Logo Daihatsu
Menu

Tips Memilih Ban Mobil Agar Tak Salah Pilih

Otomotif

2020-11-21

tips memilih ban mobil

Tips memilih ban mobil adalah hal yang harus Sahabat ketahui. Dengan tips tersebut, Sahabat bisa terhindar dari memilih ban mobil yang salah. Dengan begitu, peluang Sahabat untuk mendapatkan ban mobil yang proper semakin besar.

Tips memilih ban mobil sendiri bisa Sahabat simak di artikel ini. Tidak percaya? Yuk simak saja pembahasan di bawah ini!

Pilihlah Ukuran Ban yang Sahabat Butuhkan

Tips pertama yang harus Sahabat lakukan adalah memilih ukuran ban yang Sahabat butuhkan. Entah yang besar ataupun kecil. Untuk mengetahui ukuran ban yang dibutuhkan, Sahabat bisa menerjemahkan kode pada bagian luar ban mobil yang hendak dibeli.

Kode mobil sendiri biasanya ditulis dalam format: lebar telapak/ketebalan ban-diameter ban -indeks beban maksimum. 

Contoh konkretnya : 195/65 R15 91H. 195/65 adalah lebar telapak mobil/tebal ban mobil. R15 adalah diameter ban, sedangkan 91H adalah indeks beban maksimum.

Baca juga: 7 Rekomendasi Merk Ban Mobil Terbaik di Indonesia

Pilih yang Pola Tapak Bannya Sesuai

Selain ukuran, memilih berdasarkan pola tapak ban adalah tips lainnya. Pola tapak ban sangat berpengaruh pada akselerasi mobil saat di jalan. Itu mengapa pola tapak ban patut untuk dipertimbangkan.

Kami sarankan untuk memilih ban dengan pola tapak berbentuk V. Ban dengan pola itu punya daya gesek yang tinggi terhadap tanah, sehingga mobil tidak terpeleset saat dikendarai. Ban berpola V juga cocok dipakai saat hujan tiba. Sebab, ban berpola V cukup stabil bila dihadapkan dengan jalanan yang basah oleh air hujan.

Sayangnya, Sahabat harus mengeluarkan banyak uang untuk ban ini. Soalnya, ban berpola V punya harga yang cukup mahal. Kendati begitu, keamanannya lebih terjamin dibanding jenis ban lain.

Pilih Ban yang Tahun Pembuatannya Masih Baru

Setiap ban memiliki tahun pembuatannya sendiri. Dalam memilih ban, kami sarankan untuk memilih ban yang tahun pembuatannya masih baru. Ban yang masih baru punya kualitas yang tergolong masih bagus. Berbanding terbalik dengan ban keluaran lama.

Seperti halnya ukuran ban, tahun pembuatan ban juga lazim ditulis dalam format kode. Adapun format kode tahun pembuatan mobil sendiri terdiri dari minggu pembuatan mobil+tahun pembuatannya. 

Contoh: 0313. 03 adalah minggu pembuatan ban itu (minggu ke-3). Sedangkan 13 adalah tahun pembuatannya. (2013).

Saat membeli ban mobil yang tahunnya masih baru, kami sarankan untuk terus merawatnya. Hal itu dilakukan guna menjaga kualitas dari ban tersebut. Salah satu cara merawatnya adalah menyimpan ban itu tidak menyimpannya. Terutama, di tempat yang terlalu lembab dan kering.

Belilah Ban di Tempat yang Resmi dan Terpercaya

Tips terakhir yang harus Sahabat jalani adalah membeli ban mobil di tempat yang resmi dan terpercaya. Di tempat yang resmi, Sahabat bisa mendapatkan ban asli dengan kualitas baik. Meskipun, harganya agak sedikit mahal.

Namun, jangan terpaku pada harganya yang mahal. Sebab, dalam memilih ban, kualitas jauh lebih dikedepankan ketimbang harga. Jika Sahabat bingung mana tempat membeli ban yang resmi dan terpercaya, Sahabat bisa bertanya kepada ahli ban atau teman terdekat.

Tips memilih ban mobil adalah hal yang harus Sahabat ketahui. Dengan tips tersebut, Sahabat bisa terhindar dari memilih ban mobil yang salah. Dengan begitu, peluang Sahabat untuk mendapatkan ban mobil yang proper semakin besar.

Tips memilih ban mobil sendiri sudah kami sebtukan di atas. Semoga tips-tips di atas bisa Sahabat lakoni saat membeli ban nanti. Sampai berjumpa di artikel selanjutnya!

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah Penyebab RPM Mobil Naik Turun Beserta Solusinya

2021-02-10

Salah satu masalah yang umum terjadi pada mobil manual adalah RPM yang sering naik-turun. Naik-turunnya RPM mobil sendiri bisa berpengaruh pada kinerja mobil. Salah satu

thumbnail

Ingin Tahu Syarat Dan Prosedur Cabut Berkas Mobil? Yuk, Lihat Infonya Di Sini

2021-02-16

Bagi Anda yang memiliki kendaraan roda empat, suatu saat tentu akan melakukan serangkaian prosedur cabut berkas. Proses ini seben

thumbnail

Komponen Radiator Mobil: Fungsi dan Tips Perawatannya

2023-10-30

Komponen radiator mobil termasuk komponen yang memiliki peran penting terhadap sistem pendingin mobil. Meski terbilang penting, tidak semua pemilik mobil memahami fu

thumbnail

Tips Memilih Mobil Box Terbaik

2021-01-05

Mobil box merupakan tipe kendaraan niaga yang fungsinya sebagai alat transportasi yang dikhususkan untuk mengangkut barang. Kehad