Logo Daihatsu
EN | ID

Press Release

Permintaan Mobil Melonjak, Daihatsu Lakukan Special Action 3P

19 April 2021
special action

Pemerintah telah mengimplementasikan program relaksasi pajak (PPnBM) secara bertahap dimulai pada Maret 2021 dalam rangka memberikan stimulus untuk pasar otomotif di Indonesia. Dukungan ini memberikan dampak positif kepada pasar otomotif dan juga produsen kendaraan, khususnya Daihatsu. 

Pasar otomotif nasional pada Maret 2021 mengalami peningkatan volume retail sales menjadi sekitar 77 ribu unit, atau naik sebesar 65% dibandingkan bulan Februari 2021. Demikian juga dengan Daihatsu, pada periode yang sama, mengalami penjualan tertinggi sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, yakni sekitar 12 ribu unit, atau naik sekitar 47% dibandingkan Februari 2021.

Pada sisi whole sales, secara nasional juga mengalami peningkatan volume menjadi sekitar 84 ribu unit, atau naik sebesar 73% dibandingkan bulan Februari 2021.  Hal serupa juga dirasakan oleh Daihatsu yang mengalami peningkatan dengan volume menjadi sekitar 16 ribu unit, naik sekitar 78% dibandingkan bulan lalu. 

Penjualan mobil Daihatsu mengalami lonjakan drastis hingga 200% atau 2 kali lipat, khususnya pada model mobil Daihatsu yang menikmati relaksasi pajak pada Maret 2021. Sementara itu, dukungan supplier Daihatsu hanya tersedia 20% dari demand yang ada. Sehingga, untuk dapat terus memenuhi kenaikan demand ini, Daihatsu berupaya memaksimalkan supply dengan Special Action Daihatsu, yaitu 3P (People, Production facility, Part Control).

Hasilnya, melalui implementasi 3P tersebut dapat meningkatkan dan mempercepat produksi Daihatsu. Hal ini dibuktikan dengan capaian tact time yang lebih singkat menjadi 1,9 menit, dari sebelumnya yang membutuhkan waktu 3,1 menit untuk memproduksi sebuah mobil, serta kapasitas unit yang mampu diproduksi dalam 1 tahun naik menjadi 460 ribu unit, dari yang sebelumnya sebanyak 330 ribu unit.

“Daihatsu berharap, melalui upaya dan implementasi 3P ini dapat meningkatkan supply agar lebih memaksimalkan produksi agar dapat memenuhi permintaan pelanggan”, ujar Stephanus Surya, Planning and Control Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM)

Others Press Release
Daihatsu Xenia Jadi Mobilnya Sahabat Keluarga Indonesia
Daihatsu Xenia Jadi Mobilnya Sahabat Keluarga Indonesia
Daihatsu Xenia terus mendapat sambutan positif dari pelanggan di Indonesia sejak peluncuran perdananya pada 2004 dan dipercaya oleh lebih dari 730 ribu pelanggan selama 20 tahun kehadirannya di Indonesia.
Masyarakat dan Komunitas Sambut Meriah Daihatsu Kumpul Sahabat Sidoarjo
Masyarakat dan Komunitas Sambut Meriah Daihatsu Kumpul Sahabat Sidoarjo
Masyarakat di Sidoarjo dan sekitarnya menyambut meriah acara Daihatsu Kumpul Sahabat. Ribuan pengunjung yang terdiri dari pelanggan setia, komunitas Daihatsu dan komunitas sepeda motor, hingga masyarakat memiliki antusiasme tinggi pada acara ini.
Daihatsu Apresiasi Pelanggan di Sidoarjo Yang Jadikan Xenia Sebagai Sahabat Setia Selama 13 Tahun
Daihatsu Apresiasi Pelanggan di Sidoarjo Yang Jadikan Xenia Sebagai Sahabat Setia Selama 13 Tahun
Melalui momen Daihatsu Kumpul Sahabat yang berlangsung pada Minggu, 13 Oktober 2024 di Parkir Timur GOR Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Daihatsu berikan penghargaan kepada pelanggan setia dalam program Xetia With Xenia.
Yuk Merapat ke Daihatsu Kumpul Sahabat di Sidoarjo Nikmati Hiburan dan Akhir Pekan Seru Bersama
Yuk Merapat ke Daihatsu Kumpul Sahabat di Sidoarjo Nikmati Hiburan dan Akhir Pekan Seru Bersama
Daihatsu Kumpul Sahabat siap berikan hiburan dan keceriaan akhir pekan kepada pelanggan setia dan masyarakat di Sidoarjo. Acara ini berlangsung pada Minggu, 13 Oktober 2024 pukul 07:00–18:00 WIB di Parkir Timur GOR Delta, Sidoarjo, Jawa Timur.
© Copyright 2024 PT Astra Daihatsu Motor. All rights reserved