Logo Daihatsu
Menu

Tips Mencari Penginapan Murah ala Backpacker

Tips & Trick

2020-11-24

penginapan

Tahukah Sahabat kalau sebenarnya ada tiga macam komponen utama yang berkaitan dengan budget traveling? Ya, ada transportasi, akomodasi, dan konsumsi. Kalau kamu sudah dapat mengatur ketiga komponen tersebut, maka perjalanan kamu akan berjalan dengan mulus, dan tidak akan terjadi yang namanya overbudget.

Transportasi, komponen biaya paling mahal yang akan dikeluarkan dalam perjalanan mu karena berkaitan dengan tiket pesawat yang mungkin bisa menghabiskan separuh budget. Lalu ada akomodasi, yang sebenarnya bisa diakali, karena bisa dibilang kita cuma akan numpang tidur saja, kan? Selanjutnya adalah konsumsi yang mahal-murahnya tergantung dengan gaya hidup dan kuat-lemahnya kamu menahan godaan selama perjalanan.

Nah, untuk menguarangi resiko overbudget tersebut, yuk simak tips berikut ini!

1. Cari keluarga atau teman yang berada di kota tersebut

Salah satu cara untuk menghemat pengeluaranmu saat traveling adalah menginap di rumah saudara atau temanmu yang berada di tempat destinasi, atau biasa disebut ?nebeng?. Nebeng adalah cara terbaik yang bisa Sahabat lakukan karena nantinya Sahabat bisa mengalihkan budget-nya untuk pengeluaran yang lain.

Selain itu, teman atau saudaramu bisa kamu ajak untuk traveling bersama. Lumayan kan, dapat teman selama perjalanan plus tour guide lokal? Jika Sahabat beruntung, kamu juga bisa mendapatkan sarapan secara gratis, lho! Tapi Sahabat harus membantu kegiatan yang ada di rumah tersebut, ya! Karena bagaimanapun juga mereka sudah berbaik hati mau memberikan kamu tempat untuk beristirahat.

2. Booking secara online

Melakukan pemesanan penginapan hotel secara online juga akan membuat pengeluaran Sahabat menjadi semakin hemat. Alasan pertama adalah menghemat waktu, karena kamu tidak perlu mendatangi tiap penginapan satu-persatu. Memesan penginapan secara online juga menghemat tenaga kamu karena dapat dilakukan di mana saja. Yang paling utama adalah menghemat biaya karena tidak perlu menelpon tiap hotel untuk menanyakan berapa harga kamar per malamnya di sana.

3. Cek promo penginapan

Kalau Sahabat beruntung, Sahabat juga bisa mendapat promo-promo diskon saat sedang melakukan pencarian penginapan secara online. Lumayan loh, diskonnya. Terkadang juga Sahabat bisa mendapat penginapan bagus yang sedang promo. Sangat menarik, bukan? Menginap di tempat kece dengan harga yang murah.

4. Booking penginapan dari jauh-jauh hari

Memesan penginapan jauh-jauh hari juga dapat mengurangi biaya pengeluaran Sahabat. Selain pilihan penginapan yang tersedia akan lebih banyak, harga yang ditawarkan juga akan semakin bervariatif. Sebisa mungkin, hindari memesan penginapan di waktu mendekati hari keberangkatan kamu. Jika hari perjalanan sudah semakin dekat, pilihan penginapan biasanya akan semakin terbatas dan harga yang tersedia juga semakin naik, lho!

5. Menginap di pinggiran kota

Yang terakhir, Sahabat bisa mencari penginapan yang sedikit berada di pinggiran kota. Memang jadi agak jauh sih, tapi biasanya Sahabat akan mendapatkan harga yang lebih murah dengan fasilitas yang tidak kalah bagusnya dibanding penginapan lain yang berada di tengah kota dengan range harga yang sama. Selain itu, terkadang menginap di pinggiran kota juga menawarkan pemandangan alam yang tidak kalah menarik, lho. Selagi Sahabat berjalan menuju pusat kota, Sahabat juga bisa menikmati pemandangan yang indah selama perjalanan.

Nah, Sahabat, itu dia tips dan trik untuk menghemat budget liburan mu. Menarik, bukan? Dengan begini, kamu tidak usah takut akan overbudget lagi, deh!

Baca juga : Ternyata Traveling Ampuh Atasi Rasa Galau dan Kurang Piknik! 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

SIM PKB: dari Definisi, Tujuan, hingga Cara Pembuatan

2021-05-25

SIM PKB adalah sistem informasi manajemen untuk pengembangan profesi berkelanjutan. Sistem ini wajib diikuti oleh seluruh guru di Indonesia di bawah naungan kementerian

thumbnail

Cara Membuat Disinfektan Sendiri dengan Bahan-Bahan yang Mudah Didapat

2021-08-08

Dunia sedang diguncang oleh wabah yang cukup mematikan, begitulah kiranya gambaran yang terjadi saat ini. Banyak orang mengalami panic buying akan pembelian caira

thumbnail

Jaga Temperatur Mobil Agar Tetap Dingin dengan 6 Cara

2020-08-22

Saat berkendara ditengah teriknya matahari, kadang Sahabat merasa tidak nyaman dengan panas yang bisa meningkatkan suhu didalam mobil meskipun Sahabat sudah menggunakan

thumbnail

15 Cara Menghemat Energi di Kehidupan Sehari-hari

2021-01-26

Hampir semua aktivitas sehari-hari membutuhkan penggunaan energi listrik. Dari mulai smartphone hingga perabotan rumah tangga sudah memanfaatkan energi listrik un