Logo Daihatsu
Menu

Tips Merawat Kulit Setir Mobil Agar Tak Gampang Rusak

Otomotif

2022-02-07

Kulit Setir Mobil Rusak

Setir mobil adalah salah satu bagian interior mobil yang paling berperan untuk mempercantik tampilan mobil. Umumnya setir mobil sekarang ini terbungkus oleh material kulit sintetik yang memang agak merepotkan kalau sampai rusak atau terkelupas.

Untuk menghindarinya, berikut adalah beberapa tips mudah untuk merawat kulit setir mobil supaya tidak mudah rusak.

Tips Merawat Kulit Setir Mobil Agar Tak Gampang Rusak

Bersihkan Kulit Setir Mobil Dengan Cara yang Sesuai

Ada dua bahan setir mobil yang biasa ditemukan, yaitu bahan vinyl atau plastik dan kulit. Cara pembersihan yang diperlukan untuk kedua bahan ini pun berbeda, dan Anda harus menyesuaikannya jika tidak ingin material cepat rusak.

Untuk setir mobil yang terbuat dari bahan kulit, Anda perlu membersihkannya dengan cairan pembersih khusus untuk kulit. Jika tidak ada, Anda juga bisa menggunakan air hangat yang dicampurkan dengan shampoo.

Sebelum membersihkan, masukkan cairan pembersih ke dalam botol spray supaya lebih praktis, dan siapkan juga kain lap bersih dengan permukaan yang halus dan sikat gigi.

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan setir mobil berbahan kulit:

  1. Bersihkan setir dari debu dan kotoran dengan kain lap yang kering
  2. Kalau sudah bersih, semprotkan cairan pembersih yang sudah disiapkan ke seluruh permukaan setir dan tunggu beberapa saat
  3. Gosok-gosok lembut permukaan setir menggunakan sikat gigi, terutama pada bagian yang memiliki noda membandel dan sulit dihilangkan
  4. Untuk bagian setir yang memiliki tombol-tombol, Anda bisa membersihkannya menggunakan kain lap bersih yang sudah dibasahi dan diperas sampai kering dan lembab hingga tidak ada air yang menetes
  5. Jika sudah, bersihkan seluruh permukaan setir dengan kain lap bersih yang kering

Sentuh Setir Dengan Kondisi Tangan Kering

Setir mobil adalah bagian mobil yang akan paling sering bersentuhan dengan permukaan tangan Anda, dan kondisi permukaan tangan Anda juga bisa mempengaruhi lapisan kulit pada setir. Disarankan untuk selalu menyentuh setir mobil dalam kondisi tangan yang kering dan bebas dari berbagai kotoran dan cairan.

Untuk Anda yang memang memiliki telapak tangan yang sering berkeringat, Anda bisa membersihkan tangan terlebih dulu hingga kering sebelum mulai menyetir.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Ketika memarkir mobil, entah itu di dalam atau di luar ruangan, usahakan supaya bagian dalam mobil tidak terkena sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari ini akan bisa berdampak buruk, terutama pada bahan kulit karena bisa menyebabkan permukaannya mengelupas. Ini bahkan adalah salah satu penyebab utama kerusakan setir mobil berbahan kulit.

Selalu perhatikan tempat Anda memarkir mobil, dan pastikan tempatnya teduh dan terhindar dari paparan sinar matahari. 

Hindari Menggunakan Aksesoris Tangan yang Tajam

Berbagai jenis aksesoris yang Anda kenakan di tangan ternyata tanpa sadar bisa menggores permukaan setir mobil berbahan kulit, bahkan lama kelamaan lapisan kulit bisa rusak dan terkelupas. Anda perlu berhati-hati dalam memilih aksesoris untuk digunakan saat menyetir, karena terkadang aksesoris yang permukaannya tidak tajam juga bisa menggores.

Beberapa contoh aksesoris yang perlu dihindari adalah cincin, gelang, aksesoris kuku, dan sebagainya. Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan pada lapisan kulit setir mobil, Anda bisa mempertimbangkan untuk melepas aksesoris ini sebentar ketika sedang menyetir.

Baca Juga: Cara Meringankan Setir Mobil Manual

Anda bisa mendapatkan berbagai tips seputar mobil dan pengalaman berkendara di Daihatsu.co.id. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai penawaran terbaru dari produk-produk keluaran terbaru Daihatsu yang memang sudah terbukti kelasnya, seperti Rocky, Ayla, Sigra, All New Xenia, All New Terios, All New Sirion, Luxio, Granmax MB, Granmax PU, dan sebagainya.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini Cara Mengendarai Mobil SUV

2022-02-07

Bagi Sahabat yang baru mengenal mobil SUV, cara mengendarai

thumbnail

Tips Mudah Mengetahui Kualitas Kampas Rem Cakram

2022-02-07

Sistem rem pada mobil merupakan komponen yang sangat penting untuk mengendalikan mobil bahkan berkaitan erat dengan menjaga keselamatan dalam berkendara. Oleh sebab itu,

thumbnail

Ciri-Ciri Selang Radiator Mobil Rusak dan Perlu Diganti

2022-02-07

Selang radiator sering tidak dianggap penting padahal termasuk salah satu komponen yang bermanfaat sebagai pendingin mesin mobil. Selang radiator berfungsi untuk mengali

thumbnail

5 Cara Mengemudi Mobil Manual Di Tanjakan

2022-02-07

Melenggang di jalan perkotaan yang cenderung mulus dan rata mungkin adalah pekerjaan sederhana bagi sebagian orang, namun bagaimana jika Anda harus menempuh rintangan be