Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
17 Tempat Wisata di Maluku, Kekayaan Alam dan Sejarah yang Memukau Wisatawan
18 Januari 2021
benteng belgica

Maluku adalah provinsi di bagian timur Indonesia dengan pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Tidak jarang, banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang mengagumi tempat wisata di Maluku.

Terkadang, saking banyaknya suatu wilayah memiliki tempat wisata yang hebat, pasti justru membuat bingung harus ke mana dahulu. Nah, untuk referensi, berikut ada 17 daftar tempat wisata di Maluku yang bisa Sahabat kunjungi.

Tidak hanya tempat wisata dengan pemandangan alam kok, ada juga tempat wisata buatan dan penuh sejarah. Yuk langsung simak saja!

1. Taman Nasional Manusela

Taman Nasional Manusela merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Maluku. Taman yang luas ini memiliki aneka ragam hayati yang begitu kaya. Di sini bahkan hidup kurang lebih 117 jenis burung cantik loh.

Banyak sekali yang bisa kunjungi selama di Taman Nasional Manusela, seperti berjelajah hutan di Wai Isal, melihat rusa di Pasarahi, hingga mendaki Gunung Binaiya. Di sini juga ada air terjun Ninivala yang airnya begitu jernih.

Lokasi: Manusela, Seram Utara, Maluku Tengah

Jam operasional: Senin—Sabtu, 08.00—16.30 WIT

Harga: Rp120.000 (akomodasi + retribusi)

2. Desa Sawai

Desa Sawai dihuni oleh kurang lebih 4.000 jiwa dengan luas wilayah 15 hektar. Desa ini berlokasi di dekat pantai dengan pemandangan begitu cantik. Terlebih biota laut, seperti ikan dan koral sangat melimpah.

Wisatawan yang berkunjung ke desa tertua di Maluku ini biasanya akan menginap beberapa hari. Terdapat penginapan dengan biaya sebesar Rp250.000 per malam. Tempat menginapnya mengapung di atas air loh, Sahabat.

Lokasi: Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis masuk

3. Pantai Pintu Kota Ambon

Menjadi ikon utama untuk tempat wisata di Maluku yang terdapat di Ambon, Pantai Pintu Kota memang menjadi idaman para wisatawan. Tidak hanya tentang pantai yang cantik dan air laut yang jernih, di sini juga menyediakan wisata diving dan snorkeling.

Wisatawan tentu saja bisa melakukan wisata kuliner untuk menikmati aneka seafood. Penyewaan speedboat untuk berkeliling pantai juga tersedia loh, Sahabat. Asik sekali, bukan?

Lokasi: Dusun Airlouw, Nusaniwe, Ambon, Maluku

Jam operasional: 06.00—20.00 WIT

Harga: Rp5.000

4. Fort Belgica

Fort Belgica menjadi tempat wisata di Maluku yang sarat akan sejarah. Wisata ini terletak di ketinggian sekitar 30 meter di atas permukaan laut. Bentuknya mirip dengan Gedung Pentagon di Amerika.

Dahulu, Fort Belgica menjadi markas militer Belanda saat masih menjajah Indonesia. Saking diseganinya benteng ini hingga mendapat julukan “Mahkota Berpucuk Lima di Atas Kepada Keluarga Nassau Dan Pelindung Banda”.

Lokasi: Desa Nusantara, Kecamatan Banda, Maluku Tengah

Jam operasional: 08.00—17.00 WIT

Harga: Rp20.000

5. Pantai Natsepa

Terdapat mitos bahwa air laut di Pantai Natsepa bisa menyembuhkan flu ringan dengan cara berendam di sana selama beberapa menit. Wah, sepertinya mitos tidak terlalu salah karena faktanya, dengan berjemur di bawah sinar matahari langsung memang bisa menguatkan imun dalam tubuh. Namun, jangan terlalu lama ya, nanti masuk angin!

Pantai Natsepa tidak perlu diragukan kecantikannya. Pantai berpasir putih ini menjadi kegemaran para wisatawan yang berkunjung ke Maluku.

Lokasi: Desa Suli, Salahutu, Maluku Tengah

Jam operasional: 06.00—21.00 WIT

Harga: Rp3.000

6. Air Gowa Hawang

Gowa Hawang merupakan satu dari sembilan gua bawah laut di dunia yang terletak di Maluku. Menjadi tempat wisata kebanggaan Kota Ambon, Gowa Hawang memiliki air yang begitu jernih yang konon terhubung langsung dengan Mata Air Evu di Kepulauan Kei.

Lokasi: Hoat Sorbay, Kei Kecil, Letvuan, Maluku Tenggara

Jam operasional: 24 jam

Harga: Rp5.000

7. Benteng Duurstede

Benteng Duurstede menjadi wisata sejarah yang harus dikunjungi ketika ke Maluku. Dahulu, benteng ini direbut kekuasaannya oleh VOC pada 1690 yang sebelumnya dibangun oleh Portugis pada 1676, tetapi kemudian berhasil direbut oleh pasukan Kapiten Pattimura.

