Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
15 Jenis Usaha Rumahan yang Mudah dan Menyenangkan
04 Desember 2020
usaha rumahan

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang yang terus memutar otak untuk dapat memanfaatkan sumber daya di sekitarnya untuk membuat usaha. Tidak hanya untuk mendapatkan penghasilan, usaha rumahan biasanya juga dibuat agar seseorang bisa tetap produktif di rumah. Hal ini bisa menjadi alternatif bagi para pensiunan, loh.

Jenis usaha rumahan bisa dilakukan dengan memanfaatkan area garasi atau teras. Namun, tetap minta izin keramaian pada masyarakat di sekitar jika ada kemungkinan terjadi keramaian, ya. Banyak ide usaha rumahan yang juga muncul di masa pandemi agar bisa tetap bertahan dari situasi ekonomi yang serba tak pasti.

Model Usaha Rumahan

Usaha rumahan merupakan jenis usaha barang atau jasa yang bisa dilakukan di rumah dengan modal usaha dan peralatan yang ada di rumah. Biasanya, biaya modal yang dibutuhkan juga bisa dimulai sesuai kemampuan. Jika punya hobi yang membutuhkan keahlian khusus, model usaha rumahan juga cocok untuk dilakukan, loh.

Saat ini, peluang usaha rumahan juga sudah semakin mudah karena banyak dukungan platform online seperti media sosial atau marketplace. Jadi, pengembangan usaha bisa dilakukan dengan berbagai cara yang kreatif agar target pasarnya terus berkembang dari waktu ke waktu. Nah, berikut ini beberapa peluang yang bisa dilakukan dengan mudah.

1. Camilan

Siapa, sih yang tidak suka camilan? Ngemil seperti sudah jadi salah satu kebiasaan yang disukai oleh banyak orang, terutama di Indonesia. Masih ingat demam green tea, red velvet, keju mozarella, hingga boba ‘kan? Usaha camilan rumahan hampir tidak pernah sepi, asalkan bisa terus berkreasi, setidaknya tetangga di sekitar akan tertarik untuk beli, deh.

2. Warung Makan

Jika lokasi rumah berada di tempat yang ramai, cobalah untuk membuka usaha warung makan. Dengan 4 – 5 menu sehari, usaha warung makan bisa cukup menarik dan langgeng. Jenis usahanya bisa berupa warung makan di tempat, bawa pulang, atau pesan antar. Namun, pastikan punya izin keramaian dari warga setempat agar tidak mengganggu, ya!

3. Katering Harian

Jika tidak ingin menimbulkan keramaian di area sekitar, usaha katering harian juga menarik. Di lingkungan sekitar rumah pasti ada yang malas masak sehari atau dua hari dalam seminggu. Nah, katering harian bisa jadi peluang usaha dengan target potensial, deh. Jika memang banyak peminat, bisa terus kembangkan jadi paket mingguan atau bulanan.

4. Kedai Kopi

Sekarang, minum kopi seperti sudah jadi pendamping nasi, deh. Ya, sejak ada kopi susu kekinian, rasanya bisnis kedai kopi belum akan sepi. Pernah berkreasi dengan kopi buatan rumah yang enak? Saatnya mulai membuka usaha kedai kopi rumahan sendiri. Siapa tahu nantinya bisnis kedai kopi to-go bisa jadi peluang franchise bagi orang lain.

5. Jahit Pakaian

Bagi yang punya kemampuan styling fashion, cobalah untuk belajar menjahit dan buka jasa jahit pakaian. Mulailah dengan membuat pakaian sendiri dan unggah di media sosial. Kalau jahitan dilakukan karena senang, pasti hasilnya akan bagus dan disukai orang. Lumayan untuk bisa jadi hobi yang menghasilkan, deh.

6. Jasa Cuci Motor

Area garasi rumah cukup besar? Usaha jasa cuci motor juga cukup menarik untuk dilakukan di rumah, apalagi kalau lokasi rumah berada di akses masuk komplek. Meskipun tidak buka setiap hari, usaha cuci motor bisa dilakukan dengan modal yang mudah didapatkan.

7. Tanaman Hias

Tren bercocok tanam juga semakin banyak muncul, terutama di masa pandemi. Banyak orang yang mencari hobi baru untuk membuat suasana di rumah lebih segar. Budidaya tanaman hias juga cocok untuk dilakukan di rumah, unggah tanaman hias jualanmu di media sosial agar lebih ramai.

8. Les Privat Pelajaran

Sebagian besar orang mungkin punya bakat terpendam sebagai seorang guru. Tak sedikit anak yang memang memerlukan bimbingan tambahan di luar jam sekolah. Ya, siapa tahu kemampuan mengajar bisa diberikan ke anak-anak sekolah di lingkungan rumah. Selain dapat penghasilan tambahan, ilmu yang diberikan pada orang lain juga bisa bermanfaat.

9. Air Minum Isi Ulang

Jasa air minum isi ulang juga masih potensial untuk dilakukan di rumah. Biasanya, jasa usaha rumahan ini memerlukan modal yang cukup lumayan di awal. Namun, keuntungannya juga bisa menghasilkan keuntungan yang potensial untuk waktu yang cukup lama. Jika dilakukan secara konsisten, bukan tidak mungkin usaha ini juga bisa membuka lapangan kerja baru.

10. Penata Rias

Suka merias diri di depan cermin? Siapa tahu kemampuanmu bisa bermanfaat juga bagi orang lain. Tidak semua orang mahir merias diri, loh. Karena itulah, kemampuan merias bisa dijadikan sebagai usaha rumahan. Cukup bermodalkan ruang tamu sebagai ruang rias, sudah bisa dapat penghasilan tambahan, deh.

11. Service Handphone

Bagi yang memiliki keahlian teknis dan cukup hi-tech, jasa service handphone juga bisa jadi usaha rumahan yang potensial, terutama jika di lingkungan sekitar banyak orang tua yang sering tidak bisa buka WhatsApp karena memori smartphone-nya penuh. Meskipun sepele, banyak orang yang membutuhkan bantuan untuk hal ini, loh.

12. Garage Sale

Punya banyak barang yang sudah tidak terpakai? Cobalah untuk membuka garage sale di rumah. Kurasi barang-barang di rumah untuk dijual kembali. Ajak juga keluarga atau teman-teman untuk mengkurasi barang agar lebih bermanfaat untuk orang lain. Setelah itu, cukup siapkan garasi di rumah dan percantik area untuk membuka garage sale rutin, deh.

13. Angkringan

Nah, usaha rumahan satu ini pasti langsung mengingatkan semua orang atas suasana di Jogja. Jangan salah, usaha angkringan juga menarik untuk dijadikan sebagai usaha rumahan. Waktu operasional tidak perlu seharian, tapi suasana angkringan yang hangat di sekitar rumah bisa menarik untuk anak-anak muda. Jika tertarik, jangan lupa urus perizinannya, ya!

14. Kursus Memasak

Punya keahilian memasak menu yang rumit? Keahlian khusus selalu bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha jangka panjang, loh. Terlebih lagi jika keahlian itu adalah keahlian untuk mempelajari kemampuan khusus seperti memasak. Hanya dengan dapur di rumah, cobalah untuk membuka kursus memasak roti, pastry, atau cake yang unik dan enak.

15. Fotografi Makanan

Usaha jasa memang jadi salah satu daya tarik yang tiada habisnya. Salah satu bentuk usahanya adalah jasa fotografi makanan. Meski terkesan sepele, ada banyak orang yang memerlukan jasa ini untuk memasarkan produknya, loh. Jadi, usaha rumahan yang dibuat juga bisa membantu usaha orang lain. Menarik bukan?

Nah, itulah beberapa jenis usaha rumahan yang bisa dilakukan dengan budget yang tidak terlalu besar. Bagi yang memang punya minat atau hobi di salah satu jenis usaha tadi, peluang itu bisa jadi lebih menyenangkan, deh. Sekarang, tinggal cari peluang dan persiapkan diri. Selamat mencoba!

Penulis: Rizkita Darajat

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor