Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Menyantap Nasi Padang untuk Sahabat yang Lagi Diet
03 Februari 2021
nasi padang

Banyak pelaku diet yang menghindari nasi padang karena takut menggagalkan diet mereka. Padahal, nasi padang masih layak dikonsumsi, bahkan oleh pelaku diet sekalipun.

Hal itu senada dengan apa yang diutarakan Prof Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini, mengkonsumsi nasi padang masih aman bagi para pelaku diet. Asal, kita bisa mengkonsumsinya secara bijaksana.

Di artikel ini, kami akan memberikan tips menyantap nasi pada untuk Sahabat yang lagi diet. Semoga tips yang kami beri nanti bisa membuat Sahabat bisa menikmati nasi padang secara bijak. Sehingga, diet Sahabat pun jadi tak terganggu.

Tanpa berbasa-basi lagi, langsung saja simak tips yang kami maksud di bawah ini!

Batasi Jumlah Lauk yang Disantap

Tips pertama yang mesti dilakukan adalah membatasi jumlah lauk yang hendak disantap. Disarankan untuk hanya menyantap satu lauk saja saat nanti menyantap nasi padang.

Terdapat dua macam lauk yang dimiliki nasi padang, yaitu lauk yang digoreng dan lauk berbahan santan. Menurut peneliti Gusnaedi, S.TP, MPH, lauk yang bersantan sangat disarankan bagi mereka yang tengah melakoni diet.

Pasalnya, lauk nasi padang yang bersantan akan memicu orang-orang untuk menyantap sayur. Lauk yang bersantan juga memiliki zat antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, disarankan untuk menyantap lauknya secara berlebihan, karena hal itu justru bisa menggagalkan diet Sahabat.

Perbanyak Sayur-Sayuran

Nasi padang tak hanya berisi lauk saja. Tetapi, juga sayur-sayuran semacam mentimun dan rebusan daun singkong. Perbanyaklah sayur-sayuran tersebut, bila ingin makan nasi padang walau tengah dalam kondisi diet. Sayur-sayuran tersebut punya banyak kandungan serat yang dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Jangan khawatir, karena semua rumah makan padang punya sayur-sayuran semacam itu. Sahabat tinggal minta kepada mereka untuk memperbanyak porsi sayur-sayuran tersebut.

Pilihlah Minuman yang Lebih Menyehatkan

Banyak orang yang memilih minuman manis seperti jus alpukat, bila mereka telah selesai menyantap nasi padang. Bila Sahabat tengah melakoni diet, hal tersebut sebaiknya jangan dilakukan.

Melakukan hal tersebut hanya akan membuat diet Sahabat menjadi gagal. Sebagai gantinya, pilih teh tawar atau air hangat sebagai minuman yang Sahabat konsumsi nanti. Kebetulan, rumah makan padang lazim sekali menyediakan dua jenis minuman tersebut secara gratis untuk pelanggan.

Jangan Lupa Makan Buah-Buahan

Selain memilih minuman yang lebih sehat, Sahabat juga mesti menyantap buah-buahan setelah nanti menyantap nasi padang. Sebetulnya, Sahabat bisa menyantap buah-buahan sebelum mengonsumsi nasi padang.

Namun, bila Sahabat baru bisa melakukannya setelah makan nasi adang, hal tersebut tidaklah mengapa. Buah-buahan yang dikonsumsi sendiri bisa apa saja. Namun, sangat direkomendasikan untuk menyantap buah yang kaya serat. Semisal apel, pir, dan juga mangga.

Kurangi Porsi Nasinya

Biasanya, nasi yang disajikan pada nasi padang punya porsi yang besar. Untuk Sahabat yang tengah berdiet, porsi nasi itu sebaiknya dikurangi, setidaknya seperempat dari porsi nasi tersebut. Hal itu dilakukan agar Sahabat tidak menerima karbohidrat secara berlebih.

Sahabat juga mesti menentukan kapan saja Sahabat bisa menyantap nais padang. Sebagai rekomendasi, Sahabat bisa menyantap nasi padang selama 2 kali seminggu saja.

Baca juga : Daftar Makanan Khas Indonesia yang Dibuat dari Jagung

Demikianlah sejumlah tips menyantap nasi padang untuk Sahabat yang tengah berdiet. Semoga bisa membantu Sahabat untuk tetap bisa menyantap lezatnya nasi padnag, walaupun tengah dalam kondisi diet.

Penulis : Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku