Logo Daihatsu
Menu

10 Makanan Sehat Untuk Diet yang Mudah Diolah

Tips & Trick

2020-11-21

makanan sehat untuk diet

Diet sering kali memiliki definisi yang identik dengan mengurangi berat badan, padahal definisinya mengacu pada aturan makanan khusus untuk kesehatan (biasanya dianjurkan dokter). Jika didefinisikan dari bahasa Inggris, diet malah diartikan juga sebagai kebiasaan makan yang secara teratur dikonsumsi oleh orang dan bahkan hewan.

Makanan sehat untuk diet merupakan jenis makan dengan nutrisi seimbang dan diproses secara alami tanpa perasa atau pengawet buatan. Biasanya, makanan diet sehat hanya menggunakan bumbu dasar dengan kombinasi rasa yang berasal dari bahan makanan alami. Mari simak 10 makanan sehat untuk diet yang mudah diolah untuk konsumsi harian.

1. Alpukat

Nutrisi buah-buahan menjadi salah satu makanan sehat yang sering dipilih orang. Buah-buahan bisa dikonsumsi tanpa diolah sehingga praktis untuk dinikmati. Alpukat memiliki nutrisi lemah sehat. Meskipun memiliki rasa yang pekat, buah alpukat mengandung serat tinggi, potassium, dan vitamin C.

Baca juga: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

2. Telur

Bahan makanan ini mudah didapatkan dan diolah dengan berbagai cara. Telur merupakan sumber protein yang bisa membuat tubuh kenyang lebih lama. Meskipun pernah diklaim mengandung kolesterol LDL, tapi penelitian terbaru menyebutkan bahwa telur sangat aman dikonsumsi.

3. Daging Ayam

Daging ayam juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, terutama bagian dada ayam. Jika tidak mengonsumsi karbohidrat, bagian lemak pada potongan daging ayam bahkan boleh dikonsumsi sebagai pengganti pasokan energi sekaligus lebih mudah diolah.

4. Yoghurt

Konsumsi produk dairy masih menjadi salah satu jenis makanan sehat yang praktis. Yoghurt bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi smoothies, overnight oat, atau campuran jus buah. Namun, pilih yoghurt yang tawar (plain) sehingga kandungan gulanya lebih rendah.

5. Brokoli

Sayuran hijau memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Brokoli termasuk ke dalam salah satu kategori superfood berkat kandungan serat, vitamin C dan K, serta proteinnya yang tinggi. Brokoli juga bisa langsung dimakan mentah atau diolah menjadi tumisan.

6. Wortel

Selain populer dengan kandungan beta karoten yang tinggi, wortel juga mengandung serat dan vitamin K. Cara mengolah wortel juga mudah, bisa langsung diiris dan diolah menjadi salad, sup, atau hanya direbus sebentar. Tekstur wortel yang renyah sangat disukai sebagai bahan campuran salad.

7. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan yang paling mudah diolah sebagai bumbu utama. Selain aromanya yang harum, bawang putih juga mengandung senyawa organosulfur bioaktif yang memiliki efek biologis kuat. Bawang putih juga mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

8. Salmon

Salah satu jenis ikan yang sangat lezat untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah atau matang. Tekstur ikan salmon mentah sangat lezat dikombinasikan dengan salad. Tidak perlu diragukan, kandungan protein, vitamin D, dan asam lemak Omega 3 juga bermanfaat bagi tubuh.

9. Tuna

Cara mengolah ikan tuna bisa dikonsumsi seperti ikan salmon. Tuna memiliki kandungan protein tinggi dengan kalori dan lemak yang rendah. Bagi yang sedang ingin mengurangi asupan kalori, konsumsi tuna bisa jadi alternatif diet praktis dan lezat.

10. Beras Merah

Bagi yang sedang menurunkan berat badan sekalipun, bukan berarti tidak boleh makan nasi, loh! Sebagai salah satu jenis biji-bijian yang dijadikan sebagai makanan pokok, beras merah memiliki kandungan nutrisi tinggi. Kandungan serat, vitamin B1, dan magnesiumnya memberi nutrisi ekstra bagi tubuh. Jadi, bisa tetap makan nasi dengan nutrisi yang baik.

Bahan-bahan makanan yang sudah disebutkan tadi tentu sudah tidak asing ‘kan? Cara mengolahnya pun bisa dilakukan dengan resep praktis dan mudah untuk pola makan yang sehat dan lezat.

Penulis: Rizkita Darajat


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Cara Ampuh Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

2022-09-02

Sahabat kesulitan dalam menghilangkan jamur pada kaca mobil? Jangan khawatir, disini kami akan membagikan tips ampuh dan cara menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan cepat.Kaca mobil meru

thumbnail

Doa Ketika Turun Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang agar Berhenti

2021-01-31

Dikala musim penghujan tiba, pastinya banyak orang yang mendambakannya. Lantaran turunnya hujan merupakan suatu anugerah yang didatangkan dari Sang Pencipta. kepada para

thumbnail

5 Tips Agar Followers Instagram Banyak

2021-06-29

Memiliki followers yang banyak di Instagram mungkin tidak bukanlah prestasi tertentu yang bisa dibanggakan. Namun, di era serba digital ini, mereka dengan akun In

thumbnail

7 Jajanan Pasar Khas Bali yang Wajib Dicoba oleh Pecinta Kuliner

2021-02-04

Bali tidak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya yang begitu cantik, terutama pantai berpasir putihnya. Namun, juga jajanan pasar khas Bali juga banyak dikenal sebag