Logo Daihatsu
Menu

Yuk, Simak Cara Starter Mobil yang Benar dan Aman

Otomotif

2021-01-13

cara starter mobil

Menghidupkan mesin mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini dikarenakan untuk menjaga kualitas mesin kendaraan roda empat agar berjalan secara maksimal. 

Langkah yang tepat dan aman tentunya akan membantu Anda untuk menjaga keamanan saat berkendara. Lantas bagaimana cara starter mobil yang benar? 

Cara Menyalakan Kendaraan Roda Empat Pertama Kali

Bagi Anda yang pemula atau sudah berpengalaman mengemudikan kendaraan roda empat tentunya harus tetap memperhatikan cara tepat untuk starter mobil. 

Sebab, langkah dan kebiasaan yang kurang tepat akan mempengaruhi kondisi mesin mobil. Hal ini tentunya akan membuat penggunaan kendaraan roda empat dalam jangka panjang tidak aman. 

Maka dari itu Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menghidupkan mobil. Misalnya saja, Anda harus memastikan bahwa kondisi kendaraan roda empat dalam kondisi netral.

Hal ini bertujuan agar ketika dinyalakan atau starter, mobil tidak akan sampai berjalan maju atau mundur dan tentunya akan membahayakan keselamatan Anda dan orang lain. 

Setelah memperhatikan kondisi tersebut, Anda juga harus melihat bagian audio dan AC dalam keadaan mati. 

Cara starter mobil yang benar ini harus dilakukan untuk memastikan sistem kelistrikan kendaraan akan fokus bekerja lebih maksimal menyalakan mesin mobil. Apalagi untuk kendaraan roda empat lama yang sudah usang, sebaiknya untuk melakukan cara ini. 

Baca juga: 5 Cara Menyalakan Lampu Mobil Depan agar Berkendara Aman di Jalan

Jika sudah memastikan keadaan AC dan audio, Anda bisa memasukkan kunci dan memutarnya dalam keadaan on. Sebelumnya, jangan lupa untuk menginjak rem pada mobil pada saat proses starter. 

Proses menyalakan mobil ini bisa disesuaikan, tergantung dengan jenis kendaraan roda empat yang Anda miliki baik matic ataupun manual. 

Tidak berhenti sampai disitu saja, ketika kunci sudah ada di posisi menyala atau ON, semua indikator pada speedometer meter akan diikuti dengan jarum yang naik dan kembali normal. 

Kebiasaan menghidupkan mobil tanpa menunggu kembali posisi normal bisa memicu terjadinya kerusakan jika dilakukan secara terus menerus. Jadi penting untuk melakukan cara starter mobil yang tepat. 

Cara Menyalakan Kendaraan Roda Empat Setelah Sekian Lama Diparkir 

Apabila kendaraan roda empat Anda dibiarkan terparkir dalam kurun waktu yang cukup lama, tentunya akan mengakibatkan udara di dalamnya bau tidak sedap dan pengap. 

Maka dari itu, langkah teraman yang dapat Anda lakukan ketika menyalakan mesin mobil yaitu dengan membuka jendela secara maksimal agar sirkulasi udara bekerja dengan baik. 

Mengaplikasikan langkah yang tepat ketika starter mesin mobil akan membantu untuk menjaga kualitas mesin mobil kendaraan roda empat yang dimiliki. 

Baca juga: Cara Menyetir Mobil Manual Bagi Pemula Agar Cepat Lancar


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Merawat Kulit Setir Mobil Agar Tak Gampang Rusak

2022-02-07

Setir mobil adalah salah satu bagian interior mobil yang paling berperan untuk mempercantik tampilan mobil. Umumnya setir mobil sekarang ini terbungkus oleh material kul

thumbnail

Fungsi Lampu Rem Belakang Mobil dan Komponennya

2023-01-16

Lampu rem belakang mobil merupakan komponen penerangan mobil yang dapat mengurangi risiko kecelakaan. Namun, lampu tersebut sering kali dianggap sepele sehingga kera

thumbnail

Apa Itu Crumple Zone, Fungsi, dan Bagaimana Cara Kerjanya?

2021-11-30

Crumple zone atau zona benturan adalah area pada kendaraan yang dirancang untuk hancur ketika terjadi kecelakaan. Area ini berfungsi untuk menyerap energi kinetik dari benturan, dan meminimalisir e

thumbnail

Advanced Safety Assist di Daihatsu Rocky: Semakin di Depan dalam Menjaga Keselamatan Pengendara

2021-05-29

Daihatsu tidak pernah main-main mengenai keselamatan pengendara. Mereka selalu mendesain mobil dengan fitur-fitur canggih yang selalu melindungi pengemudinya. Advance