Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Belanja di Vietnam
20 April 2021
belanja di vietnam

Mengunjungi tempat wisata memang bawaannya adalah ingin belanja. Belanja merupakan ritual wajib bagi banyak orang yang mengunjungi tempat wisata. Apalagi jika ternyata tempat wisata tersebut adalah luar negeri, kapan lagi bisa ke sana kalau tidak sekarang untuk berbelanja barang-barang yang tidak mungkin didapatkan di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa tips belanja di Vietnam yang bisa Sahabat perhatikan. Semoga dengan beberapa tips ini Sahabat bisa mendapatkan barang incaran dengan harga terbaik.

Jangan Tergiur Harga Murah

Yang namanya orang belanja memang cari harga yang termurah. Namun, Sahabat perlu waspada dengan harga yang terlalu murah. Sahabat bisa membandingkan barang tersebut dan mengira-ngira apakah layak dihargai dengan harga murah. Karena bisa jadi harga yang terlalu murah mengindikasikan bahwa barang tersebut adalah palsu atau replika.

Contoh barang yang dijual murah di Vietnam adalah barang antik dan kuno. Beberapa toko Sahabat akan menjumpai mereka menjual dengan harga kelewat murah. Bisa dipastikan mereka menjual barang replika. Apalagi pemerintah Vietnam membatasi barang-barang antik untuk keluar dari Vietnam.

Tawar Dulu Sebelum Membeli

Ketika Sahabat berada di pasar Vietnam, Sahabat akan menjumpai barang-barang dijual dengan harga yang cukup tinggi. Ini wajar karena penjual juga ingin untung banyak. Sahabat bisa bertanya pada teman atau mencari info mengenai harga barang tersebut di internet. Coba tawar ke penjual hingga Sahabat mendapatkan harga yang bagus.

Cek ke Banyak Toko

Tips yang satu ini memang agak melelahkan. Biasanya sebuah barang akan dijual juga di beberapa toko lainnya. Sahabat bisa cek mana toko yang menjual barang tersebut dengan harga termurah. Namun, Sahabat jangan terkecoh yah, cek ulang apakah kualitas barangnya sama.

Kenakan Tabir Surya

Berbelanja seharian memang seru dan tidak terasa karena terlalu senang. Namun, Sahabat juga perlu memperhatikan kesehatan kulit Sahabat. Di Vietnam cuacanya cukup panas loh. Sahabat bisa menggunakan tabir surya untuk mengurangi iritasi kulit akibat terlalu lama terpapar sinar matahari.

Kenakan Baju yang Biasa Saja

Meskipun Sahabat statusnya ada turis, mengenakan baju yang biasa saja punya beberapa keuntungan. Sahabat bisa dianggap orang asing namun berdomisili di sana, ini akan membantu Sahabat untuk mendapatkan harga barang yang murah. Selain itu, dengan memakai biasa saja dan tidak mencolok, setidaknya meminimasi copet untuk menargetkan Sahabat sebagai sasaran empuk mereka.

Waspada dengan Barang yang Dibawa

Berburuk sangka memang tidak boleh, namun waspada itu boleh. Karena pasar adalah tempat keramaian, Sahabat harus waspada dengan barang bawaan Sahabat. Sahabat bisa menaruh uang di beberapa tempat agar ketika kecopetan satu tempat, Sahabat masih punya cadangan uang di tempat lainnya.

Salah satu cara agar menghindari pencopetan adalah dengan menghindari tempat yang sesak dengan orang. Karena ketika sesak dan bergerombol, copet akan lebih mudah beraksi tanpa diketahui.

Disarankan Untuk Bisa Bahasa Vietnam

Meskipun ini bukan wajib, namun Sahabat akan mendapatkan banyak keuntungan ketika Sahabat bisa bahasa Vietnam walaupun hanya sedikit. Sahabat bisa belajar di YouTube di kelas gratis bahasa Vietnam. Untuk bahasa Vietnam yang dasar, biasanya ada yang gratis.

Baca juga : Deretan Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi di Vietnam

Keuntungan yang didapatkan ketika Sahabat bisa bahasa Vietnam adalah Sahabat bisa mengerti kode atau omongan mereka saat Sahabat menawar barang. Tak hanya itu, jika Sahabat kesulitan menuju sebuah tempat, Sahabat bisa bertanya ke penduduk lokal. Karena biasanya sangat sedikit penduduk lokal yang tahu bahasa Inggris.

Penulis: Iskael

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku