Logo Daihatsu
Menu

Manfaat Pasang Water Separator pada Mobil Mesin Diesel

Otomotif

2022-02-07

Water Separator Mesin Diesel

Bagi para pemilik kendaraan mobil bertenaga mesin diesel, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terutama berkaitan dengan pemeliharaan dan penggunaan bahan bakar kendaraan. Secara umum, terdapat komponen khusus yang berperan untuk menjaga proses pembakaran mesin yakni filter solar dan water separator mesin diesel.

Kedua komponen tersebut memiliki fungsi umum yang hampir sama yakni untuk menyaring kotoran yang terkandung dalam bahan bakar solar. Kira-kira, apa saja perbedaan yang dimiliki oleh kedua komponen tersebut? Apa pula manfaat dari memasang water separator pada mobil bermesin diesel?

Filter Solar dan Water Separator Mesin Diesel

Pada dasarnya, komponen penyaring bahan bakar solar yang paling umum ditemukan adalah filter solar. Sementara water separator hanya dapat ditemukan pada beberapa mesin diesel dengan kondisi tertentu.

Fungsi umum dari filter solar dan water separator sendiri adalah untuk menyaring kotoran dan kandungan air dalam bahan bakar solar sebelum masuk ke bagian mesin pembakaran.

Untuk fungsi spesifiknya, pemasangan filter solar bertujuan untuk menyaring kandungan sulfur dan menyerap kandungan air. Sementara itu, water separator berfungsi untuk membantu menyerap kandungan air yang berlebihan yang tidak terserap oleh filter solar.

Dapat dikatakan bahwa peran water separator ini merupakan komponen penyaring tambahan yang bekerja secara beriringan dengan filter solar. 

Meski begitu, water separator memiliki peran yang lebih ‘ampuh’ dalam menyaring atau memisahkan kandungan air yang terdapat dalam bahan bakar solar. Sedangkan filter solar tidak mampu menahan air dalam jumlah yang besar karena komponen tersebut hanya bisa menyerap sedikit kandungan air, bukan memisahkan ataupun menyaring.

Manfaat Pemasangan Water Separator Mesin Diesel

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pemasangan water separator pada mobil bermesin diesel, yakni :

1. Untuk Menyaring Kandungan Air yang Tercampur dalam Solar

Komponen water separator lebih sering Anda jumpai pada kendaraan-kendaraan besar (seperti truk, bus, dan lain-lain) atau jenis mesin diesel tertentu yang sering menggunakan bahan bakar solar berkualitas rendah atau memiliki cetane number rendah.

Mengapa demikian? Hal ini karena bahan bakar solar yang berkualitas rendah memiliki kandungan air yang terbilang tinggi.

Oleh karena itu, diperlukan suatu komponen mesin yang mampu memisahkan kandungan air dalam bahan bakar solar secara optimal.  Di sini, water separator mesin diesel adalah komponen yang cocok untuk melakukan peran-peran tersebut dengan lebih baik.

Pada bagian dalam water separator, terdapat saringan pemisah khusus yang berfungsi untuk memisahkan dan menjebak kandungan air  dari solar menuju ke dalam suatu tampungan. Proses penyaringan ini akan terjadi saat bahan bakar solar mulai mengalir ke bagian dalam water separator tersebut.

2. Menjaga Mesin Tetap Aman 

Penggunaan bahan bakar berkualitas murah memang dinilai sangat berisiko terhadap kesehatan mesin kendaraan. Namun, water separator ini dapat sedikit mengurangi potensi masalah mesin akibat penggunaan bahan bakar solar dengan cetane number rendah.

Selain itu, komponen water separator juga tidak ditemukan dalam mobil diesel common rail maupun mobil penumpang mesin diesel modern lainnya. 

Dari sini, Anda bisa mengetahui bahwa pemilik mobil bermesin diesel juga bisa untuk tidak memasangkan komponen water separator jika menggunakan bahan bakar solar berkualitas tinggi (atau solar yang tidak banyak mengandung air).

Syarat untuk menjaga mesin mobil agar tetap aman memang beragam. Selain karena bahan bakar, produk kendaraan juga punya pengaruh besar terhadap penyediaan mesin yang berkualitas.

Baca Juga: Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel

Cari Kendaraan Berkualitas? Daihatsu Saja!

Ingin memiliki mobil dengan kapasitas mesin yang tangguh dan berkualitas? Anda bisa memiliki salah satu produk kendaraan masa kini dari Daihatsu. Untuk informasi lebih lengkapnya, silakan kunjungi laman penawaran daihatsu.co.id dan tentukan pilihan kendaraan ideal Anda dengan bijak.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Persiapan Mudik Membawa Bayi agar Selama Perjalanan Lebih Nyaman

2022-02-07

Persiapan mudik membawa bayi merupakan satu hal yang perlu diperhitungkan matang agar si kecil betah selama perjalanan. Tak cuma faktor kenyamanan saja yang perlu diperh

thumbnail

Aki Basah vs Aki Kering. Pilih Mana?

2022-02-07

Aki atau accumulator yang biasa disingkat accu merupakan salah satu jenis baterai yang umumnya digunakan sebagai penyuplai daya listrik

thumbnail

5 Tips Menghindari Kerusakan Body Mobil, Karat dan Jamur Tidak akan Mampir!

2022-02-07

Kerusakan body mobil adalah hal yang sangat dihindari oleh pemilik kendaraan. Hal ini dikarenakan perawatannya pasti memakan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, tip

thumbnail

Mengenal Daihatsu Zebra, Sejarah, Spesifikasi, Kelebihan, Harga, dan Cara Menghitung Pajaknya

2022-02-07

Daihatsu Zebra merupakan salah satu mobil minibus legendaris yang hingga saat ini tetap beroperasi di jalanan. Sahabat bisa melihatnya sendiri di jalanan masih saja ada