TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil


Kaca mobil merupakan bagian penting dari sebuah mobil. Tidak akan nyaman rasanya perjalanan Anda, apabila jarak pandang terbatas atau bahkan menjadi terhalang. Oleh karena itu, kaca mobil harus mendapat perhatian yang serius. Sebagaimana mata pada tubuh manusia, kaca mobil juga berfungsi sama. Sayangnya, banyak pengemudi mobil menganggap sepele hal ini. Sehingga hanya melakukan perawatan sekedarnya pada kaca mobil. Padahal, kaca mobil rentan sekali terkena jamur, yang dapat menghalangi jarak pandang pengemudi. Bagaiman jamur ini bisa nempel di kaca mobil Anda? Coba perhatikan aktivitas Anda sehari-hari. Kemana saja Anda pergi? Di mana Anda parkir? Kaca mobil dapat terkena jamur, jika Anda kerap parkir di tempat lembab. Bisa juga karena Anda tidak segera membersihkan kaca mobil, sehabis terkena hujan. Sehingga kotoran dan debu tetap menempel di kaca. Lalu bagaimana caranya menghilangkan jamur pada kaca mobil?


Sebenarnya untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil, Anda bisa menggunakan berbagai produk pembersih yang dijual bebas di pasaran. Mulai dari kualitas sedang, hingga kualitas menengah pun, tersedia. Anda juga bisa menggunakan jasa salon mobil yang akan membersihkan mobil Anda dengan teliti. Tetapi jika Anda sedang memiliki waktu luang, dan ingin membersihkan kaca mobil sendiri, Anda bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah. Diantaranya adalah sebagai berikut:


Alkohol kadar 50-90 %.

Bahan ini umumnya digunakan untuk membersihkan luka. Ternyata secara klasik bahan ini telah digunakan untuk membersihkan kaca mobil. Caranya dengan membasahi kain lembut dengan cairan alkohol dan gosokkan ke kaca mobil. Yang perlu diingat dalam menggosok kaca mobil lakukan dengan tekanan lembut agar kaca tidak tergores.

Minuman soda.

Air soda yang biasanya diminum ternyata dapat menghilangkan jamur pada kaca mobil. Cara membersihkan dengan air soda adalah dengan membersihkan kaca mobil terlebih dahulu dengan kain kering, kemudian basahi kain lembut lainnya dengan air soda dan gosokkan ke kaca mobil. Lakukan beberapa kali hingga jamur hilang. Pembersihan kaca mobil tidak menggunakan air supaya unsur kimia dalam soda tidak bersenyawa dengan air dan mengurangi khasiatnya. Sebaiknya pilihlah minuman soda yang tidak mengandung gula, biar tidak memancing kedatangan semut.

Pasta gigi.  

Oleskan pasta gigi pada kaca mobil secukupnya, kemudian tunggu hingga kering. Jika pasta gigi mengering, bilas dengan air bersih sambil digosok menggunakan kain lembut agar jamur hilang. Keringkan segera dengan kertas koran yang bersih dan kering.

Pemutih pakaian.

Basahi kain lembut dengan cairan pemutih pakaian secukupnya. Gosokkan dengan lembut pada kaca mobil hingga bersih. Kaca mobil terbebas dari jamur dan bersih kinclong.Yang perlu diingat dalam membersihkan kaca mobil adalah menggunakan kain yang lembut dan tidak terlalu kuat menekan saat menggosok sehingga tidak menimbulkan goresan. Dalam proses pengeringan hendaknya mobil diparkir di tempat teduh untuk menghindari sinar matahari langsung.

Demikian beberapa “cara menghilangkan jamur pada kaca mobil”, dengan menggunakan bahan atau alat yang ada di rumah. Tidak susah bukan? Lakukan secara rutin, setiap kali membersihkan mobil, apalagi jika habis bepergian jauh. Selain rajin membersihkan kaca mobil, sebaiknya perhatikan juga tempat memarkir mobil. Jangan memilih tempat parkir yang pengap atau lembab. Pilihlah tempat parkir yang teduh, cukup matahari tetapi tidak di bawah sinar matahari langsung. Semoga Anda menjadi lebih perhatian pada kaca mobil Anda, ya!


2016-10-20 05:41:43