Logo Daihatsu
Menu

10 Tips Membeli Mobil Pertama, Pemula Wajib Tahu!

Otomotif

2023-10-10

10 Tips Membeli Mobil Pertama, Pemula Wajib Tahu!

Memiliki mobil pribadi merupakan impian setiap orang karena dapat membantu mobilitas harian seperti pergi ke kantor, belanja, dan lainnya. Namun ketika hendak membeli mobil untuk pertama kalinya, Anda perlu mengetahui tips membeli mobil pertama bagi pemula. Sebab, membeli mobil tak semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus benar-benar butuh perencanaan dan pemikiran yang matang agar mobil yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi. Adapun tips selengkapnya sebagai berikut.

Tips Membeli Mobil Pertama Kali untuk Pemula

Bagi pemula perlu mengetahui tips membeli mobil untuk pertama kalinya agar tidak salah pilih. Berikut tips selengkapnya.

1. Menentukan anggaran

Anggaran merupakan hal yang paling krusial dalam membeli mobil. Jika anggaran Anda lebih, Anda bisa membeli mobil baru dengan fitur-fitur yang Anda butuhkan. Namun, jika anggaran Anda terbatas, Anda bisa membeli mobil bekas yang berkualitas.

2. Pilih mobil sesuai dengan kebutuhan

Tips kedua, pilihlah mobil sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah mobil tersebut digunakan untuk mobilitas harian, perjalanan jauh, atau untuk menempuh medan jalanan yang ekstrem dan menantang. Selain itu, Anda bisa menentukan kapasitas mobil dan daya angkut mobil. Apakah Anda membutuhkan mobil dengan kabin yang besar untuk keperluan keluarga? Ataukah Anda butuh mobil yang kecil untuk melewati pemukiman yang sempit dan kemudahan dalam memarkir mobil.

3. Pilih jenis mobil yang sesuai

Tips ketiga, pilihlah mobil sesuai dengan jenis yang Anda sukai. Di pasaran terdiri dari beberapa jenis. Mulai dari SUV, Hatchback, Sedan, MPV, Coupe, Convertible, Sport, dan Station Wagon

Jika Anda ingin memiliki mobil dengan kabin yang luas Anda bisa memilih MPV dan Wagon. Namun, jika Anda membutuhkan mobil yang mampu melewati medan ekstrem, Anda bisa memilih jenis SUV. Untuk mobil harian di perkotaan Anda bisa memilih jenis Coupe, Hatchback, atau Sedan.

4. Lakukan riset sebelum memutuskan membeli

Tips keempat, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli mobil. Sebagai calon pembeli, Anda bisa membaca beragam ulasan mengenai mobil yang Anda incar. Anda bisa membandingkan harga dengan fitur yang akan didapatkan. Pastikan Anda memilih mobil yang sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Jangan lupa, perhatikan kelengkapan fitur hiburan serta fitur keselamatan sehingga kenyamanan berkendara terjamin.

5. Pertimbangkan merek pabrikan mobil serta aftersales

Tips kelima, Anda perlu mempertimbangkan merek pabrikan mobil beserta aftersales sebelum membeli mobil. Anda bisa membaca ulasan mengenai kredibilitas merek tersebut, maupun aftersales. Hal ini akan memudahkan Anda ketika hendak melakukan perbaikan dan perawatan mobil karena bengkel resmi yang dimiliki banyak.

6. Pertimbangkan harga jual mobil

Tips keenam, Anda perlu memperhatikan harga jual mobil kembali agar Anda tidak rugi di kemudian hari ketika ingin menjualnya kembali. Anda bisa lihat gambaran harga jual mobil dengan melihat harga pasaran mobil bekas.

7. Cek kondisi mobil

Tips ketujuh, Anda perlu mengecek kondisi mobil secara menyeluruh, baik pada bagian interior, eksterior, maupun fitur yang tersemat. Apalagi jika Anda membeli mobil bekas, Anda perlu mengajak teman atau mekanik yang berpengalaman agar tidak salah pilih.

8. Lakukan test drive

Tips kedelapan, Anda perlu melakukan test drive mobil untuk mengetahui performa mobil ketika mengaspal.

9. Cek dokumen kelengkapan mobil

Ketika Anda membeli mobil, khususnya mobil bekas. Anda perlu mengecek kelengkapan dokumen mobil. Pastikan bahwa nomor mesin dan nomor rangka mobil yang Anda beli sesuai dengan STNK, BPKB, atau surat lainnya penjual mobil.

Baca Juga : Inilah Waktu yang Tepat Beli Mobil Baru dan Tipsnya, Yuk Ketahui!

10. Pertimbangkan biaya operasional

Tips terakhir, Anda bisa mempertimbangkan biaya operasional, seperti: biaya perawatan, asuransi, dan bahan bakar sehingga tidak mengganggu finansial Anda di kemudian hari.

Jika Anda mencari referensi mobil terbaik, Anda bisa mengunjungi dealer Daihatsu terdekat. Di sana Anda bisa mendapatkan beragam jenis mobil dengan performa terbaik serta harga hemat di kantong.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Dampak Buruk Ganti Oli Transmisi CVT dengan ATF

2022-09-30

Ganti oli transmisi CVT dengan ATF adalah sebuah keputusan yang buruk. Karena sejatinya, oli transmisi matik CVT harus sesuai dengan interval yang dianjurkan oleh pabri

thumbnail

Perbedaan Spooring dan Balancing Serta Biaya Perawatannya

2023-11-23

Pentingnya perawatan kendaraan roda empat tak dapat diabaikan, dan di antara serangkaian tindakan perawatan, spooring dan balancing memainkan peran utama dalam memastikan kinerja optimal. Spooring

thumbnail

4 Komponen yang Perlu Di Cek Saat Kaki-Kaki Mobil Bunyi Kletek-Kletek

2024-02-09

Kaki kaki mobil bunyi kletek-kletek sering kali menjadi sebuah pertanda adanya kerusakan pada mesin mobil. Sebagai pemilik mobil, kondisi demikian tentu akan membuat pe

thumbnail

Begini Tips Memilih Oli Mobil Matic Terbaik

2020-12-04

Pelumas mesin atau oli sangat dibutuhkan oleh semua jenis mobil, baik matic maupun manual. Tanpa adanya pelumas, mesin akan mengalami gesekan, yang memungkinkan terjadin