Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
18 Makanan Khas Sumatera Utara yang Paling Dicari
25 Januari 2021
18 makanan khas sumatera utara

Mencicipi hidangan khas ketika berada di Sumatera Utara menjadi hal yang harus dilakukan. Terlebih lagi, Medan sebagai ibu kota provinsinya yang termasuk ke dalam salah satu kota besar di Indonesia dan kerap dikunjungi oleh wisatawan. 

Agar Anda tak kebingungan, berikut beberapa makanan khas Sumatera Utara yang populer akan kelezatannya.

1. Bika Ambon

Mungkin bagi orang awam yang belum mengetahui makanan satu ini, pasti menganggapnya berasal dari Ambon. Padahal kenyataannya, Bika Ambon merupakan salah satu kuliner khas Sumatera Utara. 

Bika Ambon terbuat dari telur, gula, dan santan yang diaduk menjadi satu. Setelah itu, adonan tersebut difermentasi selama tujuh jam dan dicampur dengan air nira.

2. Sambal Tuktuk

Sambal Tuktuk merupakan kuliner khas Sumatera Utara, lebih tepatnya dari daerah Tapanuli. Biasanya, masyarakat sekitar menggunakannya sebagai campuran dengan ikan aso aso (sejenis ikan kembung yang telah dikeringkan). 

Meski bahan yang digunakan layaknya sambal pada umumnya, namun adanya Andaliman membuatnya memiliki cita rasa yang begitu khas.

3. Dali Ni Horbo

Bisa dikatakan jika makanan khas satu ini sangat unik. Bagaimana tidak, Dali Ni Horbo ternyata merupakan olahan susu kerbau yang dimasak menggunakan air dengan suhu sedang hingga menggumpal seperti keju. 

Sebelum disajikan, biasanya hidangan ini dicampur dengan air nanas atau air perasan daun pepaya guna menghilangkan bau amisnya.

4. Mie Gomak

Sesuai dengan namanya, makanan khas Sumatera Utara ini memang menggunakan mie sebagai bahan utamanya. Kerap disebut dengan Mie Lidi atau Mie Besar oleh orang Batak. 

Sementara penyebutan Mie Gomak, lantaran cara pembuatannya yang digomak gomak atau digenggam dengan tangan. Cita rasanya yang cukup unik bila Mie Gomak dicampur dengan bumbu khas dari tanah Batak.

5. Arsik

Sama halnya dengan Sambal Tuktuk, Arsik pun berasal dari daerah Tapanuli. Sebetulnya, Arsik dikenal pula sebagai olahan dari ikan mas bumbu kuning yang sisiknya tidak dibuang. 

Bukan hanya ikan mas semata, ada kalanya masyarakat setempat menggunakan ikan kembung, ikan kakap, ataupun daging. Bumbunya yang sangat khas, membuat cita rasa arsik begitu lezat.

Baca juga: Ragam Kuliner Medan yang Halal dan Nikmat

6. Anyang Pakis

Anyang Pakis menjadi makanan khas selanjutnya yang berasal dari Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. 

Dalam pengolahannya, hidangan yang terbuat dari pakis ini pun dicampur dengan kelapa sangrai dan bumbu seperti cabai merah, serai, bawang merah, kencur, dan daun jeruk. 

Banyak yang mengira makanan ini mirip dengan urap dari Jawa, hanya saja terdapat kelapa sangrai.

7. Sayur Gurih Tauco

Sayur Gurih Tauco adalah makanan berkuah yang terbuat dari santan lalu di dalamnya ada udang dan daging sapi bumbu tauco. 

Hal unik yang membuat hidangan ini digemari banyak orang, yakni tauco yang dibuat secara fermentasi, sehingga cita rasa yang diciptakan pun sungguh luar biasa, yang mana terdapat perpaduan antara pedas dan gurih.

8. Manuk Napinadar

Makanan khas Sumatera Utara bernama Manuk Napinadar ini kerap dihidangkan dalam pesta adat tertentu. 

Berasal dari olahan ayam kampung goreng atau panggang, makanan ini biasanya disajikan dengan bumbu dan sambalnya yang khas. 

Sambal yang digunakan disini menggunakan campuran Andaliman. Jadi tak heran jika banyak tergila gila dengan makanan satu ini.

9. Naniura

Naniura terbuat dari dengke mas atau ikan mas yang diberikan asam. Pengolahan Naniura terbilang sangat unik, di mana cara membuatnya tidak dimasak, direbus, digoreng, atau semacamnya. 

Melainkan disajikan dalam bentuk mentahan kemudian diberikan bumbu yang cukup lengkap. Meski begitu, ikan akan terasa lebih enak berkat adanya bumbu ajaib tersebut.

10. Lemang

Bisa dikatakan jika Lemang merupakan makanan yang dibuat oleh bangsa Melayu. Sebenarnya, Lemang dibuat dari beras ketan yang telah dicampur menggunakan santan. Lalu dimasak dengan perantara bambu. 

Namun, sebelum dimasukkan bambu, nasi ketan tersebut akan dibungkus daun pisang terlebih dahulu. Baru kemudian dibakar dengan posisi tegak ke arah bara api.

Baca juga: 5 Fakta Unik yang Membuat Medan Semakin Istimewa

11. Bihun Bebek

Meski bukan makanan khas asal Sumatera Utara asli, namun Bihun Bebek telah tersohor sebagai kuliner yang melegenda. Ketika menyantapnya, Anda akan merasakan perpaduan rasa yang begitu kaya. 

Di mana terdapat suwiran daging bebek melimpah serta kuah yang telah diberikan bumbu khasnya. Terlebih lagi rasa bihunnya yang sangat lezat dan tiada duanya.

12. Soto Udang

Jika biasanya soto diberikan suwiran daging sapi atau ayam, namun beda lagi dengan makanan khas Sumatera Utara ini. Yang mana menggunakan udang sebagai lauknya. 

Meski terdengar cukup aneh, namun ternyata perpaduan antara kuah soto dan udang terasa begitu luar biasa. Belum lagi ditambah dengan bumbu rempah yang menciptakan aroma sangat kuat.

13. Kari

Sebetulnya, Kari bukanlah olahan asli dari Asia Tenggara melainkan Asia Selatan. Akan tetapi, kini telah tersebar luas di Bumi Pertiwi. Karena telah lama masuk Indonesia lebih tepatnya di Sumatera Utara. 

Bumbu yang awalnya digunakan pada Kari, lambat laun diubah sehingga menciptakan rasa yang khas. Jadi tak heran jika banyak yang menyantapnya ketika berada disini.

14. Kue Putu Bambu

Panganan tradisional yang telah merakyat ini selalu jadi primadona banyak orang. Hal ini lantaran Kue Putu Bambu terbuat dari tepung beras dan diberikan isi berupa gula merah dengan aroma pandan yang khas. 

Ketika menggigitnya, Anda akan merasakan gula merah keluar dan mulai memasuki mulut. Rasanya yang begitu lembut dan legit menjadi perpaduan sempurna.

15. Bubur Pedas

Bubur Pedas merupakan salah satu menu wajib yang harus ada dikala Bulan Ramadhan tiba. Tidak jauh beda dengan bubur pada umumnya, bahan utama makanan khas Sumatera Utara ini pun beras yang diberikan suwiran daging dan sayur. 

Diberikan pula tambahan berupa rempah rempah yang cukup banyak termasuk cabai, sehingga membuatnya memiliki rasa yang pedas tapi lembut di mulut.

16. Natinombur

Jika dilihat dari penampilannya, Natinombur adalah olahan dari ikan yang diberikan bumbu diatasnya. Dibandingkan dengan Naniura yang tidak diolah sama sekali, hidangan satu ini justru dimasak terlebih dahulu yakni dibakar. 

Sementara bumbunya yang berasal dari bawang merah, jeruk nipis, Andaliman, jahe, dan kemiri dihaluskan lalu ditumis.

17. Saksang

Kuliner khas dari Sumatera Utara berikutnya ini dinamakan Saksang. Biasanya makanan satu ini menggunakan daging seperti daging babi, anjing, ataupun kerbau. 

Kemudian diberikan bumbu khasnya yang kerap dikenal dengan istilah na so margota. Selain diberikan bumbu, biasanya dalam penyajiannya pun diberikan santan untuk melezatkan rasanya.

18. Daun Singkong Tumbuk

Daun Singkong Tumbuk merupakan makanan khas Sumatera Utara yang telah melekat erat di kehidupan masyarakat. Sehingga membuatnya memiliki nama yang cukup beragam, tergantung dari daerah mana yang membuatnya. 

Cara pembuatannya pun cukup sederhana, yang mana Anda hanya perlu menyiapkan bumbu halus serta daun ubi kayu.

Selain makanan tradisional, Anda pun bisa menjumpai beberapa hidangan kuliner yang cukup modern. Tentunya harga yang dipatok untuk satu porsinya pun terbilang terjangkau, sehingga tidak akan menguras kantong Anda.

Baca juga : 12 Tempat Wisata di Medan yang Hits

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku