Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Inilah Perbedaan Torsi dan Horse Power dalam Dunia Otomotif
21 November 2023
Inilah Perbedaan Torsi dan Horse Power dalam Dunia Otomotif

Pada dasarnya, mesin kendaraan adalah mesin yang kompleks dengan dua parameter utama yang sering kali menjadi sorotan, yaitu torsi dan horsepower. Meskipun keduanya sering dihubungkan, perbedaan mendasar antara torsi dan horsepower menjadi penentu utama dalam performa dan kemampuan suatu kendaraan.

Memahami tentang perbedaan torsi dan horse power (HP) merupakan sangat penting bagi pemilik kendaraan. Lantas, apakah perbedaan dari kedua aspek dalam kendaraan bermotor tersebut? Di artikel kali ini, kita akan membahas perbedaan Torsi dan Horse Power di dunia otomotif.

Perbedaan Torsi dan Horse Power di Dunia Otomotif

Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian dan perbedaan antara Horse Power (HP) dan Torsi pada kendaraan.

1. Pengertian Torsi

Menurut KBBI istilah torsi berarti pemutaran, dalam fisika disebut juga momen gaya. Lantas dalam dunia otomotif torsi adalah sistem mobil yang berfokus kepada sisi akselerasi. Ketika bahan bakar di pembakaran mulai terbakar, maka akan terjadi mekanisme gerakan antara piston dan poros engkol yang menghasilkan sebuah gerakan putaran, nah gaya putaran ini yang disebut torsi.

Secara sederhana, torsi bisa juga diartikan energi atau gaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan energi kinetik dalam bentuk gerakan rotasi yang muncul sejak mobil berada dalam keadaan diam hingga berjalan.

Torsi merupakan gaya putar hasil dari mesin kendaraan. Aspek tersebut mempunyai satuan Newton meter atau Nm dan menjadi gambaran seberapa besar gaya dari mesin untuk bisa menggerakan kendaraannya.

Semakin tinggi nilai dari aspek tersebut, maka kendaraan mobil dapat lebih mudah untuk melakukan akselerasi serta saat melewati tanjakan. Pada saat Anda melihat mobil di jalan dapat berkendara dengan lancar meski membawa beban berat, itu menunjukkan bahwa torsinya besar.

Kekuatan torsi pada mobil menjadi tolok ukur seberapa kuat kendaraan dalam mengarungi tantangan seperti membawa beban atau melewati tanjakan. Hal tersebut dapat membuat para pengendara merasakan pengalaman berkendara yang lebih aman serta nyaman.

Namun, tentu seberapa tinggi torsi tersebut nantinya akan disesuaikan lagi dengan selera serta kebutuhan dari pengendara. Tidak ada patokan apakah Anda harus mencari mobil dengan torsi tinggi atau rendah.

2. Pengertian Horse Power 

HP atau Horse Power merupakan tolok ukur daya kuda pada mesin mobil atau kendaraan bermotor lainnya. Satu Horse Power ini setara 746 watt dan menjadi penunjuk seberapa besarnya daya yang diproduksi dari mesin.

Semakin besar tenaga dari Horse Power mobil maka akan membuat kendaraan bergerak lebih cepat. Mobil dengan Horse Power tinggi dapat dengan lebih mudah untuk mencapai kecepatan tinggi.

Oleh karena itu, saat terdapat mobil dijalan melaju dengan kecepatan tinggi, maka bisa disebabkan oleh mesin mobilnya yang memiliki Horse Power cukup tinggi. Artinya, Horse Power menjadi faktor penting yang memengaruhi mobil dalam mencapai tingkat kecepatan tinggi.

Terkadang, memiliki mobil cepatnya luar biasa dapat membuat kendaraan bekerja secara impresif. Namun, hal itu tentu kembali lagi disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi dari jalanan yang dilalui oleh kendaraannya.

3. Perbedaan Horse Power dan Torsi

Berikutnya, akan dibahas tentang apa saja perbedaan dari Horse Power dengan Torsi. Pada dasarnya, kedua aspek tersebut memanglah berbeda tetapi secara fungsi keduanya saling terkait dan melengkapi.

Torsi dapat menjadi penunjuk berapa besar gaya yang dimiliki mesin untuk dapat menggerakan mobilnya. Sementara Horse Power merupakan penunjuk seberapa cepatkah mesin bisa memproduksi tenaga.

Mesin yang mempunyai torsi besar dapat membuat kendaraannya memiliki akselerasi cepat dan kuat dalam menanjak. Sementara itu, saat mempunyai Horse Power besar, mobil dapat meraih tingkat kecepatan tinggi lebih baik.

Dari penjelasan tersebut, torsi serta Horse Power mempunyai perbedaan dalam pengukuran kekuatan dan pengaruhnya pada kendaraannya. Namun, secara keseluruhan keduanya punya peranan penting pada performa mobil.

1 horse power berapa?

Berdasarkan data pengukuran, didapatkan informasi bahwa 1 Horsepower (HP) setara dengan rentang nilai antara 735.5 hingga 745.7 watt. Oleh karena itu, 1 HP memiliki kapasitas untuk menghasilkan daya yang signifikan dan menjadi sumber energi yang potensial dalam konteks kendaraan bermotor.

Bagaimana cara menghitung horsepower?

Konsepnya, mesin yang memiliki torsi lebih besar cenderung memiliki tenaga yang lebih besar, mengingat rumus perhitungan tenaga (horsepower) adalah horsepower = torsi x rpm x 5.252. Namun, perlu dicatat bahwa banyak mesin dengan torsi besar tidak diatur untuk beroperasi dengan putaran (rpm) yang tinggi.

Apa yang dimaksud dengan torsi maksimum?

Torsi puncak, atau yang sering disebut sebagai torsi maksimum, merujuk pada nilai tertinggi dari torsi yang dapat dihasilkan oleh mesin mobil pada putaran mesin tertentu. Puncak torsi biasanya tercapai pada putaran mesin yang lebih tinggi, seperti yang sering terjadi pada mobil sport atau mobil balap.

Nah itu dia sahabat, informasi lengkap mengenai perbedaan torsi dan Horse Power dalam dunia otomotif. Tentunya, sebagai pemilik kendaraan yang baik, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memahami definisi tersebut. Pasalnya, hal tersebut pastinya akan menambah pengetahuan tentang otomotif dan suatu saat nanti pasti berguna.

Selain mencari tahu tentang kedua aspek tersebut, akan lebih baik lagi jika nantinya Anda juga mengerti tentang aspek-aspek penting lain pada kendaraan. Dengan begitu, Anda dapat lebih mengenal kendaraan yang dimiliki.

Berdasarkan ulasan di atas, perbedaan torsi dan horse power mempunyai perbedaan mendasar terhadap performa. Torsi mempunyai peranan terhadap kekuatan kendaraan, sementara Horse Power berkaitan dengan kemampuan kendaraan dalam mencapai kecepatan tinggi.

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku