Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Ganti Speaker Mobil Hemat Biaya
30 Desember 2021
tips ganti speaker mobil

Dewasa ini, tips ganti speaker mobil masih menjadi primadona di kalangan pecinta mobil. Pasalnya, speaker termasuk salah satu piranti multimedia di dalam mobil yang mempunyai peran penting.

Kehadiran speaker yang berfungsi sebagai pengeras suara benar-benar mampu memberikan nuansa berbeda bagi pengendara dan penumpangnya. Sayangnya, terkadang pabrikan membekali speaker standar dan kurang memuaskan.

Tips Ganti Speaker Mobil Murah

Oleh karena itu, tidak sedikit pemilik mobil yang tertarik untuk melakukan modifikasi pada bagian perangkat audio, termasuk speaker. Tenang, Anda bisa menerapkan tips di bawah ini untuk mengganti speaker dengan budget tipis:

Kenali Tipe Speaker

Ada dua kategori utama yang membedakan tipe speaker mobil, yakni tipe full range dan komponen. Pada full range, semua elemen speaker berada di dalam satu keranjang yang bisa Anda ganti sesuai ukuran pada mobil.

Berbeda dengan tipe komponen yang menerapkan desain speaker non superior untuk memberikan suara jernih dan terbaik. Anda bisa memadu-padankan setiap komponen secara suka-suka, karena saling melengkapi.

Lakukan Pengukuran Speaker

Sebelum membeli speaker yang baru, Anda perlu melakukan pengukuran serta mengetahui konfigurasinya. Bila cukup awam tentang hal ini, Anda bisa datang ke toko aksesori mobil untuk meminta bantuan.

Berbekal kedua hal tersebut, Anda bisa memesan speaker yang sesuai dengan tata letaknya di dalam mobil. Keuntungannya, Anda tidak perlu lagi mengubah dudukan speaker, sehingga lebih hemat biaya.

Pelajari Material Speaker

Usut punya usut, ternyata bahan pembuat speaker mobil pun bermacam-macam. Ada yang terbuat dari material poly, metal, wood, maupun kevlar. Setiap bahan tentu saja memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing.

Sebelum membeli, alangkah lebih baik bila Anda mencari informasi selengkapnya terlebih dahulu. Sebab, bahan pembuat speaker akan memengaruhi harga jual serta pemasangannya pada mobil.

Selain itu, material pembuatan speaker sedikit banyak juga akan memengaruhi kualitas suara yang dihasilkannya. Semakin bagus material pembuatannya, tentu saja suara yang dihasilkan juga akan lebih berkualitas.

Mempelajari Sensitivitas Speaker

Sedikit berbeda dengan ketiga hal di atas, sensitivitas pada speaker akan memengaruhi sumber daya yang diperlukan. Ingat, pilihlah produk yang memang benar-benar sesuai dengan kondisi mobil.

Jangan memilih speaker yang tingkat sensitivitasnya melebihi daya mobil, karena bisa berakibat fatal pada sistem kelistrikan dan aki. Jangan terkecoh dengan tawaran suara berkualitas, tetapi tidak sesuai dengan spesifikasi mobil.

Siapkan Komponen dan Peralatan

Setelah mendapatkan speaker yang diinginkan, Anda bisa mulai mempersiapkan peralatannya, seperti bor, obeng, alat sorder, tang, dan lain-lain. Jangan sampai ada yang kurang, agar proses pemasangan tidak terhambat.

Lakukan Penggantian Speaker

Apabila semuanya sudah siap, Anda bisa mulai melepas speaker lama satu per satu. Awas, pada konektor frame speaker terdapat dua terminal, yakni negatif dan positif. Pastikan Anda tetap mengingatnya, agar saat proses penyambungan tidak terbalik.

Masukkan speaker baru pada slot yang tersedia, lanjutkan dengan melakukan konfigurasi. Selesai, kini speaker baru sudah terpasang pada mobil kesayangan Anda. Silakan nyalakan musik untuk mengecek keberhasilan pemasangan.

Cara pemasangan ini berlaku apabila speaker pengganti sama dengan jenis yang lama, terutama dari segi ukuran. Anda bisa menerapkannya sendiri di rumah untuk menghemat biaya.

Namun, jika Anda berniat untuk modifikasi sistem audio secara menyeluruh, sebaiknya serahkan saja sama tim yang berpengalaman. Pasalnya, pengubahan dudukan speaker dan sistem kelistrikan tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Silakan kunjungi website Daihatsu untuk mencari tahu informasi mengenai serba-serbi perawatan dan modifikasi, termasuk tips ganti speaker mobil. Tertarik untuk melakukan modifikasi dalam waktu dekat?

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor