Logo Daihatsu
Menu

3 Cara Menyetel Rem Cakram Mobil yang Harus Diketahui

Otomotif

2021-01-04

cara menyetel rem cakram mobil

Rem berfungsi untuk menurunkan laju kendaraan, sehingga jelas bahwa kepakeman dari peranti ini harus terjaga. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, berikut cara menyetel rem cakram mobil yang bisa Anda lakukan.

1. Persiapan Alat dan Bahan 

Jika ingin melakukan penyetelan sendiri, maka pastikan Anda punya semua peralatan. Anda memerlukan sebuah dongkrak untuk mengakses bagian rem cakram

Kemudian sediakan kunci stang rachet atau kunci 12 shock, begitu juga dengan kunci 21 untuk roda beserta dengan baut 12mm 2 buah. Sediakan juga pasta anti karat dan obeng minus.  

2. Pembukaan Komponen Rem 

Apabila semua peralatan sudah tersedia, berlanjut pada tahap pembukaan rem tromol. Yang harus Anda lakukan adalah kendorkan mur roda yang remnya ingin disetel, lalu dongkrak bagian bawah mobil. 

Setelah posisi roda dan bodi mobil tidak menyentuh tanah, Anda bisa membuka mur dan roda yang akan disetel.

Cara menyetel rem cakram mobil berlanjut dengan menurunkan atau menonaktifkan rem tangan. Dalam kondisi aktif, putar rem tromol sambil disemprot dengan cairan anti karat dari celah mur pada hub dan roda. 

Di daerah ini, biasanya terdapat karat yang membuat efisiensi rem berkurang. Tunggu hingga cairan terserap dalam cela. 

Setelah 2 sampai tiga menit, masukkan baut 12 mm pada lubang yang tersedia dan eratkan menggunakan kunci 12. Apabila baut sudah terpasang, 

Anda harus melepaskan bagian tromol terlebih dahulu. Kemudian, melepaskan baut 12 mm yang sudah terpasang tadi, guna mengeluarkan brake drum yang tersembunyi. 

Baca juga: Panduan Membaca Tabel Ukuran Baut Dan Kuncinya Lengkap

3.  Penyetelan  

Saat brake drum dan rem tromol terlepas, disinilah Anda bisa melanjutkan proses penyetelan rem. Hal pertama yang harus Anda cek adalah kondisi ketebalan kampas rem. 

Pastikan ketebalannya lebih dari 2 mm, jika tidak, Anda harus segera menggantinya. Cara menyetel rem cakram mobil dilanjut dengan setting brake shoe

Di sini, Anda harus menggunakan obeng minus untuk memutar ke arah bagian atas setting gear. Hitung hingga Anda mendengar 5 sampai 10 suara klik, untuk membuat brake shoe mengembang. Apabila Anda sudah melakukan pergantian kampas, maka pasang kembali drum brake dan bagian tromol pada lokasi semula. 

Pastikan kedua peranti ini bisa terpasang dengan baik. Tromol bisa keluar dan masuk dengan mudah, dan tidak ada halangan. Jika peranti ini sulit untuk dipasang, maka penyetelan klik pada setting gear terlalu banyak. 

Kurangi putaran tersebut dengan memutar gigi penyetel ke arah sebaliknya. Satu atau dua klik mungkin cukup. 

Kemudian, rem cakram mobil bisa dilanjut dengan memasang drum brake. Pastikan perputaran drum brake tidak terganggu, jika tidak maka kurangi putaran lagi. 

Terakhir adalah memasang semua mur roda dan eratkan. Naikkan lagi rem tangan dan pastikan terdengar 6–7 kali suara klik dan selesai. 

Itulah tahap untuk setting rem cakram dalam keadaan baik. Penyetelan dan perawatan pada komponen ini akan berpengaruh besar pada kekuatan rem. 

Baca juga: Mengungkap Perbedaan Rem Cakram dan Rem Tromol


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

15 Nama Alat-Alat Ukur Bengkel Otomotif dan Fungsinya

2023-01-10

Mengetahui alat-alat otomotif yang digunakan mekanik di bengkel beserta fungsinya sangatlah diperlukan. Bahkan beberapa

thumbnail

Penyebab Stang Piston Mobil Bisa Bengkok

2022-04-12

Stang piston atau disebut dengan connecting rod pada setiap kendaraan memiliki fungsi yang penting. Memiliki fungsi sebagai lengan untuk mengubah gaya naik turun

thumbnail

Pajak Mobil Mewah di Indonesia 2023, Tarif & Perhitungannya

2023-01-17

Sahabat berniatan ingin membeli mobil mewah? Sudah tahu pajak mobil mewah di Indonesia belum? Nah, jika belum ada baiknya untuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini, ya! Punya mobil mewah mer

thumbnail

Cara Membuat Dudukan Ban Serep pada Mobil dengan Mudah

2023-01-02

Masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuat dudukan ban serep pada mobil. Padahal ban serep ini penting digunakan. Apalagi ketika Anda sedang melakukan per