Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
7 Rekomendasi Merek Ban Mobil Terbaik di Indonesia
21 November 2020
merk ban mobil terbaik

Seiring perkembangan zaman, ban mobil semakin ditingkatkan performanya demi alasan keamanan dan keselamatan saat berkendara. Karena itu memilih merek ban mobil terbaik merupakan satu hal penting untuk dilakukan. 

Secara umum, ban mobil sangat memengaruhi performa kendaraan. Berbagai merek ban mobil pun berlomba-lomba untuk memproduksi ban mobil dengan spesifikasi tertentu. Mulai dari meningkatkan fungsi pengereman, peredam guncangan, memperbaiki fungsi setir mobil, sampai menjadi penopang seluruh beban yang ada pada mobil. 

Dari sejumlah fungsi ban mobil yang disebutkan di atas, setidaknya kita bisa jadikan patokan kalau memilih ban mobil itu nggak boleh sembarangan. Namun, Sebelum mengulas lebih jauh terkait merek ban mobil terbaik, tak ada salahnya untuk simak dulu beberapa tips berikut jika Sahabat ingin membeli ban mobil. 

Tips memilih ban mobil 

Memilih ban mobil harus lebih teliti agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.  Ada beberapa tips yang bisa Sahabat lakukan sebelum membeli ban mobil. 

1. Pilih yang sesuai dengan tipe mobil 

Setiap mobil punya tipe dan ukuran bawaan ban. Tipe ban mobil itu biasanya tertulis pada bagian plakat laci atau pintu mobil, tergantung jenisnya. Rekomendasi bawaan pabrik itu bisa jadi patokan biar ban mobil yang dibeli sesuai. 

Di buku petunjuk penggunaan, biasanya tertulis tipe dan ukuran ban dalam kombinasi kode khusus. Misalnya kalau ada ban mobil dengan kode P215/55R17 93V, huruf 'P' merupakan kode yang berarti Passenger alias penumpang. Artinya mobil didesain untuk mengangkut orang atau penumpang. 

Jenis-jenis kode lain juga ada yang bertipe LT atau Light Truck atau truk kecil yang bisa digunakan untuk membawa barang. Lalu ada ST atau Special Trailer dan T untuk temporary yang khusus untuk ban cadangan, sehingga tidak disarankan untuk digunakan permanen. 

2. Sesuaikan dengan ukuran ban mobil 

Syarat paling penting dalam memilih ban mobil adalah soal ukurannya. Sebagai pemilik mobil, Sahabat harus paham tentang hal ini. Setiap ban mobil biasanya juga disertai beberapa kode di samping yang merupakan informasi tentang ukuran ban. 

Misalnya MPV1 185/70R14, angka 185 pertama menunjukkan berapa lebar telapak ban dalam satuan milimeter. Kemudian angka selanjutnya yaitu 70 memiliki arti ketebalan ban dalam persentase atas lebar tapaknya. Sedangkan angka terakhir yakni 14 menunjukkan diameter dari velg mobil dalam satuan inchi. 

Dalam memilih ban mobil, Sahabat bisa membedakan berdasarkan beberapa kriteria. Ada ban tubetype (dengan ban dalam) dan tubeless (tanpa ban dalam), ada ban bias dan radial. 

3. Pilih ban yang lebarnya sesuai 

Perlu Sahabat ketahui, lebar ban sangat berpengaruh pada performa mobil, kecepatan hingga daya cengkram saat pengereman. Tapi, lebarnya pun harus disesuaikan dengan ukuran velg mobil. Jangan sesekali mengubah atau memodifikasi mobil di luar ketentuan yang tertulis di petunjuk penggunaan, sebab jika ban dan velg mobilnya berubah, justru bisa memengaruhi performa mobil hingga terjadi ketidaksesuaian dengan kapasitas mesin. 

4. Pola tapak dan ketebalan ban 

Pola tapak ban sangat memengaruhi manuver dan akselerasi mobil. Jika gesekannya kecil, maka risiko untuk tergelincir di jalan akan lebih besar. Dampak terburuknya, bisa meningkatkan risiko kecelakaan di jalan. 

Memilih tapak ban mobil dengan alur V merupakan yang terbaik. Tapak ban dengan alur V dianggap memiliki daya gesek yang tinggi terhadap permukaan jalan, sehingga traksi mobil jadi lebih baik. 

