Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Segini Besaran Denda Tilang Tidak Punya SIM
03 Desember 2020
denda tilang tidak punya sim

Setiap pelanggaran lalu lintas pasti menghasilkan sanksi berupa denda. Denda tilang tidak punya SIM adalah salah satu contohnya. Sesuai namanya, denda tersebut ditujukan kepada mereka yang tidak memiliki atau tidak mempunyai SIM saat berkendara.

Besaran denda tilang tidak punya SIM sendiri bervariasi. Jika Sahabat belum mengetahuinya, jangan khawatir. Kami akan memberitahukannya via artikel ini.

Besaran Denda Tilang Tidak Punya SIM

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kalau besaran denda tilang tidak punya SIM sangat bervariasi. Adapun besaran denda berdasarkan bentuk pelanggarannya sendiri adalah:

Rp 1 Juta

Besaran denda ini berlaku bagi pengendara motor atau mobil yang nekat berkendara tanpa SIM. Selain membayar besaran denda tersebut, pelanggar juga berpotensi dikenai hukuman penjara maksimal 4 bulan. Besaran denda ini sudah diatur dalam Pasal 281.

Rp 250 Ribu

Kalau besaran denda ini justru akan dikenakan kepada pengendara yang punya SIM, namun tidak bisa menunjukkannya di hadapan polisi. Entah karena hilang ataupun ketinggalan. Selain membayar besaran denda, pelanggar juga akan berpotensi mendapat hukuman penjara selama 1 bulan. Aturan denda ini sudah diatur dalam Pasal 288 ayat 2.

Dua besaran denda di atas adalah besaran denda maksimal. Besarannya bisa saja berubah sesuai dengan Kapolres di wilayah Sahabat berada.

Agar Tidak Kena Denda Tilang Karena Tidak Punya SIM

Jika Sahabat tidak ingin kena denda, maka Sahabat harus memiliki dan membawa SIM saat berkendara. Jika belum punya SIM, segeralah untuk membuatnya di tempat yang resmi. Pastikan SIM yang dibuat sesuai dengan kendaraan yang Sahabat miliki.

Selain harus punya SIM, ada beberapa hal lain yang harus Sahabat lakukan agar tidak melanggar aturan lalu lintas lainnya. Jangan sampai Sahabat punya dan bawa SIM, namun tetap membayar denda karena melanggar aturan lalu lintas lainnya. Adapun hal-hal yang harus dilakukan itu adalah:

  1. Menyalakan lampu utama saat berkendara, entah di waktu siang ataupun malam.
  2. Jangan berkendara sambil mengoperasikan ponsel. Kalaupun terpaksa harus menelepon dan memungkinkan, Sahabat bisa berhenti sejenak ke pinggiran jalan.
  3. Jangan mengebut, serta melanggar marka jalan.
  4. Jangan melawan arus, serta melewati jalur busway.
  5. Lakukanlah pembayaran pajak kendaraan tepat waktu. Karena selain denda tidak punya SIM, orang yang telat membayar pajak kendaraan juga punya dendanya sendiri.

Bukan Hanya Sekadar Agar Tidak Didenda Polisi

Memiliki SIM tak sekadar agar Sahabat tidak kena denda oleh pihak polisi. Sebab, SIM sendiri punya beberapa manfaat bagi para pemiliknya. Beberapa manfaat tersebut adalah:

Tanda Bukti Kompetensi Berkendara

Dengan adanya SIM, seorang pengendara akan dianggap memiliki kompetensi yang layak untuk berkendara. SIM juga menjadi bukti kalau Sahabat sudah berhasil melewati ujian kompetensi berkendara. Mulai dari ujian teori hingga ujian praktek.

Sebagai Identitas Bagi Pengendara

SIM juga bermanfaat sebagai identitas bagi pengendara itu sendiri. Adanya identitas sendiri penting dimiliki oleh pengendara. Terutama, jika mereka mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Kecelakaan misalnya. Dengan adanya identitas, kejadian tak diinginkan yang dialami pengendara akan lebih cepat ditangani.

Setiap pelanggaran lalu lintas pasti menghasilkan sanksi berupa denda. Denda tilang tidak punya SIM adalah salah satu contohnya. Sesuai namanya, denda tersebut ditujukan kepada mereka yang tidak memiliki atau tidak mempunyai SIM saat berkendara.

Besaran denda tilang tidak punya SIM sendiri sudah kami sebutkan di atas. Semoga bisa menambah wawasan Sahabat sekalian.

Penulis: Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor