Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Piston Mobil Diesel Baret

Otomotif

2022-06-23

Piston Mobil Diesel Baret

Sebagai pemilik mobil diesel, tentu Anda harus memperhatikan berbagai komponennya agar tetap terawat dan bekerja dengan baik. Bahkan kesalahan-kesalahan dalam perawatan mobil bisa juga menyebabkan terjadinya piston mobil diesel baret yang tak terduga.

Kondisi ini nantinya juga bisa menyebabkan kerusakan atau penurunan performa mobil Anda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan piston mobil diesel baret untuk menjaga kualitas mesin mobil dieselnya..

Apa Saja Penyebab Piston Mobil Diesel Baret?

Piston mobil diesel tentu tidak luput dari baret. Kondisi ini ternyata bisa menyebabkan tenaga mesin mobil Anda terganggu. Hal ini bisa terjadi pada mesin standar maupun yang sudah di upgrade. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Berikut penyebab piston mobil diesel baret :

1.   Telat ganti oli mesin

Penyebab pertama yang sering diabaikan oleh pemilik mobil diesel hingga menyebabkan piston mesin diesel baret adalah terlambat untuk ganti oli mesin. Interval penggantian oli mesin yang telat bisa menyebabkan pelumasan ke komponen piston dan dinding liner terganggu.

Jika dibiarkan terus-menerus menggunakan oli mesin yang kualitasnya sudah turun, tentu akan membuat piston pada mesin mobil diesel baret. Hal ini karena dinding piston dan liner tidak terlumasi dengan baik.

Jadi, sebelum masalah ini terjadi, coba Anda perhatikan interval jadwal penggantian oli mesin mobil Anda terlebih dahulu.

2.       Sistem pendingin mesin bermasalah

Penyebab kedua adalah panas berlebih pada mesin mobil diesel. Pendingin mesin diesel yang bermasalah inilah yang bisa membuat temperatur silinder menjadi tinggi.

Gesekan piston dengan liner nantinya dapat membuat suhu mesin tinggi sehingga piston bisa meleleh. Jika dibiarkan, lama-kelamaan bisa membuat piston dan liner baret. Maka, penting untuk rutin memeriksa sistem pendingin secara berkala.

3. Boost turbo terlalu tinggi

Boost turbo yang terlalu tinggi juga bisa menjadi salah satu penyebab piston mesin diesel baret.

Pada kondisi mesin standar, boost turbo yang melebihi 3 bar atau 43 Psi dapat membuat piston tidak tahan karena tekanan turbo terlalu tinggi. Hal ini bisa membuat piston menjadi sangat panas dan akhirnya bisa baret.

Untuk itu, sebagaimana standarnya, pastikan boost turbo mesin diesel mobil Anda sesuai dengan standarnya, yaitu 1,6 Bar atau 20 Psi saja.

4. Usia mesin

Untuk menghindari piston mesin mobil diesel baret, Anda juga perlu mengenali usia mesin pada mobil Anda. Bisa jadi hal ini menjadi salah satu penyebabnya.

Komponen mesin yang bergerak dan bergesekan satu sama lain dalam jangka waktu yang lama tentu menimbulkan keausan pada piston mobil And.

5. Penyetelan katup yang tidak sesuai

Penyebab selanjutnya adalah penyetelan katup yang tidak sesuai. Penyetelan yang tidak tepat ini bisa menimbulkan berbagai permasalahan, seperti tumbuhan antara katup dengan piston.

Hal ini terjadi apabila katup dalam keadaan bekerja tapi tetap dilakukan penyetelan sehingga menyebabkan pembukaan katup terlalu panjang. Akibatnya dapat terjadi kerusakan seperti batang piston bengkok, piston baret, berlubang atau lainnya.

Cara Menjaga Piston Mesin Diesel agar Tidak Mudah Rusak

Dari berbagai penyebab yang bisa menimbulkan baret hingga kerusakan yang parah pada piston di atas, tentu Anda bisa lebih waspada untuk merawat piston pada mobil Anda.

Baca juga: Cara Mencegah Piston Kaliper Rem Macet

Nah berikut adalah cara menjaga piston mesin mobil :

  • Pertama, pastikan Anda tetap rutin mengganti oli sesuai dengan jenis oli mobil Anda
  • Pastikan perawatan mesin dan service ringan secara berkala, mulai dari penyetelan klep dan lainnya
  • Tetap menjaga keorisinilan mesin kendaraan tanpa memodifikasinya
  • Gunakanlah sparepart yang sesuai dengan standar pabrikan mobil diesel Anda

Nah, berbagai perawatan di atas dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya piston mesin diesel baret. Tentu saja Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih besar jika terjadi kerusakan hingga turun mesin.

Untuk kebutuhan sparepart mobil Daihatsu Anda, pastikan Anda mendapatkannya melalui kami di bengkel resmi Daihatsu yang ada di kota Anda. Yuk, dapatkan sparepart resmi mobil Daihatsu kesayangan Anda di sini!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

Fungsi Minyak Atsiri untuk BBM, Bisa Menghemat Penggunaan Hingga 50%

2022-06-23

Minyak atsiri adalah salah satu minyak nabati yang belakangan ini banyak diperbincangkan. Hal tersebut dikarenakan salah satu fungsi minyak atsiri untuk BBM adalah mengh

thumbnail
New

4 Penyebab Power Steering Menjadi Berat

2022-06-23

Ada saat tertentu di mana terkadang setir mobil terasa berat dan begitu kaku ketika digerakkan. Terdapat begitu banyak penyebab dari permasalahan mobil tersebut. 

thumbnail
New

Kendaraan Ogah Jalan? Ini Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk

2022-06-23

Tatkala mengemudikan kendaraan, pastinya kondisi gigi persneling mobil akan masuk. Namun bagaimana jika kondisi persneling tidak bisa masuk? Tentunya akan hal ini nantin

thumbnail
New

Mengintip Fungsi Charcoal Canister Dan Cara Kerjanya

2022-06-23

Charcoal canister merupakan salah satu komponen mobil yang berkaitan erat dengan bensin. Agar mesin kendaraan roda empat Anda bisa melaju, maka bensin terlebih da