Logo Daihatsu
Menu

Plat A dari Kota Apa? Ini Info dan Cara Cek Pajaknya

Otomotif

2023-12-14

Plat A dari Kota Apa? Ini Info dan Cara Cek Pajaknya
 
Plat nomor kendaraan dengan kode A di Indonesia mencakup wilayah-wilayah di Provinsi Banten, termasuk kota-kota dan kabupaten-kabupaten penting seperti Tangerang, Cilegon, Lebak, Serang, dan Pandeglang. Wilayah-wilayah ini menggunakan kode "A" untuk mengidentifikasi kendaraan yang terdaftar di sana. Untuk informasi selengkapnya, yuk langsung perhatikan ulasan berikut ini.

Plat A dari Kota Apa?

Perbedaan huruf awalan plat dilakukan untuk memudahkan proses identifikasi daerah asal kendaraan tersebut terdaftar. Di Indonesia sendiri ada beberapa daerah yang menggunakan plat A sebagai huruf awal plat nomor kendaraan. Adapun daerah selengkapnya sebagai berikut.

1. Plat A Kota Serang

Daerah pertama yang menggunakan plat A ialah Kota Serang. Daerah ini menggunakan huruf A sebagai huruf awal plat nomor kendaraan, kemudian diikuti dengan angka, dan kode plat nomor belakang kendaraan dengan huruf seperti A/B/C/D. Contohnya, sebagai berikut A 9876 AB atau A 9999 CD.

2. Plat A Kabupaten Serang

Selanjutnya, ada Kabupaten Serang. Plat nomor kendaraan di daerah ini diawali dengan huruf A, kemudian diikuti oleh angka, dan diakhiri dengan huruf “E/F/G/H/I. Contohnya sebagai berikut, A 9876 EF, atau A 9999 HI.

3. Plat A Kabupaten Lebak

Selanjutnya, ada Kabupaten Lebak. Daerah ini juga memiliki plat diawali dengan huruf A, namun diakhiri dengan huruf P/R/S/T. Contohnya sebagai berikut A 9876 PR atau A 9999 ST.

4. Plat A Kabupaten Tangerang

Selanjutnya, ada Kabupaten Tangerang. Plat diawali dengan huruf A, dan diakhiri dengan huruf V/W/X/Y/Z. Contohnya sebagai berikut A 9876 VW atau A 9999 YZ.

5. Plat A Kabupaten Pandeglang

Selanjutnya, ada Kabupaten Pandeglang. Diawali dengan huruf A dan diakhiri dengan huruf J/K/L/M/N. Contoh, A 9876 JK atau A 9999 MN.

6. Plat A Kota Cilegon

Dan terakhir, ada Kota Cilegon. Plat kendaraan diawali dengan huruf A dan diakhiri dengan huruf O/U. Contoh A 9876 OU atau A 9999 UU.

Keenam daerah di atas termasuk di dalam wilayah Provinsi Banten.

Selain Plat A, kamu juga bisa cek plat nomor kendaraan seluruh Indonesia disini

Cara Mengecek Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Banten

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin mengecek pajak kendaraan bermotor Provinsi Banten. Adapun caranya sebagai berikut.

1. Via offline

Cara Anda bisa mengecek secara offline, dengan mengunjungi Samsat Banten, atau Gerai Samsat Banten, atau Sim Keliling Banten. 

2. Via online

Cara kedua, Anda bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan Provinsi Banten secara online sebagai berikut.

  • Via SMS
    Anda bisa mengirimkan pesan menggunakan layanan SMS dengan format berikut. 

INFO (spasi) PAJAK (spasi) Plat Nomor Kendaraan, kemudian kirim ke nomor 8893. 

Contoh: INFO_PAJAK_A 9999 AB

  • Via Website
    Anda bisa mengunjungi situs resmi pengecekan atau pembayaran pajak kendaraan Banten seperti https://infopkb.bantenprov.go.id atau https://samsat.id/banten/. Kemudian melengkapi informasi yang diminta situs tersebut seperti informasi mengenai plat nomor kendaraan, nomor seri, nomor rangka, hingga Provinsi terdaftarnya kendaraan Anda. Setelah semua terisi, klik tombol “Sekarang”. Otomatis halaman situs akan menampilkan besaran pajak kendaraan yang perlu Anda bayarkan.

  • Via Aplikasi
    Anda bisa mengunduh aplikasi seperti SIGNAL atau SAMBAT. Kemudian install aplikasi tersebut, dan lakukan registrasi diri. Kemudian masukkan informasi mengenai kendaraan Anda sesuai dengan instruksi aplikasi. Kemudian klik tombol cek, tunggu hingga besaran pajak kendaraan muncul.

  • Via Whatsapp Bappeda Banten
    Caranya tinggal kirim pesan ke nomor 0811-1000-2229 dengan format InfoPKB (spasi) Plat Nomor (spasi) 5 Digit Nomor Rangka (spasi) NIK.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda contoh ketika hendak melakukan pengecekan pajak kendaraan dengan plat A atau wilayah Banten. Jangan lupa servis mobil Anda di bengkel resmi Daihatsu secara rutin dan berkala agar performa mobil maksimal. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tanda-tanda Karet Boot Shockbreaker Harus Diganti

2022-04-28

Pada saat mengendarai mobil, pastinya kenyamanan dan keamanan mobil adalah hal yang paling utama. Sebelum mobil digunakan, pastikan untuk selalu mengecek kondisi mobil.

thumbnail

Daftar Mobil Bekas Daihatsu Dibawah 200 Juta, Cek Disini!

2023-03-08

Bagi kamu yang mencari mobil bekas Daihatsu dibawah 200 jutaan, kamu sedang berada di artikel yang tepat! Jika sebelumnya kita sudah memberikan rekomendasi

thumbnail

Berapa Denda Jika Tidak Pakai Sabuk Pengaman Mobil?

2022-08-08

Pengemudi kendaraan roda 4 atau lebih wajib menggunakan sabuk pengaman. Jika tidak mereka akan mendapatkan sanksi dan denda tidak pakai sabuk pengaman mobil.Sudah umum jika

thumbnail

Akibat Saringan Udara Mobil Kotor Dan Tidak Dibersihkan

2020-12-07

Dapur pacu mobil menggunakan prinsip pengubahan energi panas menjadi energi gerak. Energi inilah yang akan menggerakkan roda. Dal