Pola tapak ban V juga cocok dengan musim di Indonesia yang cenderung bikin jalanan basah dan licin karena hujan. Pola tapak V dikatakan bisa bertahan dalam mempertahankan posisi ban agar lebih stabil. 

Sementara, ketebalan ban berpengaruh pada keseimbangan mobil. Baiknya memilih ketebalan ban 50. Harga ban yang ketebalannya tinggi memang sedikit lebih mahal, tetapi perbandingannya tidak terlalu jauh. 

5. Jangan pelit kalau beli ban mobil 

Poin kelima ini bukan berarti Sahabat disarankan untuk beli ban mobil paling mahal lho ya! Tapi lebih ke arah cermat dalam memilih ban mobil. Belilah ban mobil di tempat yang resmi dan terpercaya yang sudah pasti terjamin kualitasnya. Bahkan kalau bisa cari tempat yang memberi jasa pemasangan ban mobil langsung jika memang harus diganti saat itu juga. 

7 Rekomendasi merek mobil terbaik 

Produsen ban mobil terbaik saat ini cukup mudah ditemui. Setidaknya ada beberapa rekomendasi merek ban mobil terbaik yang sudah terkenal akan kualitasnya. Berikut ulasan selengkapnya. 

1.  GT Radial 

Merek ban mobil satu ini juga salah satu yang cukup populer di Indonesia. Kualitasnya juga tak perlu diragukan lagi mengingat produk ban yang diunggulkan memiliki kemampuan dalam menjaga stabilitas dalam berkendara. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau hanya berkisar ratusan ribu sampai satu jutaan. 

2. Bridgestone 

Merek ban mobil terbaik satu ini cukup terkenal di dunia termasuk Indonesia. Kualitas ban mobil Bridgestone sudah diakui oleh banyak produsen mobil baik dalam dan luar negeri. Bermacam produk sesuai jenis dan tipe mobil pun sudah diproduksi dengan rentang harga Rp 320 ribu - Rp 3,1 juta. 

3. Michelin 

Merek ban satu ini sering dipakai oleh mobil premium kelas atas. Jangan heran kalau lihat harganya yang terbilang mahal. Inovasi paling terkenal dari ban mobil lansiran Michelin adalah peredam suara, daya tahan dan daya cengkram saat pengereman. Sementara itu feedback positif dari pembeli pun mengatakan kalau ban Michelin dikenal paling awet. 

4. Achilles

Harga ban Achilles yang relatif terjangkau membuat banyak orang memilih ban ini. Sementara untuk kualitasnya juga tak perlu diragukan. Range harga dari ban mobil Achilles berkisar Rp387 ribu - Rp3,2 juta yang tersedia dalam bermacam jenis, tipe dan ukuran. 

5. Dunlop 

Dunlop juga pemain lama di industri ban mobil. Keunggulannya adalah memiliki compound yang lebih soft dan daya redam yang sempurna. Teknologi ini dikatakan bisa memberi pengaruh terhadap kenyamanan saat berkendara. Daya cengkram yang dihasilkan juga cukup baik. Range harga ban mobil Dunlop juga terbilang terjangkau. Beberapa tipe ban mobil ada yang dibanderol Rp329 ribu - Rp 3,2 juta. 

6. Falken 

Ban mobil produksi Falken tercatat dalam daftar ban mobil dengan kualitas terbaik. Produsen ban ini fokus pada ban mobil untuk digunakan di jalan raya ketimbang balapan, sehingga struktur ban disesuaikan dengan kondisi jalan raya dan cocok digunakan sehari-hari. Harga ban mobil satu ini dijual mulai dari Rp600 ribuan. 

7. Hankook

Eksistensi produsen ban mobil asal Korea ini patut dipertimbangkan. Mereka kerap meluncurkan produk-produk ban berkualitas. Salah satunya produk unggulannya adalah dirancang dengan bahan berkualitas dengan menyematkan empat alur melingkar yang tentunya mencegah mobil tergelincir di jalan yang basah. 

Demikian merek-merek ban mobil terbaik yang populer di Indonesia. Perlu diingat, memilih ban mobil yang berkualitas dan sesuai dengan jenis dan tipe mobil bisa mendongkrak performa, kenyamanan dan keselamatan pengendara. 

Penulis: Dinno Baskoro

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku