Logo Daihatsu
Menu

Speaker Mobil Berapa Ohm? Ini Bedanya 2 Ohm, 4 Ohm, hingga 8 Ohm

Otomotif

2023-11-17

Speaker Mobil Berapa Ohm? Ini Bedanya 2 Ohm, 4 Ohm, hingga 8 Ohm

Speaker mobil merupakan salah satu komponen fitur hiburan mobil yang akan menambah kenyamanan dalam berkendara. Bahkan bagi pecinta audio, komponen ini merupakan komponen yang wajib ada di mobil. Di pasaran sendiri speaker mobil dibagi berdasarkan impedansi atau besaran ohm yang dimiliki. Lantas untuk yang menghasilkan audio terbaik dibutuhkan speaker mobil berapa ohm? Untuk selengkapnya, mari perhatikan pembahasan berikut ini. 

Perbedaan Speaker 2 Ohm, 4 Ohm, Hingga 8 Ohm.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kualitas audio yang dihasilkan speaker bergantung pada impedansi atau besaran ohm yang dimiliki. Di dalam dunia kelistrikan, impedansi merupakan resistansi yang dimiliki speaker terhadap arus bolak balik yang dihasilkan amplifier. 

Ketika amplifier mengirimkan sinyal listrik ke speaker, maka amplifier akan melawan hambatan yang diberikan oleh kumparan audio speaker. Kondisi tersebut akan menghasilkan medan magnet yang melawan arus listrik atau lebih dikenal dengan istilah reaktansi. Kondisi tersebut merupakan faktor utama penentu impedansi speaker. 

Impedansi sendiri memiliki nilai ukur yang diukur melalui satuan ohm. Apabila nilai impedansi yang dimiliki speaker mobil tinggi, maka resistansi listrik dari speaker terhadap audio yang dihasilkan amplifier semakin besar.

Di pasaran sendiri, impedansi speaker mobil terbagi atas beberapa jenis, yakni mulai dari 2 ohm, 4 ohm, hingga 8 ohm. Setiap impedansi tersebut menghasilkan audio yang berbeda. Agar Anda lebih memahami speaker mobil manakah yang pas dengan selera Anda, maka Anda perlu mengetahui perbedaannya sebagai berikut.

1. Speaker 2 ohm

Berikut beberapa aspek yang menjadi perbedaan antara speaker 2 ohm dengan speaker 4 ohm, dan 8 ohm.

Impedansi

Speaker 2 ohm memiliki impedansi lebih rendah dibandingkan speaker 4 ohm, dan 8 ohm sehingga resistansi listrik yang dihasilkan juga lebih rendah dibandingkan jenis lainnya. Alhasil beban kerja amplifier menjadi lebih rendah.

Daya

Speaker 2 ohm menggunakan lebih banyak daya dibandingkan speaker 4 ohm, dan 8 ohm. 

Suara

Suara yang dihasilkan oleh speaker 2 ohm lebih kencang dan keras dibandingkan speaker 4 ohm dan 8 ohm sehingga suara bass terdengar lebih tebal. Namun, kualitas suara yang dihasilkan buruk dan kurang jernih. 

Fungsi

Speaker 2 ohm, biasanya cocok untuk speaker mobil sama dengan speaker 4 ohm.

Kompatibilitas 

Speaker 2 ohm membutuhkan bantuan perangkat penggerak (amplifier atau receiver) khusus yang dirancang untuk mengatasi kendala impedansi yang lebih rendah.

2. Speaker 4 ohm

Berikut beberapa aspek yang menjadi perbedaan antara speaker 4 ohm dengan jenis lainnya. 

Impedansi

Speaker 4 ohm memiliki impedansi lebih rendah dibandingkan speaker 8 ohm dan lebih tinggi dari speaker 2 ohm. 

Daya

Speaker 4 ohm menggunakan lebih banyak daya dibandingkan speaker 8 ohm.

Suara

Suara yang dihasilkan oleh speaker 4 ohm lebih kencang dan ngebass dibandingkan speaker 8 ohm. Namun, kualitas suara yang dihasilkan tidak sejernih speaker 8 ohm. 

Fungsi

Speaker 4 ohm, biasanya cocok untuk speaker mobil sama dengan speaker 2 ohm.

Kompatibilitas 

Sama seperti speaker 2 ohm. 

3. Speaker 8 ohm.

Berikut perbedaan antara speaker 8 ohm dengan speaker 2 ohm dan 4 ohm.

Impedansi

Impedansi lebih tinggi dibandingkan speaker 2 ohm dan 4 ohm sehingga beban amplifier lebih berat.

Daya

Lebih ringan dibandingkan kedua jenis sebelumnya. 

Suara

Suara sangat jernih namun sedikit kurang ngebass dan kencang dibandingkan speaker 2 ohm dan 4 ohm.

Fungsi 

Lebih cocok untuk home speaker.

Kompatibilitas

Lebih kompatibel dibandingkan speaker 2 ohm dan 4 ohm.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Speaker Pintu Mobil yang Ngebass & Terbaik

Kesimpulan dari ulasan di atas, sebaiknya gunakan speaker 8 ohm jika ingin mendapatkan kualitas suara yang lebih jernih dan tajam. Namun, jika Anda ingin mendapatkan kualitas suara yang lebih ngebass namun tidak terlalu buruk, pilihlah speaker 4 ohm. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mobil Daihatsu dengan Suspensi Paling Empuk dan Nyaman

2023-09-29

Bicara soal kenyamanan mengendarai mobil, tidak terlepas dari bantuan sistem suspensi. Seperti diketahui, sistem suspensi berfungsi meredam guncangan serta kejutan k

thumbnail

Ciri-Ciri Pembakaran Sempurna pada Mesin Mobil, Yuk Simak!

2023-07-03

Pembakaran sempurna pada mesin mobil berdampak besar pada

thumbnail

5 Tips Menghindari Kerusakan Body Mobil, Karat dan Jamur Tidak akan Mampir!

2021-06-09

Kerusakan body mobil adalah hal yang sangat dihindari oleh pemilik kendaraan. Hal ini dikarenakan perawatannya pasti memakan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, tip

thumbnail

Kelebihan Velg Mobil Metode Flow Form Dibanding Casting

2022-05-13

Ada banyak jenis velg mobil yang banyak ditemukan di pasaran. Anda bisa memutuskan memilih jenis velg sesuai dengan kebutuhan. Namun tetap saja, Anda perlu memperhatikan