Lokasi: Pulau Saparua, Maluku Tengah

Jam operasional: 06.00—18.00 WIT

Harga: Rp20.000

8. Cagar Budaya Benteng Amsterdam

Benteng Amsterdam merupakan benteng peninggalan Belanda. Berjarak sekitar 42 kilometer dari pusat Kota Ambil dan bisa ditempuh dengan mobil selama 1 jam. Dulu, bangunan ini dibangun oleh bangsa Portugis pada 1605 yang kemudian direbut Belanda dan digunakan untuk markas pertahanan.

Lokasi: Desa Hila, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah

Jam operasional: 06.00—18.00 WIT

Harga: Gratis

9. Masjid Wapauwe

Selain untuk tempat ibadah, biasanya Masjid Wapauwe juga kedatangan wisatawan untuk sekadar memotretnya. Hal itu karena masjid ini begitu unik karena dibangun tanpa menggunakan paku dan beratap pelepah pisang sagu. Di sini juga terdapat Al-Quran yang murni ditulis tangan loh.

Lokasi: Kaitetu, Leihitu, Maluku Tengah

Jam operasional: 24 jam

Harga: Gratis

10. Pantai Liang

Pernah dinobatkan sebagai pantai terindah di Indonesia, Pantai Liang tidak terlalu ramai sehingga terasa tenang untuk dikunjungi. Di sini, wisatawan juga bisa melakukan snorkeling, diving, hingga surfing dengan aman karena ombang yang tidak terlalu tinggi.

Lokasi: Jalan Propinsi, Liang, Salahutu, Maluku Tengah

Jam operasional: 24 jam

Harga: Gratis

11. Benteng Victoria

Banyak sekali memang wisata bersejarah di Maluku dan selanjutnya dibahas adalah benteng Victoria. Benteng ini juga dibangun oleh bangsa Portugis yang kemudian direbut oleh kekuasaan Belanda semacam menjajah Indonesia.

Kini, Benteng Victoria menjadi destinasi wisata menarik di Ambon. Di sini terpajang beberapa lukisan pemerintahan Belanda.

Lokasi: Jalan Slamet Riyadi, Pala, Uritetu, Sirimau, Kota Ambon, Maluku

Jam operasional: 08.00—18.00 WIT

Harga: Gratis

12. Museum Siwalima

Museum Siwalima menyimpan segala peninggalan bersejarah di Maluku, khususnya Kota Ambon. Siwalima memiliki 2 bangunan, yaitu Bangunan I yang merupakan museum kelautan dan Bangunan II menjadi museum budaya.

Lokasi: Taman Makmur, Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Maluku

Jam operasional: Selasa—Jumat 08.00—14.00 WIT; Sabtu 08.00—13.00 WIT; Minggu 08.00—15.00 WIT

Harga: Rp3.000

13. Rumah Pengasingan Bung Hatta

Ketika Bung Hatta diasingkan di Maluku, ia tinggal disebuah rumah sederhana. Kini, rumah tersebut dijadikan tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Semua barang pribadi milik Bung Hatta masih lengkap tersimpan di rumah tersebut dan dirawat dengan baik.

Lokasi: Jalan Hatta, Kelurahan Dwiwarna, Kampung Ratu, Banda Neira, Maluku

Jam operasional: 08.00—16.00 WIT

Harga: Rp10.000—Rp20.000

14. Benteng Nassau

Satu lagi tempat wisata di Maluku yang merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda. Ketika mengunjungi Benteng Nassau, Sahabat akan dipandu oleh tour guide sehingga akan dijelaskan mengenai sejarah benteng ini. Wah asyik sekali ya berlibur sambil belajar!

Lokasi: Nusantara, Pulau Neira, Kepulauan Banda, Maluku Tengah

Jam operasional: 08.00—17.00 WIT

Harga: Rp5.000—Rp15.000

15. Taman Pattimura

Dalam rangka mengenang Pattimura, Ambon mendirikan Taman Pattimura yang diresmikan pada 7 September 2019 bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Ambon ke-444. Yang unik, taman ini terdapat miniatur gitar dan speaker yang terus mengalunkan lagu-lagu kebanggaan Maluku loh.

Lokasi: Uritetu, Sirimau, Ambon, Maluku

Jam operasional: 24 jam

Harga: Gratis

16. Taman Monumen Martha Christina Tiahahu

Taman Monumen Martha Christina Tiahahu dibangun untuk menghormati pahlawan perempuan Maluku. Martha Christina Tiahahu memang sangat berarti bagi Indonesia. Semangatnya dalam menggelorakan kemerdekaan saat zaman penjajahan lantas diabadikan menjadi sebuah patung besar yang menjadi kebanggaan rakyat Maluku.

Lokasi: Abubu, Nusalaut, Maluku Tengah

Jam operasional: 24 jam

Harga: Gratis

17. Ngurtafur Beach

Tidak perlu diragukan keindahannya, Pantai Ngurtaful selalu menjadi destinasi andalan para wisatawan jika berkunjung ke Maluku. Yang paling unik dari pantai ini adalah terdapat penyu belimbing yang dilindungi populasinya.

Lokasi: Kepulauan Kei, Pulau Warbal, Kei Kecil Barat, Maluku Tenggara

Jam operasional: 24 jam

Harga: Gratis

Cantik-cantik dan mengedukasi sekali ya tempat-tempat wisata di Maluku? Bagaimana, Sahabat, tergerak untuk berlibur ke Maluku? Jangan lupa kunjungi beberapa atau seluruh daftar destinasi wisata di atas ya!

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor