Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
5 Komponen Terpenting Dalam Mobil yang Wajib Sahabat Ketahui
26 November 2018
komponen mobil

Saat ini, mobil sudah lebih dari sebuah kendaraan. Bagi Sahabat Daihatsu, pastinya mobil sudah seperti sebuah hobi. Tidak jarang bagi Sahabat merogoh kantong untuk menjaga hobinya tetap prima, bahkan untuk memodifikasi.

Seberapa sayang sih Sahabat pada mobil sahabat? Karena Sahabat sangat menyayangi dan menyukai mobil sahabat, maka tentunya Sahabat harus tahu dong, komponen terpenting yang ada pada mobil dan wajib banget Sahabat ketahui.

Apakah sahabat belum tahu apa saja komponen mobil yang penting? Nah, inilah 5 komponen terpenting yang wajib sahabat ketahui. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Aki

Aki adalah salah satu komponen penting yang ada pada mobil. Aki merupakan pusat dari kelistrikan pada mobil Sahabat, terutama saat mobil belum aktif. Mengapa aki merupakan salah satu komponen terpenting yang harus Sahabat perhatikan?

Jelas saja, karena tanpa aki, beberapa bagian pada mobil yang membutuhkan tenaga listrik tidak akan menyala, seperti bagian lampu utama, maupun lampu mobil, bahkan, umumnya menyalakan mobil putaran awal pada dinamonya membutuhkan tenaga listrik.

Tanpa listrik dari aki, mobil Sahabat mungkin tidak bisa menyala. Jadi jangan sampai tidak memperhatikan bagian aki mobil, ya, Sahabat.

2. Sistem Pendingin

Sistem pendingin merupakan bagian penting lainnya yang harus diperhatikan dari mobil. Sistem pendingin pada mobil berfungsi untuk menyerap panas pada mesin mobil yang sudah bekerja keras. Dengan adanya pendingin ini, mobil Sahabat masih bisa bekerja dengan maksimal sejauh apapun jaraknya.

Perhatikan bagian radiator, karena pada bagian ini biasanya rentan terhadap kerusakan, lho. Namun, jika radiator dalam kondisi baik, mobil Sahabat akan bekerja dengan optimal.

3. Transmisi

Transmisi berfungsi sebagai sistem pemindah tenaga mobil pada poros propeler. Bagian ini merupakan salah satu yang sangat penting yang harus Sahabat perhatikan. Cara merawat transmisi supaya terhindar dari kerusakan adalah dengan rutin mengganti oli transmisi secara berkala.

Tidak main-main, sahabat memang sangat perlu merawat transmisi dengan baik, karena kerusakan pada transmisi akan berdampak pada kerusakan-kerusakan pada komponen mobil yang lain.

4. Suspensi

Suspensi merupakan bagian kaki-kaki mobil yang keberadaannya sangat penting. Tanpa suspensi, Sahabat pastinya akan banyak mengeluh saat mengendarai mobil, apalagi ketika menghadapi jalanan yang tidak rata dan berlubang seperti jalanan di Indonesia pada umumnya.

Suspensi berguna untuk memberi kenyamanan Sahabat saat berkendara, karena suspensi berfungsi sebagai peredam guncangan dan getaran, serta peredam kejut yang akan memberikan kenyamanan saat berkendara.

5. Ban

Inilah komponen terakhir yang paling penting bagi mobil Sahabat yang harus sahabat ketahui. Ban adalah komponen paling penting, karena tanpa ban, mobil Sahabat tidak akan bisa jalan. Ban yang bagus akan memberikan perjalanan yang mulus.

Berbagai jenis ban bisa Sahabat temui dengan kelebihannya masing-masing. Bagaimanapun pilihan bannya, jangan lupa untuk memperhatikan apakah ban Sahabat masih dalam kondisi yang baik atau tidak, terutama setelah melakukan perjalanan yang jauh.

Nah, itu dia 5 komponen pada mobil yang harus Sahabat perhatikan. Jangan lupa untuk menyervis mobil secara rutin dan berkala supaya kondisi mobil tetap prima ya.

Baca juga : Perawatan Kompresor AC Mobil

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku