Tips Sahabat

Begini Cara Kerja Rem Cakram pada Mobil

27 November 2020
cara kerja rem cakram

Sistem rem hidrolik cakram adalah salah satu tipe rem yang paling banyak digunakan untuk kendaraan. Baik itu mobil atau motor, cakram atau disc brake lebih diminati karena memiliki keefektivitasan yang lebih unggul. Lantas, apa rahasia sistem ini? berikut adalah cara kerja rem cakram pada mobil yang menggunakan prinsip tekanan hukum pascal.

Prinsip Komponen Pada Sistem Disc Brake

Komponen pada sistem pengereman cakram sendiri terdiri dari enam peranti dasar. Peranti tersebut adalah Disc atau rotor, backing plate, roda penghubung, brake caliper, sekrup penahan, dan pedal rem. Letak dari cakram sendiri berada di balik ban, yang membuatnya berinteraksi langsung dengan pergerakan ban mobil. 

Prinsip kerja yang mendasari cakram adalah hukum pascal yang mana berkaitan dengan penggunaan cairan hidrolik pada sistem pengereman. 

Fungsi yang berkesinambungan pada komponen tersebut kemudian menghasilkan prinsip lain, yakni perubahan gaya kinetik menjadi energi panas. Energi panas kemudian akan dilepas ke udara luar. 

Dari mana energi panas tersebut? Jika diperhatikan dengan baik, hal tersebut karena adanya gesekan pada media stasioner (brake caliper) dengan benda bergerak (disc rotor). Bisa dikatakan cara kerja rem cakram ini akan membuat perputaran roda juga ikut berkurang dan berakhir dengan kendaraan terhenti. 

Baca juga: Mengungkap Perbedaan Rem Cakram dan Rem Tromol

Cara Kerja Saat Pedal Rem Diaktifkan 

Untuk lebih jelasnya, rangkaian operasional dari sistem ini bermula dengan diaktifkannya pedal rem. Atau bisa dikatakan saat Anda menginjak pedal rem. 

Sistematika aktivitas ini akan dimulai dari pedal rem yang akan menghasilkan tekanan hidrolik pada master silinder. Karena adanya tekanan tersebut, piston yang berkaitan dengan aktuator rem akan aktif. 

Piston inilah yang akan menggerakkan brake caliper yang berguna untuk menghentikan rotor dengan paksaan. Cara kerjanya adalah dengan mengapit rotor menggunakan dua buah kampas yang digerakkan piston. 

Efek dari jepitan ini adalah rotor akan mengalami hambatan untuk terus berputar, yang kemudian menghasilkan panas karena gesekan. Saat disc brake berhenti, ban kendaraan juga akan dipaksa untuk berhenti atau mengalami pengurangan kecepatan. 

Cara kerja rem cakram ini juga akan memberi efek gaya gesek pada ban dan juga permukaan aspal. Yang mana kerap hadir dengan suara decitan keras hingga bau gosong akibat perubahan gaya gesek ke panas. 

Baca juga: 4 Tanda Kamu Harus Mengganti Rem Mobil

Cara Kerja Saat Pedal Rem Dilepas

Sistematika daya apit ini bisa aktif dan non aktif bergantung dengan pedal rem. Saat diaktifkan maka daya hidrolik akan melakukan tugasnya. Namun saat pedal rem dilepas, maka tekanan hidrolik akan terlepas atau hilang. 

Efeknya adalah brake caliper, piston, dan juga aktuator akan kehilangan kekuatan untuk pengeraman. Saat itu pula, cara kerja rem cakram akan berakhir sepenuhnya. Rotor yang tidak lagi terapit dan terganggu putarannya akan kembali berfungsi. 

Pada dasarnya sistem ini juga akan bergantung dengan kekuatan injakan pedal rem, semakin kuat pijakan maka akan semakin erat jepitan kampas dan pengereman . 

Secara garis besar, prinsip kerja dari disc brake sendiri terdiri dari berbagai kegiatan yang saling berkesinambungan. Mulai dari perubahan gaya gesek bidang putar dan diam menghasilkan panas, hingga konfigurasi beberapa komponen keseluruhan pada sistem mobil. 

Bisa disimpulkan bahwa pedal akan membuat brake caliper mengapit cakram untuk mengurangi laju mobil.

Baca juga: Mengenal Aneka Jenis Sistem Rem Mobil

Others Tips Sahabat
Berapa Lama Freon AC Mobil Habis? Ini Jangka Waktunya
Berapa Lama Freon AC Mobil Habis? Ini Jangka Waktunya
Mengetahui berapa lama freon AC mobil habis merupakan hal yang wajib diketahui oleh semua pemilik mobil. Pasalnya AC merupakan salah satu komponen penting mobil yang berfungsi sebagai sirkulasi udara
Apa itu Freon AC Mobil? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya
Apa itu Freon AC Mobil? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya
Apa itu freon AC mobil? Apakah Anda sudah mengetahuinya? Apabila Anda belum mengetahuinya, mari perhatikan ulasan berikut.

Apa Itu Freon AC Mobil? 

Freon AC mobil merupakan salah satu ko
Apa itu CKD, CBU dan IKD pada Mobil? Ini Perbedaannya
Apa itu CKD, CBU dan IKD pada Mobil? Ini Perbedaannya
CKD mobil adalah istilah yang digunakan pada mobil impor lengkap dengan komponen mobil namun dalam kondisi terpisah atau masih belum di rakit. Selain CKD, dalam dunia permobilan juga terdapat istilah
Layanan Satpas SIM Polres Metro Tangerang Kota dan Jadwalnya
Layanan Satpas SIM Polres Metro Tangerang Kota dan Jadwalnya
Bagi pemilik SIM yang tinggal di Kota Tangerang dengan masa berlaku SIM yang sudah mau kadaluarsa, maka perlu untuk mengetahui layanan dan jadwal dari Satpas SIM Polres Metro Tangerang Kota. Sebab apa
© Copyright 2025 PT Astra Daihatsu Motor. All rights reserved
Privacy Policy
Contact Us