Lakukan 5 Etika Kerja Ini, Atau Rekan Kerja Akan Mengucilkan Anda
Selama ini kalian pasti sudah sangat familiar dengan desain meja kantor yang menggunakan sekat untuk memisahkan karyawan satu dengan yang lainnya. Hampir semua kantor menerapkan desain dan penempatan ruangan seperti ini. Tentunya dalam hal ini kita jelas bisa melihat dan mengintip apa yang sedang dikerjakan rekan sebelah meja kita dengan mudah. Tentunya tak ada privasi yang bisa kita sembunyikan selain kita dapat memprivasi meja kita sendiri.
Meskipun Sahbaat sudah akrab dengan rekan kerja yang lain, tapi Sahabat harus tetap menjunjung etika dan norma yang baik pada saat bekerja. Nah, jika Anda berada dalam suasana kerja seperti ini, maka lakukanlah etika penting ini saat bekerja:
Jangan Membicarakan Hal-Hal Pribadi Atau Rahasia
Bagi kalian yang suka bergosip, kali ini cobalah hindari membicarakan hal yang cukup rahasia di ruangan kerja. Hal ini sangat penting, mengingat ruang kerja kalian hanya terpisah oleh sekat pendek dan siapa saja yang ada di ruangan itu bisa mendengarkan apa yang kalian bicarakan. Jangan sampai loh rahasia yang harus dijaga oleh segelintir orang justru berubah menjadi rahasia milik umum. Apalagi jika itu menyangkut pekerjaan yang riskan memicu perselisihan.
Jangan Mengintip dan Mengetuk Bilik Pembatas Rekan Kerja Lain
Mungkin Anda berpikir bahwa mengintip dan mengetuk sekat meja kerja rekan lain adalah hal yang biasa, terlebih jika Anda sudah sangat akrab dengan mereka. Tapi Anda harus tahu hal ini akan sangat mengganggu, terlebih jika Anda tidak tahu bagaimana kondisi rekan Anda , mungkin saja ia sedang fokus atau sedang dikejar deadline. Jadi jika Anda memang membutuhkan bantuan atau memang ada keperluan dengan rekan kita, maka hampiri dan bicara dengan jelas dan baik, jangan hanya mengetuk atau memberikan kode.
Jangan Berteriak Dengan Rekan Kerja Kita
Meskipun kalian sudah sangat akrab dan suasana kekeluargaan terjalin dengan baik di kantor. Namun jangan sampai Anda berteriak-terak pada rekan kerja. Jadi, jika ingin berbicara, Anda bisa menghampiri ke bilik rekanmu dan bicaralah dengan intonasi yang rendah dan wajar agar orang lain di ruangan yang sama itu tidak merasa terganggu dengan suara Anda.
Jangan Memainkan Musik Dengan Volume Keras
Nggak masalah jika Anda ingin hiburan pada saat bekerja, Anda bisa mendengarkan musik kesukaanmu tapi usahakanlah agar Anda tidak memainkan musik dengan volume keras, atau sebagai pilihan Anda bisa menggunakan earphone. Meskipun bagi Anda mendengarkan musik adalah yang seru tapi bukan berarti hal itu juga berlaku untuk rekan kerja Anda guys. Jadi tetap hormati rekan kerja Anda ya, karena mereka juga butuh konsentrasi.
Usahakan Jangan Membawa Makanan Beraroma yang Menyengat
Makanan kesukaan setiap orang pastinya berbeda-beda. Anda boleh saja menyukai makanan berbahan bawang putih atau makanan yang mengandung pete, tapi guys jangan sekali-kali membawa makanan kesukaan yang beraroma menyengat ini ke kantor ya. Aroma ini bisa membuat rekan kerja menjadi risih dan terganggu. Kalau memang harus membawa makanan sebagai bekal makan, Anda bisa membawa menu yang tak beraroma dan Anda bisa berbagi dengan rekan yang lain. Selain menghormati rekan bisa menumbuhkan rasa kekeluargaan didalamnya.