobil: Pergerakan yang Smooth hingga Irit BBM

2022-03-03

Continuous Variable Transmission atau CVT adalah satu dari empat jenis transmisi matik pada mobil. Tiga lainnya adalah hydraulic automatic transmission, dual clutch tran

thumbnail

3 Cara Menghitung Pajak Mobil serta Dendanya

2022-03-03

Seperti halnya properti lain, mobil juga ada pajaknya, lho! Namun, besaran pajak tiap kendaraan pasti berbeda-beda. Nah, berikut ini telah kami sajikan cara menghitung pajak kendaraan mobil baru, b