Logo Daihatsu
Menu

Tips Melewati Jalanan Rusak dan Berlubang

Otomotif

2021-11-20

jalan rusak berlubang

Saat berkendara, jalan rusak berlubang  membuat  Anda harus ekstra hati-hati.  Tidak ada pilihan, kondisi tersebut harus dilalui jika ingin sampai ke tujuan.

Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir ketika harus melewati kondisi tersebut. Tetap tenang dan konsentrasi sangat diperlukan. Perjalanan akan terasa nyaman jika pengendara tahu tips yang aman melewati jalan rusak dan berlubang.

Tips Melewati Jalan Rusak Berlubang

Musim hujan sering kali membuat masalah baru. Banjir dapat melanda dimana-mana. Akibat genangan, banyak bahu jalan yang rusak dan berbahaya bagi pengendara. Lubang yang penuh air sering tidak terlihat membuat Anda terjebak masuk.

Mobil menjadi cepat kotor dan berpotensi timbul karat. Belum lagi kemungkinan terjadi kerusakan spare part. Perjalanan Anda pun terganggu karena harus ekstra hati-hati dan tidak dapat melaju dengan cepat saat berkendara.

Jalan berlubang mungkin sering membuat Anda enggan untuk bepergian. Namun pekerjaan sudah menanti. Mau tidak mau harus melalui kondisi yang bikin kurang nyaman tersebut. Apa yang harus Anda lakukan?  Simak ulasan berikut.

Tetap Fokus

Ketika mengetahui jalan di depan yang akan dilalui hancur dan banyak genangan, mungkin Anda panik. Bagaimana jika terlalu dalam dan mobil terjebak. Perasaan tersebut justru memperkeruh suasana. Anda tidak bisa konsentrasi.

Sebaiknya yang harus Anda lakukan adalah tetap tenang. Usahakan berkendara dengan stabil. Jika memungkinkan, menghindari lubang tentu lebih baik. Namun andai terpaksa melewatinya, maka lakukan dengan yakin bahwa kendaraan baik-baik saja.

Sebisa Mungkin Hindari Genangan

Anda tidak tahu, seberapa dalam genangan tersebut. Apakah bagian dalamnya cukup aman untuk permukaan ban. Apakah tidak sampai mengenai body kendaraan dan seterusnya.

Alternatif terbaik adalah menghindarinya. Anda bisa memutar kemudi dan mengarahkan ke badan jalan yang lebih aman. Dalam kondisi seperti ini tentu Anda harus ekstra mengurangi kecepatan kendaraan.

Kurangi Kecepatan Mobil

Kecepatan yang tinggi akan menimbulkan gesekan keras ketika Anda melewati jalan berlubang. Selain tidak nyaman, juga dapat terpelanting. Kurangi kecepatan sebisa mungkin sampai mobil hanya berjalan sangat pelan.

Hal ini untuk mengurangi resiko kerusakan pada bagian bawah mobil jika sampai tergores ke badan jalan. Rendahnya laju kendaraan dalam kondisi jalan berlubang juga untuk menjaga agar penumpang tetap nyaman.

Ketika Melewati Jalan Rusak Berlubang, Jaga Jarak Aman

Ketika melewati jalan rusak dan berlubang bisa saja kendaraan di depan Anda terpaksa berhenti mendadak. Menjaga jarak adalah cara yang aman untuk menghindari kecelakaan.

Bukan hanya dengan kendaraan di depan atau belakang, perhatikan juga jarak dengan kendaraan di samping. Bisa saja karena menghindari jalanan yang rusak pengendara terpaksa harus banting setir ke samping.

Ikuti Pengendara di Depannya

Pengendara yang ada di depan Anda bisa menjadi penunjuk seberapa dalam lubang jalan tersebut. Jika mobil di depan kerepotan melaluinya, tentu Anda harus membelokkan setir untuk menghindarinya.

Hindari Bagian Dinding Ban Bergesekan Dengan Lubang

Ketika melewati jalan berlubang, usahakan bagian dinding ban seluruhnya masuk. Pinggir lubang biasanya lebih tajam. Dinding ban tidak setebal bagian tengahnya. Jadi lebih mudah sobek dan bocor.

Dalam segala suasana usaha tetap berkendara dengan tenang. Selama kendaraan  yang Anda kemudikan keadaannya prima, tidak perlu khawatir. Terlebih jika menggunakan jenis mobil terpercaya, seperti mobil Daihatsu.

Jenis kendaraan MPV seperti Daihatsu sangat nyaman untuk melintasi semua medan. Jalan rusak berlubang bukan masalah. Pastikan sebelum berkendara, mengecek kondisinya terlebih dulu sehingga Anda  bisa tenang mengendarainya.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Cara Memperbaiki Lampu Sein Mobil Mati Total, Anda Wajib Tahu

2021-01-07

Para pengendara kendaraan bermotor tentunya tidak asing dengan lampu sein. Lampu yang dapat berkedip untuk memberikan sinyal kepada pengendara lainnya ini, memiliki pera

thumbnail

Tanda Plat Kopling Transmisi Matic Sudah Habis

2021-12-10

Plat kopling transmisi matic habis bisa disebabkan banyak hal. diantaranya cara mengemudi yang salah. Jika tidak segera diperbaiki bisa merembet ke bagian lain.

thumbnail

Rem Tangan Mobil untuk Roda Depan atau Belakang? Ketahui Disini!

2023-07-31

Rem tangan mobil untuk roda depan atau belakang? pertanyaan tersebut kerap kali mewarnai forum otomotif di media sosial. Banyaknya pertanyaan mengenai rem tangan tid

thumbnail

Rangkaian Cara Membuat Lampu Hazard Pada Motor Tanpa Mengganti Flasher

2020-11-09

Siapa yang tidak mengenal lampu hazard? Lampu darurat satu ini kerap ditemukan pada kendaraan roda empat, baik mobil pribadi maupun moda transportasi lainnya. Sayangnya