Logo Daihatsu
Menu

Tips Aman Saat Rem Mobil Mendadak Blong

Otomotif

2022-06-29

Rem Mendadak Blong

Salah satu masalah yang fatal pada mobil yakni mengalami rem mendadak blong. Lebih sialnya lagi, hal ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, bahkan ketika Anda berada jauh dari bengkel.

Permasalahan pada rem ini memang sering terjadi, sebab ketika di perjalanan pastinya terus menerus menginjak pedal rem dalam waktu lama. Inilah yang mengakibatkan kaliper pun jadi panas hingga membuat rem blong. Jika Anda mengalaminya, ikuti tips dibawah ini!

Tips Aman Ketika Rem Mendadak Blong

Jika Anda mengalami rem mobil mendadak blong di pertengahan jalan, jangan langsung panik ya. Sebab, jika Anda melakukan berbagai tindakan berlebihan ketika rem tersebut blong, bisa jadi Anda malah membahayakan diri sendiri atau bahkan pengendara lainnya.

Untuk itu, ikuti tips amannya berikut ini!

Pompa terus rem mobil

Ketika rem mendadak blong, langkah yang bisa Anda ambil yaitu dengan terus memompa rem agar tekanannya bisa kembali seperti sedia kala. Apabila mobil beralih ke anti locking braking (ABS), Anda harus terus memompanya.

Usahakan jangan panik, sebab malah jadi Anda bisa menginjak pedal gas, bukannya melambat mobil malah akan melaju cepat. Untuk itu, teruslah pompa rem dan sesekali guncang juga remnya dengan perlahan-lahan.

Nantinya lama kelamaan, tekanan pada rem pun akan kembali seperti sedia kala. Akan tetapi, jika saat Anda memompanya malah terasa berat atau kasar, mungkin di bagian pedalnya terdapat sesuatu. Nah, untuk itu ambillah langkah kedua.

Turunkan gigi transmisi

Apabila cara yang pertama tidak berhasil, Anda bisa melakukan langkah selanjutnya, yakni dengan menurunkan bagian gigi transmisi mobil secara cepat dan bertahap, hal ini berlaku untuk mobil manual.

Namun, untuk mobil matik, Anda tidak perlu menurunkan gigi secara bertahap, langsung saja ke gigi no. 1. Langkah yang satu ini bisa membuat mobil Anda melaju lebih lambat dengan memanfaatkan komponen engine brake.

Gunakanlah rem tangan

Dalam mengatasi rem yang blong mendadak, Anda juga bisa melakukannya dengan mengaplikasikan rem tangan. Namun, harus berhati-hati ketika Anda hendak mengerem, lakukanlah secara perlahan.

Caranya sendiri, tariklah rem tangan dengan hati-hati serta rasakan gigitannya pada bagian caliper roda. Jika memang rem terasa sudah menggigit, jangan langsung dilepaskan, biarkan saja hingga laju mobil Anda melambat.

Selain itu, atur juga tekanan rem tersebut agar Anda tidak mendadak kehilangan kendali. Perlu diingat, jangan melakukannya secara mendadak, sebab itu bisa membahayakan Anda maupun pengendara lainnya.

Cobalah tekan klakson dan lampu hazard

Tips selanjutnya, Anda bisa menekan klakson serta menyalakan lampu hazard mobil. Cara tersebut bisa Anda lakukan untuk memberi sinyal kepada para pengendara lainnya agar mengetahui bahwa rem mobil Anda sedang blong, dan pastikan juga ini dilakukan dalam keadaan tenang ya!

Menabrak benda yang lunak

Tips terakhir ini hanya bisa Anda lakukan jika semua tips di atas gagal dilakukan untuk mengembalikan kondisi rem. Carilah benda yang lunak, seperti halnya area yang berlumpur dan langsung arahkan kesana.

Baca juga:  Ciri-Ciri Kampas Rem Mobil Habis dan Perlu Diganti

Dengan menabrakkan mobil ke suatu benda yang lunak, ini dapat menghentikan laju mobil Anda. Selain itu, bisa juga menabrakkan mobil ke benda-benda lainnya seperti halnya gundukan pasir, pagar yang terbuat dari kayu, dan lainnya.

Intinya, carilah benda yang aman untuk Anda tabrak, agar mobil bisa berhenti. Sebagai pengendara, Anda pun harus dapat memfokuskan pikiran antara menyetir serta mencari benda yang lunak di sekitaran.

Itulah beberapa tips aman ketika rem mendadak blong yang bisa Anda lakukan. Sebaiknya, lakukan servis berkala pada mobil Anda agar, hal tersebut bisa dihindari.

Untuk urusan servis, Anda bisa menyerahkannya ke bengkel kami, Daihatsu 

agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tentunya, semua proses perbaikan akan dilakukan oleh tenaga profesional dengan harga terjangkau.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Kopling Mobil, Cara Kerja hingga Perawatannya

2022-06-29

Kopling mobil adalah salah satu bagian penting dalam mobil. Apalagi, jika mobil Sahabat memakai transmisi manual. Fungsi kopling sendiri adalah untuk menghubungkan antara poros engkol dengan gigi t

thumbnail

Penyebab Piston Mobil Diesel Baret

2022-06-29

Sebagai pemilik mobil diesel, tentu Anda harus memperhatikan berbagai komponennya agar tetap terawat dan bekerja dengan baik. Bahkan kesalahan-kesalahan dalam perawatan

thumbnail

Yuk Ketahui Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan yang Benar

2022-06-29

Ingin membeli kendaraan pribadi guna penuhi kebutuhan mobilisasi? Hal ini bisa saja Anda lakukan sesuai keinginan. Namun apakah Anda tahu, bahwa setiap kendaraan yang An

thumbnail

Penyebab Sensor Parkir Mobil Tidak Bunyi & Solusinya

2022-06-29

Saat ini, mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi teknologi canggih serta modern, baik di sisi kenyamanan serta keamanan. Contohnya saja saat akan memarkirkan mobil, pengemudi seperti dimudahkan de