Logo Daihatsu
Menu

Cara Mencegah Piston Kaliper Rem Macet

Otomotif

2022-05-22

piston kaliper rem macet

Kendaraan yang memiliki rem kurang pakem pastinya akan sangat membahayakan. Rem yang tidak berfungsi secara optimal bisa saja menyebabkan kecelakan yang tentunya sangatlah berbahaya. Untuk itu Anda harus selalu rutin melakukan pengecekan dan perawatan komponen pengereman pada kendaraan Anda.

Piston kaliper rem macet ini bisa saja membuat rem kendaraan Anda tidak lagi berfungsi. Umumnya piston rem yang mengalami kemacetan bisa dipengaruhi beberapa faktor. Mulai dari piston rem yang berkarat, terdapat debu dan kotoran hingga kampas rem yang tidak sesuai spesifikasi.

Lakukan Hal Ini untuk Mencegah Piston Kaliper Rem Macet

Berbagai kemungkinan penyebab piston kaliper rem macet memang bisa saja terjad pada mobil Anda. hal yang penting adalah bagaimana cara mencegah agar piston kaliber rem pada mobil Anda tidak mengalami kemacetan.

Kini Anda tidak perlu lagi merasa cemas. Terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan pada piston kaliper rem. Apa saja cara langkah yang harus dilakukan? Simaklah ulasan yang ada di bawah ini.

Bersihkan Area Piston Rem

Penyebab dari piston kaliper rem yang macet dikarenakan adanya debu menempel atau terdapat karat pada bagian pistonnya. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sudah pasti Anda harus rajin membersihkan bagian piston tersebut agar tidak ada lagi debu dan kotoran yang menempel dan dapat menghambat kinerjanya.

Lakukan perawatan dengan cara melepas kampas rem terlebih dahulu, dengan melepas baut L yang mengunci pada bagian kampas rem. Jika sudah terlepas, Anda akan melihat piston kaliper dan keluarkan bagian tersebut dengan ditarik menggunakan tang atau memompa handle rem.

Anda bisa membersihkan area kaliper rem dengan cara menggunakan kain yang bersih. pastikan untuk memilih kain dengan tekstur yang tidak terlalu kasa dan juga memiliki daya serap bagus. jika sudah begitu, maka kotoran dan debu dapat langsung menempel pada permukaan kain. Nantinya bagian piston bisa kembali bersih terhindar dari debu dan kotoran.

Perhatian juga pada area sekitar piston pada saat membersihkan bagian tersebut. Termasuk juga pada bagian hasket yang memiliki fungsi mencegah rem bocor ke silinder piston. Apabila segelnya mengalami kerusakan, maka dapat berpotensi mengganggu pergerakan piston pada mobil Anda.

Jika  terdapat bagian piston yang berkarat, maka bersihkan bagian karat tersebut menggunakan sikat kawat. Saat semua karat sudah menghilang, Anda bisa membersihkan piston dengan bensin dan merakitnya kembali.

Cek Kondisi Minyak Rem

Piston kaliper rem macet juga bisa disebabkan karena kurangnya minyak rem. Selalu cek secara berkala untuk memastikan pasokan minyak rem yang mencukupi kebutuhan. Anda bisa menekan tuas rem dan kaliper bisa langsung terlepas. Anda bisa mengecek kondisi minyak rem saat membongkar bagian tersebut.

Saat piston sudah keluar, Anda bisa memasukkan kembali dengan bantuan tuas. Lakukan hal ini secara berulang kali untuk memastikan gerakan piston lebih ringan dan tidak lagi macet.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah piston kaliper rem macet. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan minyak rem secara berkala dan bersihkan dari segala debu dan kotoran yang menempel. Jika perawatan ini dilakukan secara rutin, sudah pasti piston kaliper rem pada mobil Anda tidak lagi mengalami kemacetan.

Anda bisa mendapatkan informasi menarik dan terupdate secara berkala lainnya di pranala resmi Daihatsu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.


Tag

Otomotif

Share This