Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Speaker Home Audio Tidak Bisa Digunakan untuk Audio Mobil

Otomotif

2022-05-27

Speaker Home Audio untuk Audio Mobil

Ketika mengendarai sebuah mobil, maka kenyamanan adalah salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan. Bukan hanya tentang kondisi badan mobil, tapi juga suasana yang mendukung kenyamanan dalam berkendara.

Salah satu pendukung kenyamanan dalam berkendara adalah dengan mendengarkan lagu untuk membangun suasana yang menyenangkan. Lalu bagaimana jika kita tidak bisa menggunakan speaker home audio untuk audio mobil? Simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Speaker Home Audio Tidak Bisa Digunakan untuk Audio Mobil

Jika Anda pernah berpikir untuk menggunakan speaker home audio untuk audio mobil, maka sebaiknya baca sampai selesai penjelasan dalam artikel ini.

Karena terdapat beberapa alasan mengapa speaker home audio tidak bisa digunakan untuk audio mobil.

Fungsi yang Berbeda

Alasan pertama mengapa speaker home audio tidak bisa digunakan untuk audio mobil adalah karena dua benda tersebut memang diciptakan untuk fungsi yang berbeda.

Speaker home audio dirancang untuk ditempatkan pada ruangan yang luas dengan posisi statis. Dengan kata lain speaker home audio bisa berfungsi dengan baik jika diletakkan pada tempat yang tidak banyak bergerak.

Sebaliknya untuk speaker audio mobil, fungsi utamanya adalah untuk bisa memberikan suara serta tahan dalam kondisi penuh guncangan. Oleh sebab itu speaker untuk audio mobil dirancang dengan bahan yang tebal agar bisa berfungsi secara maksimal.

Material yang Berbeda

Alasan selanjutnya mengapa speaker home audio tidak bisa digunakan untuk audio mobil adalah karena adanya perbedaan material dalam penyusunannya.

Meskipun sama-sama memiliki struktur yang mirip, namun speaker home audio menggunakan material keramik sebagai conusnya. Sementara speaker untuk audio mobil tidak menggunakan keramik sebagai conusnya.

Bisa Cepat Rusak

Lantas apa akibatnya jika Anda memasang speaker home audio untuk audio mobil? Maka akibatnya adalah speaker bisa cepat rusak.

Bahan keramik dalam speaker home audio yang dipasang di mobil bisa menyebabkan keretakan. Sehingga struktur penyusunnya sudah retak dan fungsinya pun tidak bisa maksimal.

Tips Memilih Speaker untuk Audio Mobil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu faktor kenyamanan dalam berkendara adalah suasana yang nyaman di dalam mobil. Oleh sebab itu dibutuhkan perangkat dengan kualitas terbaik untuk menciptakan suasana nyaman di dalam mobil.

Speaker yang berfungsi untuk menghasilkan audio dalam mobil bisa menjadi salah satu benda penting yang diperlukan. Sehingga dibutuhkan speaker yang berkualitas untuk bisa memberikan kenyamanan bagi pengendara.

Berikut akan kami bagikan tips-tips dalam memilih speaker untuk audio mobil.

Pilih Speaker Tipe Coaxial

Bagi Anda yang ingin mendengarkan suara yang terdengar menyatu, maka bisa memilih speaker tipe coaxial. Speaker tipe coaxial ini akan memberikan sensasi suara yang lembut dan menyatu di dalam mobil.

Pilih antara Speaker Tipe 2-Way atau 3-Way

Pilihan terakhir ini menjadi salah satu rekomendasi bagi Anda yang memang memperhatikan detail speaker audio untuk mobil. Daripada menggunakan speaker home audio untuk audio mobil, maka ada pilihan untuk tipe 2-way atau 3-way.

Tipe 2-way merupakan jenis yang paling banyak digunakan untuk audio mobil. Kerangka yang sederhana menjadi salah satu alasan utama mengapa tipe 2-way banyak digunakan sebagai speaker audio mobil.

Namun jika Anda merasa kurang puas dengan sensasi suara yang dihasilkan speaker tipe 2-way, maka bisa memilih tipe 3-way untuk mendapatkan suara lebih kencang dan menggelegar.

Mengapa Harus Memilih Daihatsu?

Daihatsu, sudah jelas bukan bahwa speaker home audio memang tidak diperuntukkan untuk audio mobil. Speaker home audio dirancang untuk ditempatkan pada ruangan dengan jangkauan luas dan statis.

Sementara speaker audio mobil dirancang untuk ditempatkan pada badan mobil dengan bahan lebih tebal dan material yang tahan guncangan.

Baca Juga:  Tips Ganti Speaker Mobil Hemat Biaya

Alasan mengapa speaker home audio tidak bisa digunakan untuk audio mobil antara lain perbedaan fungsi, material, juga bisa menyebabkan kerusakan pada speaker.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar speaker home audio untuk audio mobil, maka solusinya adalah Anda bisa kunjungi daihatsu.co.id atau menanyakannya langsung melalui Daihatsu Access.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

Mengenal Subwoofer Mobil, Jenis, dan Tips Memilihnya

2022-05-27

Subwoofer mobil adalah perangkat audio tambahan yang berfungsi untuk pengeras suara berfrekuensi rendah (bass). Umumnya, subwoofer mobil ditaruh di bagasi. Namun, ada be

thumbnail
New

Tips Memperbaiki Karter Oli Mesin Mobil yang Bocor

2022-05-27

Sebelum menggunakan mobil, pastikan Anda memeriksa kondisi mobilnya. Terutama pada bagian pelumasan oli. Perlu Anda ketahui bahwa karter oli pada mesin mobil rawan menga

thumbnail
New

Cara Membuat Bemper Mobil Sendiri

2022-05-27

Jika Sahabat ingin memiliki mobil dengan bemper sesuai selera, melakukan cara membuat

thumbnail
New

Yuk, Intip Bagaimana Cara Setting Idle Up AC Mobil Injeksi dengan Benar

2022-05-27

Sistem idle up pada mobil berguna untuk menaikkan putaran mesin saat beban kelistrikan dan beban mesin naik, di mana Idle sendiri merupakan bagian yang menunjukka