Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Mengetahui Metal Duduk Mobil Mulai Aus dan Penyebabnya
19 Maret 2022
metal duduk aus

Metal duduk yang sudah aus biasanya akan memberikan pertanda tertentu yang perlu Anda waspadai. Artikel ini akan membahasnya dengan lebih lengkap beserta penyebabnya, sehingga Anda jadi bisa lebih berhati-hati dan segera memperbaikinya sebelum terlambat.

Pertanda Metal Duduk Mobil Mulai Aus

Komponen metal duduk pada mobil biasa dikenal juga dengan istilah journal bearing atau main bearing. Tugasnya adalah berperan sebagai bantalan supaya putaran setang piston dan kruk as bisa selaras. Perannya sangat penting untuk bisa memastikan kruk as bisa berfungsi dengan baik.

Pertanda awal ketika metal duduk mobil mulai aus bisa dikenal dari suara mesin mobil yang terdengar lebih kasar dari biasanya. Bunyi kasar ini akan terdengar lebih kentara ketika putaran mesin semakin tinggi. Gejala lain yang mungkin juga akan terasa adalah tenaga mesin yang akan mulai menurun.

Semua pertanda ini muncul akibat metal duduk yang aus membuat putaran kruk as menjadi tidak stabil, sehingga performa mesin jadi turun dan muncul suara mesin yang kasar. Jika metal duduk tidak segera diperbaiki atau diganti dengan yang baru, maka lama kelamaan suara mesin bisa semakin kasar karena kerusakan metal duduk yang akan semakin parah. 

Penyebab Metal Duduk Mobil Aus

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan metal duduk mobil menjadi aus, salah satunya adalah sering terlambat melakukan ganti oli. Oli yang sudah terlalu lama digunakan di dalam mesin, lama-kelamaan kualitas pelumasannya akan berkurang. Ini bisa menyebabkan gesekan pada mesin semakin tinggi, termasuk di bagian metal duduk yang bisa menjadi semakin aus.

Baca Juga: Manfaat Pasang Water Separator pada Mobil Mesin Diesel

Penyebab lain yang mungkin terjadi adalah karena adanya sludge atau endapan pada oli di dalam mesin. Oli yang terlalu banyak bisa mengendap dan justru mengakibatkan oli tidak bisa mengalir menuju komponen penting dalam mesin yang membutuhkannya.

Metal duduk yang sudah aus bisa mempengaruhi jarak atau kerenggangan antar komponen mesin mobil lainnya. Jika tidak segera ditangani, kerusakan metal duduk ini bisa menyebabkan kerusakan komponen mesin yang lain, bahkan mobil bisa sampai harus mengalami turun mesin. 

Salah satu contohnya adalah metal duduk yang aus bisa mempengaruhi kinerja setang piston. Pada tingkat yang sudah parah, setang piston bisa terlepas dan menabrak bagian klep atau valve. Di sinilah pentingnya Anda untuk mewaspadai pertanda metal duduk mobil yang mulai aus seperti yang sudah dibahas di atas.

Mengantisipasi Metal Duduk Aus Dengan Melakukan Servis Rutin

Pada beberapa kasus, metal duduk yang aus bisa tidak memberikan pertanda sama sekali, inilah yang berbahaya. Jika Anda rajin melakukan servis rutin, mekanik bisa mendeteksi lebih dini dan langsung memberitahu Anda jika ada masalah dengan komponen dalam mesin.

Untuk Anda pengguna mobil Daihatsu yang mungkin malas atau tidak punya waktu luang untuk melakukan servis rutin, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah hadir layanan Booking Service. 

Dengan layanan ini Anda bisa melakukan booking awal untuk jadwal servis rutin Anda di bengkel resmi Daihatsu. Jadi, tidak perlu mengantri lagi dan jadwalnya pun bisa disesuaikan dengan waktu luang Anda.

Bengkel resmi Daihatsu juga akan bisa memberikan Anda berbagai keuntungan lainnya seperti garansi servis, spare part asli yang siap 24 jam, mekanik yang profesional, dan sebagainya. Anda bisa mengunjungi laman kami untuk informasi seputar layanan servis Daihatsu dan berbagai penawaran menarik lainnya.

Tips Sahabat Lainnya
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor