Logo Daihatsu
Menu

Smart SIM – Cara Daftar, Biaya, Top Up, Kelebihan

Otomotif

2020-10-28

SMART SIM

Untuk mendukung kualitas kinerja Korlantas Polri yang lebih baik, diluncurkanlah smart SIM yang merupakan inovasi dari Korlantas Polri. Diharapkan keberadaan SIM pintar dengan berbagai inovasi dan keunggulan yang dimilikinya akan semakin memudahkan masyarakat. Di dalam SIM pintar ini terdapat chip khusus dengan kegunaan untuk mencatat segala aktivitas pelanggaran serta data forensik pemilik.

 

Cara Daftar Smart SIM

Bagi Sahabat yang baru pertama kali mengurus SIM, maka pastikan bahwa Sahabat telah memenuhi syarat untuk memiliki SIM sendiri seperti yang termaktub dalam peraturan Korlantas Polri. Hanya pengendara dengan usia minimal 17 tahun yang bisa membuat SIM C, SIM A dan SIM D. Sahabat harus membawa dokumen KTP, isi formulir permohonan serta rumusan sidik jari. Berikut adalah tata cara mendaftar pembuatan smart SIM:

  1. Kunjungi website http://sim.korlantas.polri.go.id
  2. Isi formulir registrasi pengajuan SIM pintar. Pilih golongan SIM, alamat email, nomor telepon serta isi data pribadi
  3. Sahabat akan memperoleh kode bayar registrasi
  4. Lakukan pembayaran dengan maksimal durasi 3 jam setelah mendapat kode bayar
  5. Sahabat akan memperoleh kode registrasi setelah membayar
  6. Datangi kantor Satpas, SIM Keliling untuk melakukan verifikasi data dan menjalani ujian teori serta praktik.
  7. Apabila lulus, maka Sahabat akan mendapatkan SIM

 

Biaya Pembuatan

Meski smart SIM memiliki keunggulan dibandingkan dengan SIM konvensional, ternyata harga pembuatan SIM pintar tidak berbeda dengan SIM lama. Mengenai biaya pembuatan SIM pintar baru untuk mereka yang baru pertama kali memiliki SIM, diatur di dalam Peraturan Pemerintah terkait PNBP nomor 60 Tahun 2016 berikut ini:

  1. Biaya Penerbitan untuk SIM A dan SIM A umum sebesar Rp 120 ribu
  2. Biaya Penerbitan untuk SIM B1 dan SIM B1 umum sebesar Rp 120 ribu
  3. Biaya Penerbitan untuk SIM B2 dan SIM B2 umum sebesar Rp 120 ribu
  4. Biaya Penerbitan untuk SIM C sebesar Rp 100 ribu

 

Biaya Perpanjangan

Jika Sahabat sudah memiliki SIM sebelumnya dan ingin memperpanjang masa berlaku SIM, maka berikut adalah biaya perpanjangan SIM pintar:

  1. Biaya perpanjangan masa berlaku untuk SIM A sebesar Rp 80 ribu
  2. Biaya perpanjangan masa berlaku untuk SIM B sebesar Rp 80 ribu
  3. Biaya perpanjangan masa berlaku untuk SIM C sebesar Rp 75 ribu
  4. Biaya perpanjangan masa berlaku untuk SIM D sebesar Rp 30 ribu

Selain biaya-biaya di atas, Sahabat mungkin akan dimintai biaya administrasi sebesar Rp 5.000.

 

Cara Aktivasi

Agar dapat memanfaatkan SIM pintar sebagai alat untuk pembayaran elektronik atau e-money, maka SIM pintar harus Sahabat aktivasi terlebih dahulu. Cara aktivasi smart SIM sangatlah mudah karena Sahabat hanya perlu mengunjungi salah satu cabang dari bank Mandiri, BNI atau BRI saja. Bawa kartu SIM pintar dan tunjukkan kepada petugas bank di sana untuk dilakukan aktivasi e-money. 

 

Manfaat Smart SIM

Kegunaan smart SIM adalah kemampuannya yang dapat digunakan sebagai uang elektronik pemegang kartu. Saldo maksimal yang bisa diisi ke dalam SIM pintar adalah sebesar Rp 2 juta.

Membayar Tol

SIM Pintar memiliki manfaat seperti kartu e-toll lainnya dan bisa Sahabat gunakan untuk membayar biaya tol dengan cepat dan mudah.

Membayar KRL, MRT, Parkir

Kini Sahabat bisa menggunakan SIM pintar untuk membayar biaya MRT, biaya parkir serta biaya KRT. Cara penggunaan sangat mudah seperti e-money lainnya.

Membayar Belanja

Sahabat bisa membayar belanjaan di minimarket atau toko yang bekerjasama dengan Korlantas Polri dengan menggunakan SIM pintar.

 

Kelebihan Smart SIM Dibanding SIM Lama

Melalui situs resmi Kepolisian lalu lintas Indonesia yakni korlantas.polri.go.id, telah dijelaskan bahwa ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh smart SIM yang tidak dimiliki oleh SIM yang lama. Selain dari tampilannya yang lebih canggih dan modern, berikut adalah kelebihan yang dimiliki oleh SIM baru ini:

1. Catatan Data Kecelakaan

Setiap kali terjadi kecelakaan yang melibatkan pengendara dan tercatat oleh pihak kepolisian, maka data tersebut akan termuat di dalam SIM pintar. Setiap kali terjadi kecelakaan yang diketahui oleh pihak Kepolisian maka informasi tersebut akan di-update berkala serta tersimpan di server. Dengan begitu, pihak berwenang akan mudah untuk mengetahui rekaman berkendara pemilik SIM. 

2. Merekam Data Forensik

Tidak seperti SIM yang lama, kelebihan smart SIM yakni memiliki chip khusus di dalamnya yang memiliki fungsi untuk menyimpan data-data forensik pemegang kartu. Data-data forensik pemegang kartu meliputi data-data registrasi pribadi yang dimasukkan oleh pemilik kartu saat pendaftaran SIM yakni data nama orang tua, nama lengkap seperti di KTP, NIK, alamat pribadi, nomor kontak yang dapat dihubungi serta nomor ponsel.

Di dalam chip SIM baru juga terdapat data mengenai sidik jari meski tampilan sidik jari tidak terlihat dari luar kartu. Sidik jari memiliki kegunaan sebagai data penyidikan dan penyelidikan. 

3. Rekaman Jejak Pelanggaran Lalu Lintas

Jika dulunya SIM lama hanya berperan sebagai kartu yang memuat data pribadi untuk surat izin untuk mengemudi, maka kini SIM pintar memiliki kegunaan lainnya. Di dalam SIM pintar ini akan termuat data-data mengenai pelanggaran lalu lintas yang pernah dilakukan pemegang kartu. Semua informasi terkait pelanggaran lalu lintas pengendara akan terekam di server milik Korlantas IRSMS. 

4. Bahan Evaluasi Pihak Berwenang

Pihak berwenang kini akan lebih mudah untuk menilai dan mengevaluasi performa pemilik SIM selama berkendara di jalanan. Pasalnya, seluruh data-data berkendara seperti data kecelakaan dan data pelanggaran lalu lintas akan terekam pada chip kartu SIM pintar. Pihak kepolisian akan menjadikan informasi yang tersimpan ini sebagai bahan evaluasi.

 

Cara Top-Up Saldo

Sahabat bisa menggunakan SIM pintar Sahabat sebagai alat untuk melakukan pembayaran elektronik seperti yang sudah disebutkan di atas. Untuk melakukan aktivasi smart SIM sebagai alat pembayaran elektronik kartu SIM bisa dilakukan dengan mendatangi kantor cabang salah satu dari tiga Bank ini yakni BRI, Mandiri dan BNI. Ketiga bank ini adalah bank yang sudah bekerja sama dengan pihak Korlantas Polri.

Cara mengisi saldo smart SIM ketika fungsi pembayaran sudah aktif adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi gerai ATM dari salah satu bank Mandiri, BNI atau BRI
  2. Masukkan kartu ATM serta ketikkan password
  3. Klik pilihan menu “e-Money”
  4. Klik pilihan menu “Isi Ulang”
  5. Ketikkan nominal saldo yang ingin Sahabat masukkan tergantung keinginan
  6. Konfirmasi nominal yang dimasukkan
  7. SIM pintar diletakkan pada bagian reader yang memiliki tanda Isi Ulang
  8. Selesai

Peluncuran smart SIM ini tentu sangat membantu meningkatkan kinerja pihak Kepolisian dalam pencatatan riwayat para pengendara. Adanya SIM pintar yang memuat catatan berkendara akan membuat pihak berwenang dapat mengevaluasi performa Sahabat ketika di perjalanan sehingga saat perpanjangan SIM bisa jadi hanya diberikan bagi pengendara dengan catatan berkendara yang baik.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

SIM A Untuk Pengendara Apa? Ini Syarat Membuatnya!

2024-01-31

SIM merupakan surat izin yang wajib dimiliki oleh setiap pengendara kendaraan bermotor ketika beroperasi di jalanan. SIM sendiri berfungsi sebagai legalitas pengenda

thumbnail

Mengenal Daihatsu Zebra, Sejarah, Spesifikasi, Kelebihan, Harga, dan Cara Menghitung Pajaknya

2021-04-26

Daihatsu Zebra merupakan salah satu mobil minibus legendaris yang hingga saat ini tetap beroperasi di jalanan. Sahabat bisa melihatnya sendiri di jalanan masih saja ada

thumbnail

Mobil MPV Terbaik Daihatsu: dari Sigra hingga Xenia

2021-01-05

Mobil MPV terbaik adalah pilihan yang harus diambil, jika hendak memiliki mobil MPV berkualitas. Saat ini, hampir semua brand punya mobil MPV terbaik. Daihatsu adalah sa

thumbnail

Merek Cover Mobil yang Tahan Air dan Panas

2021-01-12

Memiliki mobil tampaknya kurang lengkap kalau nggak punya pelindung mobil. Salah satunya dengan menggunakan penutup atau biasa disebut cover mobil saat parkir di area indoor maupun outdoor.&