Torsi Mobil 101: Pengertian, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Tenaga Mobil
Ketika Sahabat membaca review sebuah mobil, pasti Sahabat akan mendengar istilah torsi. Lantas, apa torsi itu sendiri? Bagi Sahabat yang belum tahu, jangan khawatir. Di sini, kita sama-sama akan mencari tahu apa itu torsi pada mobil. Mulai dari pengertian, fungsi, sampai perbedaannya dengan tenaga mobil.
Untuk selanjutnya, mari kita simak saja pembahasan di bawah ini!
Pengertian Torsi Mobil
Secara bahasa, torsi mobil didefinisikan sebagai gaya dorong yang lazim diproduksi pada mesin mobil. Sedangkan berdasarkan istilah otomotif, torsi mobil adalah energi yang dihasilkan mobil. Mulai dari saat mobil masih terdiam, hingga mobil pun bergerak.
Torsi sendiri nantinya akan mempengaruhi akselerasi pada mobil. Semakin besar torsi mobil, maka semakin akselerasi pada mobil akan semakin baik. Torsi pada mobil lazimnya dihasilkan dari mekanisme pergerakan yang dihasilkan oleh piston dan poros engkol.
Fungsi Torsi Mobil
Torsi pada mobil punya fungsi untuk mempengaruhi akselerasi pada mobil. Persis seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya di sub judul pengertian torsi mobil.
Sebelum menghasilkan akselerasi, torsi pada mobil biasanya akan ditransfer dulu ke roda mobil. Nantinya, torsi tersebut bisa diubah atau dimanipulasi. Caranya, dengan mengubah susunan pada gigi transmisi mobil. Bila berhasil, maka torsi tersebut bisa menghasilkan akselerasi yang baik pada mobil.
Perbedaan Torsi dan Tenaga Pada Mobil
Banyak yang masih menyamakan torsi mobil dengan tenaga. Padahal, keduanya punya beberapa perbedaan, walau saling terhubung. Adapun beberapa perbedaan tersebut adalah:
1. Fungsi
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kalau torsi mobil punya fungsi untuk mempengaruhi akselerasi mobil. Hal itu berbeda jauh dengan tenaga mobil. Adapun tenaga mobil sendiri punya fungsi untuk memberi kecepatan pada mobil.
2. Rumus Pencarian dan Satuan
Torsi dan tenaga mobil juga punya perbedaan dari segi rumus pencarian. Untuk torsi, rumus pencarian yang dipakai adalah hasil kali gaya dan jarak. Sedangkan tenaga mobil punya rumus pencarian berupa hasil kali torsi dan RPM mobil.
Selain rumus pencarian, satuan yang dipakai keduanya juga berbeda. Pada torsi, satuan yang dipakai adalah Newton (N), serta Kilogram meter (Kgm). Adapun pada tenaga mobi, satuan yang lazim dipakai adalah HP dan PS.
3. Kemampuan untuk Dimanipulasi
Untuk perbedaan satu ini, torsi mobil lebih mudah dimanipulasi. Caranya adalah dengan mengubah susunan pada gigi transmisi mobil. Torsi pun juga bisa dimanipulasi dengan memakai alat khusus, yaitu girboks. Alat tersebut bisa membantu menaikkan nilai torsi pada mobil. Hal sebaliknya tidak berlaku pada tenaga mobil. Tenaga tidak bisa dimanipulasi, baik dengan atau tanpa alat.
4. Peran
Perbedaan terakhir yang dimiliki torsi dan tenaga mobil adalah pada peran keduanya. Torsi punya peran penting saat mobil tengah diam. Saat mobil diam, torsi akan mengalirkan ledakan pada proses pembakaran mesin ke sejumlah tempat.
Semisal roda gila, roda gardan, dan gigi transmisi. Nantinya ledakan tersebut akan menjadi energi yang menggerakkan ban, serta meningkatkan akselerasi mobil.
Sementara itu, tenaga justru akan berperan saat mobil bergerak. Saat mobil bergerak, tenaga akan membantu roda untuk berputar lebih cepat. Sehingga, mobil pun bisa menghasilkan kecepatan yang dibutuhkan mobil.
Demikianlah sekelumit pembahasan mengenai torsi mobil. Mulai dari pengertian sampai perbedaannya dengan tenaga mobil. Bagaimana, apakah Sahabat sudah paham apa itu torsi pada mobil?
Penulis : Anggie Warsito