Logo Daihatsu
Menu

Tips Mudah Mengetahui Gejala Kebocoran Booster Rem Mobil

Otomotif

2022-06-30

Gejala Kebocoran Booster Rem

Mobil menjadi alat transportasi pilihan utama bagi sebagian besar orang Indonesia. Namun sayangnya, banyak orang yang masih sering tidak memperhatikan kondisi kelayakan mobil, termasuk kondisi rem. Berikut adalah informasi tentang gejala kebocoran booster rem mobil.

Rem merupakan bagian penting mobil yang berfungsi untuk menahan laju kendaraan agar aman dikendarai. Terdapat dua jenis rem, yaitu rem tangan dan rem kaki. Meskipun sudah ada dua jenis rem, namun teknologi saat ini telah menambahkan booster pada rem mobil.

Fungsi booster rem di mobil adalah untuk memberikan dorongan tambahan agar pengemudi tidak perlu menginjak pedal rem dengan kuat-kuat. Dengan adanya booster pada rem memberikan keringanan kepada pengemudi mobil.

Gejala Kebocoran Booster Rem Mobil

Lantas bagaimana jika booster rem mengalami kebocoran? Maka sudah pasti pengemudi akan membutuhkan tenaga ekstra untuk menginjak pedal rem. Simak apa saja gejala kebocoran booster rem mobil di bawah ini.  

1. Pedal Rem Terasa Keras

Salah satu tips mengetahui gejala kebocoran booster rem mobil adalah dengan menginjak rem. Jika pedal rem naik secara perlahan, maka booster rem masih aman dan tidak mengalami kebocoran.

Sebaliknya jika setelah diinjak pedal rem langsung naik dan terasa keras, maka Anda sebaiknya memeriksa kondisi rem mobil. Diduga kuat booster rem mobil Anda mengalami kebocoran.

Jika pedal rem terasa keras dan booster memang mengalami kebocoran, maka kondisi rem mobil tidak akan maksimal saat digunakan. Anda butuh menginjak pedal rem kuat-kuat agar mobil bisa benar-benar berhenti.

2. Muncul Suara Mendesis Saat Rem Bekerja

Gejala lain dari kebocoran booster rem adalah munculnya suara mendesis saat rem bekerja. Pada umumnya, kondisi rem yang bagus tidak akan mengeluarkan suara apapun saat digunakan.

Namun pada kondisi booster rem yang mengalami kebocoran, akan keluar suara mendesis pada saat digunakan. Penyebabnya utamanya yaitu selang kevakuman yang bocor, sehingga ada udara yang keluar melalui selang vakum tersebut.

3. Mesin Mobil Menjadi Tidak Stabil

Booster rem bekerja pada saat mesin mobil dinyalakan. Karena booster rem memiliki selang kevakuman yang terhubung dengan intake manifold mesin. Sehingga pada saat booster rem bekerja dengan baik, maka intake manifold mesin juga bisa bekerja dengan baik. Mesin mobil pun aman stabil pada saat digunakan.

Sebaliknya jika terjadi kebocoran pada booster rem, maka otomatis terjadi kebocoran di intake manifold. Sehingga selang kevakuman tidak bekerja dengan maksimal dan mesin mobil menjadi tidak stabil.

Tiga gejala di atas merupakan tanda paling umum yang sering terjadi pada booster rem yang mengalami kebocoran. Melalui tiga gejala yang cukup mudah diidentifikasi, Anda sebagai pengemudi sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki booster remnya.

Baca Juga: 3 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kampas Rem Mobil Cepat Habis

Petugas bengkel akan menjelaskan apa penyebab kebocoran booster rem di kendaraan anda. Misalnya seperti ada kebocoran selang vakum, membran karet rusak, ada oli mesin masuk ke booster rem, atau banyak kotoran yang menyumbat selang.

Nah, Anda  telah membaca informasi tentang gejala kebocoran pada booster rem mobil. Meskipun kasus kebocoran booster rem cukup jarang terjadi, namun bukan tidak mungkin kejadian tersebut terjadi pada anda.

Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi mobil secara berkala untuk mengetahui bagian-bagian mana saja yang perlu diperbaiki. Anda  bisa langsung menghubungi kami, Daihatsu Service Care untuk mengetahui lebih jelas tentang hal-hal yang berhubungan dengan mobil Anda. Termasuk mengetahui gejala kebocoran booster rem mobil.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Memperbaiki Subwoofer yang Mati

2022-06-30

Subwoofer merupakan salah satu komponen di dalam mobil yang dibutuhkan untuk membuat suasana mobil lebih hidup. Ketika subwoofer rusak, rasanya mobil menjadi sepi. Ada y

thumbnail

Bahaya Meninggalkan Anak Sendirian di Dalam Mobil

2022-06-30

Bagi Sahabat yang sering meninggalkan anak sendirian di mobil, ketahuilah apa bahayanya. Karena walaupun hanya sebentar, tak menutup kemungkinan hal-hal yang tidak diing

thumbnail

Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Ban untuk Muatan Berat

2022-06-30

Ban merupakan komponen penting yang dibutuhkan dalam menunjang keselamatan berkendara di jalan. Oleh karena itu, sahabat tidak boleh sembarangan dalam memilih ban, terle

thumbnail

Mesin Mobil Bunyi Klotok-Klotok, Ternyata Ini Penyebabnya!

2022-06-30

Mesin mobil bunyi klotok-klotok merupakan satu pertanda kalau ada yang nggak beres pada mesin dan gejala ini tidak bisa dianggap sepele. Kondisi ini sering kali bikin pe