Logo Daihatsu
Menu

Tips Mengetahui Metal Duduk Mobil Mulai Aus dan Penyebabnya

Otomotif

2022-03-19

metal duduk aus

Metal duduk yang sudah aus biasanya akan memberikan pertanda tertentu yang perlu Anda waspadai. Artikel ini akan membahasnya dengan lebih lengkap beserta penyebabnya, sehingga Anda jadi bisa lebih berhati-hati dan segera memperbaikinya sebelum terlambat.

Pertanda Metal Duduk Mobil Mulai Aus

Komponen metal duduk pada mobil biasa dikenal juga dengan istilah journal bearing atau main bearing. Tugasnya adalah berperan sebagai bantalan supaya putaran setang piston dan kruk as bisa selaras. Perannya sangat penting untuk bisa memastikan kruk as bisa berfungsi dengan baik.

Pertanda awal ketika metal duduk mobil mulai aus bisa dikenal dari suara mesin mobil yang terdengar lebih kasar dari biasanya. Bunyi kasar ini akan terdengar lebih kentara ketika putaran mesin semakin tinggi. Gejala lain yang mungkin juga akan terasa adalah tenaga mesin yang akan mulai menurun.

Semua pertanda ini muncul akibat metal duduk yang aus membuat putaran kruk as menjadi tidak stabil, sehingga performa mesin jadi turun dan muncul suara mesin yang kasar. Jika metal duduk tidak segera diperbaiki atau diganti dengan yang baru, maka lama kelamaan suara mesin bisa semakin kasar karena kerusakan metal duduk yang akan semakin parah. 

Penyebab Metal Duduk Mobil Aus

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan metal duduk mobil menjadi aus, salah satunya adalah sering terlambat melakukan ganti oli. Oli yang sudah terlalu lama digunakan di dalam mesin, lama-kelamaan kualitas pelumasannya akan berkurang. Ini bisa menyebabkan gesekan pada mesin semakin tinggi, termasuk di bagian metal duduk yang bisa menjadi semakin aus.

Baca Juga: Manfaat Pasang Water Separator pada Mobil Mesin Diesel

Penyebab lain yang mungkin terjadi adalah karena adanya sludge atau endapan pada oli di dalam mesin. Oli yang terlalu banyak bisa mengendap dan justru mengakibatkan oli tidak bisa mengalir menuju komponen penting dalam mesin yang membutuhkannya.

Metal duduk yang sudah aus bisa mempengaruhi jarak atau kerenggangan antar komponen mesin mobil lainnya. Jika tidak segera ditangani, kerusakan metal duduk ini bisa menyebabkan kerusakan komponen mesin yang lain, bahkan mobil bisa sampai harus mengalami turun mesin. 

Salah satu contohnya adalah metal duduk yang aus bisa mempengaruhi kinerja setang piston. Pada tingkat yang sudah parah, setang piston bisa terlepas dan menabrak bagian klep atau valve. Di sinilah pentingnya Anda untuk mewaspadai pertanda metal duduk mobil yang mulai aus seperti yang sudah dibahas di atas.

Mengantisipasi Metal Duduk Aus Dengan Melakukan Servis Rutin

Pada beberapa kasus, metal duduk yang aus bisa tidak memberikan pertanda sama sekali, inilah yang berbahaya. Jika Anda rajin melakukan servis rutin, mekanik bisa mendeteksi lebih dini dan langsung memberitahu Anda jika ada masalah dengan komponen dalam mesin.

Untuk Anda pengguna mobil Daihatsu yang mungkin malas atau tidak punya waktu luang untuk melakukan servis rutin, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah hadir layanan Booking Service. 

Dengan layanan ini Anda bisa melakukan booking awal untuk jadwal servis rutin Anda di bengkel resmi Daihatsu. Jadi, tidak perlu mengantri lagi dan jadwalnya pun bisa disesuaikan dengan waktu luang Anda.

Bengkel resmi Daihatsu juga akan bisa memberikan Anda berbagai keuntungan lainnya seperti garansi servis, spare part asli yang siap 24 jam, mekanik yang profesional, dan sebagainya. Anda bisa mengunjungi laman kami untuk informasi seputar layanan servis Daihatsu dan berbagai penawaran menarik lainnya.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kenali Gejala Awal Rusaknya AC Mobil

2022-03-19

Mobil tanpa AC ibarat kaum adam tanpa kaum hawa. Merasa hidup tapi serasa ada yang kurang alias belum lengkap. Kamu juga pasti tidak ingin menghadapi teriknya sinar mata

thumbnail

Terlihat Lebih Mewah, Yuk Intip Cara Mengkilapkan Cat Mobil Warna Hitam

2022-03-19

Mobil warna hitam seringkali menjadi pilihan oleh banyak orang, karena warnanya yang terlihat maskulin dan elegan. Namun untuk merawat body mobil dengan warna hitam tak

thumbnail

Kenali Penyebab Rusaknya AC Mobil

2022-03-19

Apakah kini ada Sahabat yang mau berpanas-panasan di dalam mobil? Bermandikan keringat akibat udara yang membuat gerah. Apalagi kalau jalanan sedang macet.

thumbnail

Berapa Denda Jika Tidak Pakai Sabuk Pengaman Mobil?

2022-03-19

Pengemudi kendaraan roda 4 atau lebih wajib menggunakan sabuk pengaman. Jika tidak mereka akan mendapatkan sanksi dan denda tidak pakai sabuk pengaman mobil.Sudah umum jika